Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Manfaat Olahraga untuk Tubuh, Bisa Bikin Kualitas Hidup Jadi Lebih Baik

16 September 2023

oleh Fikri Rayhan

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh

Bagaimana Olahraga Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup?

Berapa Banyak Seseorang Harus Berolahraga?

Sumber Referensi

Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. 

Aktivitas fisik teratur tidak hanya membuat tubuh kita terlihat lebih baik. 

Tetapi juga memiliki dampak positif yang luar biasa terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Lantas apa saja manfaat tersebut?

Lewat artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai manfaat olahraga untuk tubuh. 

Serta bagaimana aktivitas ini dapat meningkatkan kualitas hidup kamu secara keseluruhan.

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh

  • Mencegah Penyakit

Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjadikannya lebih kuat dalam melawan penyakit. Aktivitas fisik mempercepat metabolisme dan sirkulasi darah, membuat tubuh lebih sehat dan tahan terhadap penyakit.

  • Meningkatkan Fleksibilitas 

Berolahraga melibatkan pergerakan hampir di seluruh tubuh, yang membantu meningkatkan fleksibilitas dan elastisitas otot. Ini penting tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga untuk perkembangan postur tubuh anak-anak.

  • Pertumbuhan Ideal 

Olahraga membantu membakar kalori dengan efisien, mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh secara optimal. Dengan konsumsi kalori yang tepat, tubuh mendapatkan nutrisi yang diperlukan tanpa menumpuk lemak berlebih.

  • Merawat Kesehatan Kulit

Olahraga bisa membantu melawan stres oksidatif dalam tubuh, yang dapat merusak kulit. Ini karena ketika berolahraga, kamu bisa membantu merangsang produksi antioksidan alami guna melindungi sel. Sekaligus meningkatkan aliran darah, membantu mencegah terjadinya penuaan pada kulit.

Bagaimana Olahraga Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup?

  • Lewat Perbaikan Suasana Hati 

Berolahraga dapat merangsang zat kimia otak yang meningkatkan suasana hati. Sehingga stress bisa terbantu terkurangi. 

Ini adalah cara alami untuk merasa lebih bahagia dan santai. Selain itu, berolahraga juga merupakan cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang, baik bersama teman atau keluarga. 

Menghabiskan waktu luang dengan cara yang menyenangkan juga sekaligus bisa membantu mengurangi depresi. Bahkan melindungi tubuh dari potensi gangguan kesehatan mental.

  • Lewat Peningkatan Kepercayaan Diri 

Aktivitas fisik yang teratur dengan berolahraga dapat meningkatkan kepercayaan terhadap penampilan diri sendiri. Yang pada akhirnya bisa membantu kamu merasa lebih baik dn positif terhadap diri sendiri.

  • Lewat Tidur yang Lebih Nyenyak 

Olahraga memang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang dengan membuatnya tidur lebih nyenyak. Dengan berolahraga secara teratur pada waktu yang konsisten, dapat membantu tubuh mengenali kapan waktunya tidur dan kapan waktunya bangun. Namun hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena ini malah akan membuat kamu jadi sulit tidur. 

Berapa Banyak Seseorang Harus Berolahraga?

Jumlah olahraga yang diperlukan oleh seseorang dapat bervariasi tergantung pada beberapa factor. 

Mulai dari tujuan kesehatan, tingkat kebugaran saat ini, usia, jenis aktivitas yang dilakukan setiap hari, makanan yang dikonsumsi hingga kondisi kesehatan pribadi. 

Namun berdasarkan panduan umum tentang berapa banyak seseorang harus berolahraga setiap minggu yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu sebagai berikut.

Aerobik (Kardiovaskular): 

WHO merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang atau 75 menit aktivitas aerobik intensitas tinggi per minggu. Kamu dapat membaginya ke dalam sesi-sesi yang lebih pendek, seperti 30 menit sehari selama 5 hari seminggu.

Latihan Kekuatan: 

WHO juga merekomendasikan latihan kekuatan untuk semua kelompok otot utama (seperti kaki, dada, punggung, dan perut) setidaknya 2 hari per minggu. Latihan kekuatan membantu memelihara massa otot, kepadatan tulang, dan metabolisme.

Fleksibilitas dan Keseimbangan: 

Selain aktivitas aerobik dan latihan kekuatan, penting juga untuk merawat fleksibilitas tubuh dan keseimbangan. Latihan seperti yoga atau pilates dapat membantu dalam hal ini. 

Penting untuk diingat bahwa ini adalah panduan umum. 

Sebab kebutuhan olahraga dapat berbeda untuk setiap individu. Beberapa orang mungkin memerlukan lebih banyak aktivitas fisik berdasarkan tujuan pribadi mereka. 

Seperti penurunan berat badan atau peningkatan kebugaran. 

Konsultasikan dengan profesional medis atau pelatih olahraga jika kamu memiliki keraguan atau pertanyaan terkait seputar ini.

Selain itu, penting untuk mendengarkan tubuhmu sendiri. 

Jika kamu merasa sakit atau memiliki masalah kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau melanjutkan program olahragamu. 

Jangan memaksakan diri apalagi sampai membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain ketika berolahraga. 

Ingat, tujuan utamanya adalah untuk kesehatan tubuh yang optimal dan kualitas hidup yang lebih baik. Bukan malah sebaliknya.

Sumber Referensi

UPT Puskesmas Kraton. 2021. Manfaat Olahraga [online] (https://kratonpusk.jogjakota.go.id/detail/index/13640 diakses 16 September 2023)

Dokter Kevin Adrian. 2021. Beragam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental [online] (https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-olahraga diakses 16 September 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya