Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

6 Fungsi Yoga Bolster dan Tips Memilihnya

03 April 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Fungsi Yoga Bolster Selama Berlatih Yoga

1. Mendukung Posisi Tubuh yang Lebih Dalam dan Nyaman

2. Memperpanjang Waktu Bertahan dalam Posisi

3. Mengurangi Potensi Cedera

4. Memfasilitasi Pernafasan yang Lebih Dalam dan Tenang

5. Memfasilitasi Pemulihan Pasca-Cedera atau Pasca-Kecelakaan

6. Membantu Mencapai Asana Tingkat Lanjut yang Lebih Rumit

Tips Memilih Yoga Bolster yang Tepat

Nirvana Yoga Bolster : Empuk dan Bersertifikat GOTS

Sumber Referensi

Yoga telah menjadi bagian integral dari penerapan gaya hidup sehat banyak orang di seluruh dunia. Terlepas dari beragam jenisnya, yoga terkenal karena menyediakan banyak sekali manfaat untuk kesehatan baik secara fisik maupun mental.

Nah, dalam konteks latihan yoga, salah satu alat (props) yang sering digunakan adalah yoga bolster. Yoga bolster, yang dapat berupa bantal berbentuk silinder atau bantal berbentuk persegi panjang atau bahkan ada yang mirip dengan bantal besar. 

Memiliki peran penting dalam memperdalam posisi tubuh, meningkatkan kenyamanan, dan membantu pengguna mencapai manfaat maksimal dari setiap gerakan yoga. 

Lewat artikel ini, kita akan menelusuri lebih detail fungsi yoga bolster dalam konteks latihan yoga. 

Yuk disimak, semoga bermanfaat.

Fungsi Yoga Bolster Selama Berlatih Yoga

Berikut 6 manfaat utama penggunaan alias fungsi yoga bolster:

1. Mendukung Posisi Tubuh yang Lebih Dalam dan Nyaman

Salah satu manfaat utama menggunakan yoga bolster dalam latihan yoga adalah mendukung posisi tubuh agar bisa lebih dalam (deep) dan nyaman. Dengan meletakkan yoga bolster di bawah bagian tubuh yang memerlukan dukungan tambahan, seperti punggung, lutut, atau leher. 

Maka kamu sebagai praktisi yoga akan merasa lebih stabil dan rileks dalam posisi tertentu. Misalnya, dalam pose Savasana (pose relaksasi akhir), meletakkan bolster di bawah lutut dapat membantu melepaskan tegangan di bagian bawah punggung dan meningkatkan perasaan relaksasi secara keseluruhan.

2. Memperpanjang Waktu Bertahan dalam Posisi

Fungsi yoga bolster selanjutnya adalah membantu memperpanjang waktu bertahan dalam sebuah posisi yoga. Misalnya saat mempraktikkan Setu Bandhasana (Bridge Pose), meletakkan bolster di bawah pinggul dapat membantu memperpanjang waktu bertahan kamu dalam pose tersebut dengan lebih nyaman. 

Hal ini memungkinkan otot untuk meregang secara perlahan-lahan dan meningkatkan fleksibilitas tubuh tanpa menimbulkan rasa ketidaknyamanan yang berlebihan.

3. Mengurangi Potensi Cedera

Menggunakan yoga bolster dalam latihan yoga juga dapat membantu mengurangi risiko cedera terutama yang terkait dengan gerakan yang dipraktikkan secara berulang-ulang atau terlalu intens. Fungsi yoga bolster dalam hal ini adalah memberikan dukungan tambahan pada bagian tubuh yang rentan terhadap cedera. 

Seperti punggung bagian bawah atau bahu, yoga bolster akan membantu mengurangi tekanan yang ditempatkan pada sendi dan otot. Ini memungkinkan kamu sebagai praktisi yoga dapat menjaga postur dengan benar. Sehingga mengurangi risiko cedera baik jangka pendek maupun panjang.

4. Memfasilitasi Pernafasan yang Lebih Dalam dan Tenang

Pernapasan adalah aspek penting dari praktik yoga yang membantu menghubungkan tubuh dengan pikiran. Menggunakan yoga bolster dapat membantu praktisi yoga untuk memperdalam dan memperpanjang pernapasan mereka. 

Misalnya saat kamu mempraktikkan Baddha Konasana (Bound Angle Pose), meletakkan bolster di bawah punggung bagian atas dapat membantu membuka dada. Ini akan “memfasilitasi” pernafasan yang lebih dalam dan tenang.

5. Memfasilitasi Pemulihan Pasca-Cedera atau Pasca-Kecelakaan

Bagi kamu yang sedang pulih dari cedera atau kecelakaan, menggunakan yoga bolster dalam latihan yoga dapat menjadi pilihan yang baik untuk membantu proses pemulihan. 

Yoga bolster memberikan dukungan tambahan yang diperlukan untuk menjaga tubuh dalam posisi yang aman dan nyaman saat melakukan gerakan-gerakan rehabilitasi. Tentu ini akan membantu mempercepat pemulihan dan mengurangi risiko cedera lebih lanjut.

6. Membantu Mencapai Asana Tingkat Lanjut yang Lebih Rumit

Fungsi yoga bolster selanjutnya yakni dapat digunakan sebagai alat bantu untuk memudahkan kamu mencapai asana tingkat lanjut yang lebih rumit dalam latihan yoga

Dengan meletakkan yoga bolster di bawah bagian tubuh yang memerlukan dukungan tambahan, kamu dapat merasa lebih percaya diri dan nyaman saat mengeksplorasi maupun memodifikasi asana-asana yoga yang menantang. 

Ini memungkinkan kamu untuk mengembangkan praktik yoga yang lebih efektif dan dengan banyak variasi berbeda.

Tips Memilih Yoga Bolster yang Tepat

Demikianlah 6 fungsi yoga bolster yang sebaiknya tidak kamu abaikan selama berlatih yoga. Bahkan tak menutup kemungkinan, masih terdapat lebih banyak lagi fungsi yoga bolster lainnya. 

Nah, dengan banyaknya pilihan yoga bolster yang tersedia di pasaran, memilih mana yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri. 

Berikut tips yang bisa kamu terapkan saat memilih yoga bolster. 

  • Pastikan untuk memilih ukuran yang sesuai dengan tubuh dan kebutuhan yoga kamu.
  • Pastikan agar ukuran yoga bolster yang kamu gunakan tidak terlalu besar atau terlalu kecil karena dapat mengganggu kenyamanan dan mengurangi keamanan selama latihan.
  • Periksa bahan yang digunakan dalam pembuatan yoga bolster, pastikan itu nyaman dan tahan lama kapas organik atau busa yang berkualitas tinggi adalah pilihan yang baik.
  • Pertimbangkan juga “kekakuan” yang diberikan oleh bolster.
  • Pilih bolster yang memberikan dukungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan praktik yoga kamu.
  • Meskipun bukan faktor utama, desain dan warna juga dapat menjadi pertimbangan saat memilih bolster. Tak ada salahnya memilih yoga bolster dengan warna favoritmu karena warna ternyata memiliki kekuatan untuk memengaruhi suasana hati.
  • Baca ulasan dan rekomendasi dari pengguna sebelumnya untuk memberikan kamu “wawasan” tentang kualitas yoga bolster yang akan kamu beli.

Nirvana Yoga Bolster : Empuk dan Bersertifikat GOTS

Nirvana Yoga Bolster merupakan props yoga wajib yang biasa digunakan untuk menunjang pose yoga, strecthing/peregangan, relaksasi dan juga dapat digunakan saat melakukan meditasi.

Dengan desain yang empuk namun kokoh, Nirvana Yoga Bolster memakai bahan Organic-Cotton bersertifikasi GOTS (Global Organic Textile Standard) sehingga anti-allergic dan aman digunakan semua usia. Lengkap dengan guide beragam pose dengan Nirvana Yoga Bolster untuk setiap pemesanan.

Tersedia dalam 6 warna cantik yang sayang untuk kamu lewatkan. Tertarik? Yuk, kunjungi Nirvana Store dan pesan sekarang.

Sumber Referensi

Ana Heart. Benefits of using Yoga Bolsters [online] (https://blog.ana-heart.com/benefits-of-using-yoga-bolsters/ diakses 3 April 2024)

Solliving. Choosing the Right Yoga Bolster: Finding Your Perfect Support [online] (https://solliving.com/blogs/news/choosing-the-right-yoga-bolster-finding-your-perfect-support diakses 3 April 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya