Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Susah Tidur di Malam Hari? Makanan dan Minuman Ini Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak

12 March 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Apa Itu Gangguan Tidur?

Makanan dan Minuman Apa yang Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Sumber Referensi

Memiliki banyak kegiatan atau aktivitas terkadang membuat sebagian orang mengalami gangguan tidur. Tak sedikit yang sering terbangun atau merasa kurang nyenyak saat tidur malam.

Kondisi tersebut tentunya akan membuat tumbuh menjadi lemas, sulit berkonsentrasi, bahkan berdampak buruk bagi kesehatan. 

Di samping itu, jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa berpengaruh banyak pada kualitas tidur.

Lantas jenis makanan dan minuman seperti apa yang bisa atau dinilai ampuh untuk mengatasi gangguan tidur? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Gangguan Tidur?

Gangguan tidur merupakan kelainan pola tidur seseorang. Kondisi ini sendiri diketahui bisa menyebabkan penurunan kualitas tidur yang berdampak pada kesehatan dan keselamatan penderitanya.

Biasanya, gangguan tidur bisa ditandai dengan rasa kantuk di siang hari, sulit tidur di malam hari, atau siklus tidur dan bangun tidur yang tidak teratur. 

Perlu diketahui bahwa gangguan tidur yang tidak ditangani dengan baik, bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit lain seperti hipertensi dan penyakit jantung.

Ada beberapa jenis gangguan tidur diantaranya insomnia, hipersomnia, tidur berjalan, mimpi buruk, hingga teror tidur. 

Salah satu upaya untuk mengatasi gangguan tidur agar mendapatkan tidur yang berkualitas adalah dengan memilih asupan yang baik dan benar.

Makanan dan Minuman Apa yang Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Kualitas tidur sendiri bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya asupan nutrisi. 

Diketahui bahwa berbagai riset menunjukkan nutrisi tertentu seperti magnesium, vitamin B, folat, protein, asam amino triptofan, serta antioksidan, terbukti berperan penting dalam menentukan kualitas tidur seseorang.

Hal itu dikarenakan asupan gizi berperan penting dalam pengaturan zat kimia otak yang berfungsi untuk mengontrol jam dan kualitas tidur seperti melatonin dan serotonin. 

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa makanan dan minuman tertentu bisa membantu membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Ada beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi sebelum tidur untuk membantu tidur menjadi nyenyak setiap malam. 

Berikut makanan dan minuman yang bisa membantu tidur menjadi nyenyak:

1. Nasi Putih

Konsumsi nasi putih dalam porsi sedang, setidaknya 1 jam sebelum tidur, baik untuk membantu mengatasi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur

Hal ini dikarenakan nasi putih bisa meningkatkan kinerja asam amino triptofan dan hormon melatonin yang berperan penting untuk mengatur jam dan kualitas tidur.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, bisa mengkombinasikan nasi putih dengan asupan protein yang tinggi kadar triptofan seperti daging ayam atau telur. 

Agar terhindar dari rasa susah tidur, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis atau mengandung indeks glikemik tinggi seperti roti, mie, kue dan permen.

2. Ikan

Seperti yang diketahui, ikan merupakan sumber protein, asam lemak omega-3, dan vitamin D yang baik untuk memperbaiki kualitas tidur. 

Adapun jenis ikan yang tergolong sebagai makanan untuk membantu tidur lebih nyenyak adalah salmon, tuna, tongkol, dan tenggiri.

Jenis ikan berlemak itu disebut bisa meningkatkan produksi serotonin dan melatonin dalam tubuh, sehingga bisa membantu tidur lebih cepat dan nyenyak.

3. Kacang-kacangan

Ada berbagai jenis kacang yang juga merupakan sumber melatonin, protein dan mineral yang baik untuk membantu tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. 

Jenis kacang yang dimaksud adalah kacang kenari, almond, pistachio, kedelai, dan kacang mete.

Bahkan jenis kacang-kacangan tersebut juga baik dikonsumsi oleh para penderita insomnia untuk meningkatkan kualitas tidurnya. 

Bila kalian sering mengalami susah tidur nyenyak, cobalah untuk ngemil sehat dengan kacang-kacangan sebelum tidur. 

Tak cuma itu, kacang juga baik dikonsumsi sebagai cemilan sehat guna meredam rasa lapar dan mengontrol berat badan.

4. Teh Chamomile

Minum teh chamomile sebelum tidur juga bisa dicoba untuk meningkatkan kualitas tidur. 

Salah satu jenis teh herbal yang cukup populer ini pun mengandung antioksidan dan zat yang bisa mendorong kantuk serta mengurangi rasa cemas. 

Tak cuma teh chamomile, teh barley juga diyakini bisa meningkatkan kualitas tidur.

5. Susu dan Olahannya

Susu dan olahannya seperti keju dan yogurt dikenal sebagai sumber triptofan yang baik dikonsumsi untuk membantu tidur lebih nyenyak dan tenang. 

Untuk mencobanya, bisa dengan menggabungkan sereal rendah gula dengan susu rendah lemak atau pisang dengan yogurt rendah lemak sebagai camilan sehat sebelum tidur.

6. Buah-buahan

Ada beberapa jenis buah yang mengandung melatonin, sehingga bisa membantu tidur lebih cepat tanpa banyak terbangun di tengah malam. 

Sehingga, buah bisa menjadi salah satu makanan yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan tidur, khususnya insomnia. Adapun buah yang memiliki kandungan tinggi melatonin adalah kiwi, nanas dan jeruk.

Untuk mengatasi gangguan tidur, bisa mencoba mengonsumsi dua buah beberapa jam sebelum tidur selama satu bulan. Cara ini diyakini bisa menambah durasi tidur hingga satu jam.

7. Madu

Madu memang dikenal memiliki banyak khasiat. Ternyata, madu juga memiliki manfaat untuk mengatasi insomnia. 

Hal ini dikarenakan alami pada madu bisa menurunkan kadar orexin, yakni senyawa kimia pada otak yang membuat terjaga.

Dengan minum madu sebelum tidur diketahui juga akan memicu produksi insulin. Selain mengatur kadar gula, hormon tersebut juga bisa membuat lebih banyak triptofan masuk ke dalam otak. 

Nantinya, triptofan akan menimbulkan rasa kantuk, sehingga bisa tidur lebih nyenyak.

Sumber Referensi

dr. Meva Nareza. 2024. Gangguan Tidur (https://www.alodokter.com/gangguan-tidur diakses secara online pada 11 Maret 2024)

dr. Kevin Adrian. 2021. Ini Makanan dan Minuman untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak (https://www.alodokter.com/ini-makanan-dan-minuman-yang-bisa-membantu-tidur-lebih-nyenyak diakses secara online pada 11 Maret 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya