Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

7 Manfaat Yoga untuk Lansia : Mewujudkan Lansia yang Sehat dan Bahagia

04 September 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Merawat Fleksibilitas Tubuh

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

3. Kualitas Tidur Lebih Baik

4. Menjaga Fungsi Pernapasan

5. Kesadaran Tubuh Meningkat

6. Memperluas Koneksi Sosial

7. Membantu Meningkatkan Kualitas Hidup

Tips Aman Beryoga untuk Lansia

Sumber Referensi

Usia lanjut harusnya tidak menjadi alasan untuk meninggalkan rutinitas berolahraga. 

Meski fungsi tubuhnya tidak segesit saat muda, lansia tetap harus aktif bergerak. 

Salah satu caranya adalah dengan tetap menjalankan olahraga ringan secara rutin, seperti yoga.

Tidak hanya bermanfaat untuk orang muda, yoga juga memberikan banyak manfaat bagi lansia. 

Lantas apa saja manfaat tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Merawat Fleksibilitas Tubuh

Yoga melibatkan beragam posisi tubuh (asana) yang menargetkan berbagai otot dan sendi. 

Jika dilakukan secara rutin, lansia dapat merangsang dan meningkatkan fleksibilitas di berbagai bagian tubuhnya seperti pinggul, punggung, bahu, dan kaki. 

Selain itu, yoga juga turut mengajarkan prinsip untuk tidak bersaing dengan orang lain maupun memaksa diri sendiri. 

Ini secara tidak langsung akan mengajarkan lansia untuk mendengarkan tubuh mereka lebih baik lagi.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Yoga melibatkan berbagai pose yang memerlukan kekuatan otot. Hal ini akan membantu lansia dalam mempertahankan massa otot mereka. 

Sehingga bisa membantu mengurangi risiko osteoporosis. Kekuatan otot yang baik juga dapat membantu mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

3. Kualitas Tidur Lebih Baik

Lansia sering mengalami masalah tidur seperti insomnia. Yoga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dengan meredakan stres dan kecemasan yang sering menjadi penyebab utama masalah tidur. 

Teknik relaksasi dalam yoga, seperti pernapasan mendalam bisa membantu lansia untuk tidur lebih nyenyak.

4. Menjaga Fungsi Pernapasan

Dengan bertambahnya usia, fungsi pernapasan lansia biasanya akan menurun. Yoga mengajarkan teknik pernapasan yang mendalam dan terkontrol. 

Yang dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Ini berkontribusi pada kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

5. Kesadaran Tubuh Meningkat

Yoga juga membantu meningkatkan kesadaran tubuh. Lansia sering kehilangan hubungan dengan tubuh mereka karena berbagai masalah kesehatan. 

Dengan yoga, mereka belajar untuk mendengarkan tubuh mereka dengan lebih baik, mengidentifikasi rasa ketidaknyamanan yang muncul dan mengatasi masalah tersebut sebelum menjadi lebih serius.

6. Memperluas Koneksi Sosial

Mengikuti kelas yoga juga dapat membantu lansia memperluas lingkaran sosial mereka. Ini memberi mereka kesempatan untuk bertemu orang baru dan berinteraksi dalam lingkungan yang positif. 

Ini dapat membantu lansia merasa terhubung dengan orang lain dan mengurangi rasa kesepian, yang pada akhirnya bisa membantu menjaga kesehatan mental lansia.

7. Membantu Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat utama yoga untuk lansia adalah peningkatan keseluruhan kualitas hidup. Dengan meningkatnya kesehatan fisik dan mental, lansia akan merasa lebih bugar, bersemangat, dan aktif. Mereka dapat menikmati aktivitas sehari-hari mereka dengan lebih nyaman, serta memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal yang mereka nikmati.

Tips Aman Beryoga untuk Lansia

Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, jika kamu adalah seorang lansia atau memiliki orang terdekat yang sudah lanjut usia. 

Sebaiknya pertimbangkan untuk memulai latihan yoga. Ini adalah investasi berharga untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Namun meskipun yoga secara umum dianggap aman untuk lansia, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor berikut ketika melibatkan lansia dalam praktik yoga. 

Konsultasi dengan Dokter : ada baiknya sebelum mulai berlatih yoga, berkonsultasi dengan dokter atau profesional medis terlebih dahulu untuk memastikan bahwa yoga cocok untuk kondisi kesehatan mereka.

Memilih Instruktur yang Berpengalaman : Jangan lupa pula untuk memilih instruktur yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan tentang batasan fisik yang umum terkait dengan kondisi kesehatan di usia lanjut. Misalnya, jika lansia memiliki masalah pinggul atau lutut, mereka dapat menggunakan bantal atau kursi sebagai “dukungan” dalam pose. 

Menghindari Gerakan Ekstrem : Pastikan lansia menghindari gerakan yang terlalu ekstrem dan tidak memaksakan diri. Jika ada rasa tidak nyaman atau rasa sakit saat berlatih yoga, segera hentikan dan konsultasikan dengan profesion Pilih 

Pilih Kelas yang Sesuai: Sebaiknya lansia mencari kelas yoga yang dirancang khusus untuk pemula atau lansia. Kelas seperti "gentle yoga," "senior yoga," atau "chair yoga" biasanya memiliki gerakan yang lebih lembut dan aman untuk mobilitas tubuh yang mulai berkurang.

Mengutamakan Kenyamanan: Pastikan bahwa lansia merasa nyaman selama latihan. Jangan ragu untuk menggunakan peralatan yang diperlukan, seperti matras yoga yang empuk, pakaian yang sesuai, dan perlengkapan pendukung seperti yoga block dan yoga strap.

Diharapkan dengan memperhatikan poin-poin ini, yoga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk lansia yang ingin menjaga kesehatan fisik dan mental mereka.

Sumber Referensi

Dokter Theresia Rina Yunita. 2020. Manfaat Senam Yoga untuk Lansia [online] (https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-lansia/manfaat-senam-yoga-untuk-lansia diakses 2 September 2023)

Aprinda Puji. 2021. Manfaat dan 6 Pose Senam Yoga yang Aman untuk Lansia [online] (https://hellosehat.com/lansia/olahraga-lansia/gerakan-yoga-untuk-lansia/ diakses 2 September 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya