Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

5 Manfaat Yoga untuk Lansia

29 March 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Lansia

1. Meningkatkan Fleksibilitas dan Kekuatan Tubuh

2. Membantu Mengurangi Stres dan Kecemasan

3. Meningkatkan Keseimbangan dan Sistem Koordinasi Tubuh

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

5. Meningkatkan Kualitas Hidup Secara Keseluruhan

Penting untuk diingat

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Lansia akan Mengikuti Yoga?

Sumber Referensi

Yoga menjadi semakin populer sebagai salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya menguntungkan bagi tubuh, tetapi juga bagi pikiran dan jiwa. 

Namun ternyata manfaat yoga jauh lebih luas dari pada sekadar meraih kebugaran fisik saja. 

Bagi lansia, yoga dapat menjadi “alat” yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. 

5 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Lansia

Lantas apa saja manfaat yoga untuk lansia?

Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

1. Meningkatkan Fleksibilitas dan Kekuatan Tubuh

Salah satu masalah umum yang dihadapi lansia adalah kehilangan fleksibilitas dan kekuatan otot. Melalui latihan yoga yang teratur, lansia dapat mempertahankan fleksibilitas dan kekuatan tubuh mereka. 

Gerakan-gerakan yoga yang dirancang khusus untuk lansia diyakini dapat membantu meregangkan otot-otot yang kaku dan merangsang pertumbuhan otot, membantu mencegah kejadian jatuh yang sering terjadi pada lansia.

2. Membantu Mengurangi Stres dan Kecemasan

Lansia sering menghadapi stres dan kecemasan yang berkaitan dengan penurunan kesehatan tubuh. Disinilah manfaat yoga untuk lansia selanjutnya. 

Latihan yoga yang dilakukan secara teratur telah terbukti efektif dalam mengurangi tingkat stres dan kecemasan pada lansia. 

Melalui pernapasan dalam yoga (pranayama) dan asana yang dipraktikkan secara lembut, lansia dapat belajar untuk mengelola stres dengan lebih baik dan mengurangi potensi naiknya tekanan darah. 

Yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan suasana hati lansia.

3. Meningkatkan Keseimbangan dan Sistem Koordinasi Tubuh

Keseimbangan dan sistem koordinasi yang baik sangat penting bagi lansia untuk mencegah cedera dan mempertahankan kemandirian dalam melakukan kegiatan sehari-hari. 

Banyak gerakan yoga membutuhkan keseimbangan yang baik dan konsentrasi yang baik untuk dipraktikkan. Nah disinilah manfaat yoga untuk lansia selanjutnya. Latihan yoga yang teratur dapat membantu melatih kemampuan keseimbangan dan sistem koordinasi tubuh. 

Dengan rutin berlatih yoga, lansia dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menjaga keseimbangan dan koordinasi. 

Sehingga mengurangi risiko jatuh atau cedera saat melakukan aktifitas sehari-hari yang membutuhkan kemampuan konsentrasi.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Gangguan tidur sering terjadi pada lansia dan dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kualitas hidup mereka secara keseluruhan jika terus diabaikan. 

Manfaat yoga untuk lansia selanjutnya yaitu yoga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dengan merilekskan tubuh dan pikiran sebelum atau menjelang tidur. 

Beberapa gerakan yoga dan teknik pernapasan dalam yoga dirancang untuk membantu menenangkan sistem saraf. Hal ini diyakini bagus dalam hal mempersiapkan tubuh untuk tidur lebih nyenyak dan pulas.

5. Meningkatkan Kualitas Hidup Secara Keseluruhan

Melalui kombinasi latihan fisik, pernapasan, dan meditasi, yoga dapat membantu lansia merasa lebih sehat, lebih berenergi dan lebih bahagia. 

Dengan meningkatnya kesehatan fisik dan mental, lansia dapat mempertahankan kemandirian mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan tetap aktif dalam masyarakat. 

Yoga dapat menjadi “cara yang menyenangkan” untuk menjaga kesehatan lansia dan kualitas hidup mereka. 

Demikianlah 5 manfaat yoga untuk lansia namun, Penting untuk diingat bahwa yoga adalah latihan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan individu, sehingga dapat diikuti oleh lansia dari berbagai tingkat kebugaran. 

Dengan konsistensi dan komitmen, manfaat yoga dapat dirasakan dalam jangka panjang, membantu lansia untuk tetap sehat, bahagia, dan bugar dalam fase hidup mereka yang emas.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Lansia akan Mengikuti Yoga?

Manfaat yoga untuk lansia memang mengagumkan namun saat seorang lansia ingin mengikuti kelas yoga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan mereka. Mulai dari : 

  • Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa lansia tersebut cocok beryoga dan tidak memiliki kondisi medis tertentu.
  • Pastikan lansia memiliki pendamping saat akan mengikuti latihan yoga.
  • Pilih kelas yoga yang sesuai dengan tingkat kebugaran dan kesehatan lansia.
  • Pastikan instruktur yoga yang melatih memiliki pengalaman dalam mengajar lansia
  • Pahami batasan fisik yang umum pada lansia dan jika memungkinkan lakukan modifikasi gerakan
  • Pastikan sesi latihan dimulai dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan untuk mencegah terjadinya cedera.
  • Instruktur harus memastikan bahwa lansia mempraktikkan gerakan yang aman dan nyaman yang tidak menyebabkan “ketegangan” berlebihan pada sendi atau otot lansia.
  • Perhatikan pula lingkungan kelas, apakah nyaman atau tidak bagi lansia, ini termasuk suhu ruangan yang sesuai dan aksesibilitas fasilitas.
  • Dorong lansia untuk berkomunikasi dengan instruktur tentang perasaan mereka selama kelas, termasuk rasa nyeri atau ketidaknyamanan apa pun yang mungkin mereka alami.
  • Terakhir karena keseimbangan dan koordinasi umumnya menjadi masalah pada lansia, pastikan bahwa gerakan yoga yang melibatkan keseimbangan dilakukan dengan hati-hati.

.

Guna memaksimalkan manfaat yoga untuk lansia, memiliki matras yoga yang dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan selama latihan tentu sangat penting.

Pastikan agar lansia menggunakan matras yoga dengan ketebalan yang pas dan bahannya tidak licin agar potensi cedera bisa diminimalisir. Kamu bisa menemukan matras yoga terbaik hanya di Nirvana Store, miliki segera dengan belanja sekarang di Nirvana Store.

Sumber Referensi

Dr Bryony Henderson. 2023. Yoga for seniors: The benefits of gentle exercise [online](https://www.livi.co.uk/your-health/yoga-for-seniors/ diakses 28 Maret 2024)

Satria Aji Purwoko. 2023. Manfaat Yoga untuk Lansia dan 7 Pose yang Aman Dilakukan [online] (https://hellosehat.com/lansia/olahraga-lansia/gerakan-yoga-untuk-lansia/ diakses 28 Maret 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya