Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Cara Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh dengan Yoga Ball

06 May 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Stretching

2. Peregangan Terfokus pada Area yang Membutuhkan

3. Latihan Keseimbangan

4. Penggunaan Bola untuk Relaksasi

5. Menjaga Postur Tubuh Tetap Benar

Tips Memilih Yoga Ball yang Tepat

Sumber Referensi

Yoga ball, juga dikenal sebagai birthing ball atau stability ball, adalah bola besar yang digunakan untuk latihan kebugaran, latihan yoga bahkan untuk membantu ibu hamil dalam persalinan. Yoga ball biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan fleksibel, sehingga dapat menahan berat badan hingga 1000 kg.

Ada beragam manfaat dari penggunaan yoga ball baik dalam latihan kebugaran maupun latihan yoga. Mulai dari meningkatkan keseimbangan dan kemampuan koordinasi tubuh, melatih otot inti hingga meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Meningkatkan fleksibilitas tubuh penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan fisik. Ketika tubuh tidak cukup fleksibel, gerakan fisik yang terlalu keras atau tiba-tiba dapat menyebabkan cedera, seperti regangan otot, keseleo, atau bahkan patah tulang. Dengan meningkatkan fleksibilitas tubuh, tubuh akan lebih siap untuk bergerak dan menghindari cedera.

Selain itu, fleksibilitas tubuh yang baik juga dapat membantu meningkatkan rentang gerakan dalam berbagai aktivitas fisik, seperti olahraga, tari, atau bahkan dalam kegiatan sehari-hari, seperti mengangkat barang berat atau membersihkan rumah.

Yoga ball dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Lantas bagaimana caranya?

Berikut Cara Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh Menggunakan Yoga Ball.

1. Stretching

Stretching adalah latihan yang sederhana dan efektif untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh. Dalam yoga, ada banyak gerakan yang dapat dilakukan dengan menggunakan yoga ball untuk membantu memperpanjang dan meregangkan otot-otot tubuh. Beberapa gerakan yang dapat dilakukan adalah downward facing dog, cobra pose, atau seated forward fold.

2. Peregangan Terfokus pada Area yang Membutuhkan

Ketika kamu merasa bahwa ada beberapa bagian tubuh yang terasa kaku, yoga ball dapat digunakan untuk membantu meregangkan dan memperkuat area tersebut. Misalnya usai seharian bekerja dan duduk di depan komputer, kamu merasa bahu atau punggung terasa kaku. Kamu dapat melakukan gerakan dengan posisi duduk di atas yoga ball sambil memutar badan (seated twist).

3. Latihan Keseimbangan

Meningkatkan keseimbangan tubuh juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh. Latihan keseimbangan dapat dilakukan dengan menggunakan yoga ball sebagai alat bantu. Kamu dapat melakukan gerakan seperti tree pose atau warrior pose dengan satu kaki di atas bola.

4. Penggunaan Bola untuk Relaksasi

Terkadang, tubuh merasa tegang dan sulit untuk diregangkan. Yoga ball dapat digunakan sebagai alat untuk membantu tubuh kamu menjadi lebih rileks dan meregang. Kamu dapat berbaring sambil melakukan beberapa gerakan relaksasi dengan yoga ball atau bisa juga sembari melakukan deep breathing.

5. Menjaga Postur Tubuh Tetap Benar

Ketika Kamu memiliki postur yang benar, maka fleksibilitas tubuh akan meningkat. Yoga ball dapat membantu Kamu memperbaiki postur tubuh dengan membantu menjaga posisi tulang belakang, pinggul, dan bahu. Kamu dapat duduk atau berdiri di atasnya dan fokus pada menjaga postur yang benar.

Dengan melakukan latihan yang tepat dan teratur, tubuh kamu akan menjadi lebih fleksibel dan sehat. Ingatlah untuk selalu melakukan pemanasan sebelum latihan dan berhenti melakukan latihan jika merasa sakit atau tidak nyaman.

Sebaiknya konsultasikan dengan instruktur yoga atau profesional kesehatan sebelum melakukan latihan menggunakan yoga ball jika kamu memiliki kondisi fisik maupun catatan kesehatan tertentu.

Tips Memilih Yoga Ball yang Tepat

  1. Sesuaikan ukuran bola dengan tinggi tubuh Kamu. Jika tinggi kamu kurang dari 155 cm, pilih bola berukuran 45 cm. Jika tinggi kamu berada di antara 155-175 cm, pilih bola berukuran 55 cm. Jika lebih dari 175 cm, pilih bola berukuran 65 cm.

  2. Pilih yoga ball yang terbuat dari bahan anti-burst. Bahan ini akan memastikan bahwa bola tidak akan pecah jika tertusuk atau rusak selama penggunaan.

  3. Cari bola yoga yang diproduksi oleh produsen terpercaya. Hal ini dapat memastikan keamanan dan kenyamanan saat bola digunakan.

  4. Terakhir, beberapa bola yoga dilengkapi dengan aksesori seperti pompa atau tas. Pastikan untuk memeriksa apa saja yang disertakan dalam pembelian dan pastikan bahwa aksesori tersebut sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Nah, Kamu dapat menemukan yoga ball dengan semua kriteria diatas di Nirvana Store, toko online terpercaya untuk perlengkapan yoga dan alat olahraga lainnya. Klik disini sekarang.

Sebagai tambahan, sebaiknya pilih warna bola yoga yang Kamu sukai dan sesuai dengan preferensimu. Biasanya warna kesukaan dapat memberikan motivasi tambahan saat sedang digunakan.

Yuk mulai berlatih dan tingkatkan fleksibilitas tubuhmu sekarang.

Sumber Referensi


Nabila Azmi.2020. Gerakan Sederhana yang Bisa Dilakukan dengan Gym Ball [online] (https://hellosehat.com/kebugaran/kekuatan/olahraga-dengan-gym-ball/ diakses 6 Mei 2023)

Redaksi Halodoc.2018. 3 Latihan yang Bisa Dilakukan dengan Gym Ball [online] (https://www.halodoc.com/artikel/3-latihan-yang-bisa-dilakukan-dengan-gym-ball diakses 6 Mei 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya