Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Savasana

06 July 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Latihan Untuk Mendisiplinkan Pikiran dan Tubuh Sekaligus

2. Pakai Essential Oil Agar Tubuh Semakin Nyaman

3. Bisa Membantu Meredakan Stres Usai Olahraga

4. Membuat Tubuh Rileks Menyeluruh

5. Gunakan Yoga Bolster Untuk Menciptakan Relaksasi

Sumber Referensi

Savasana, meski gerakan tersebut tampak begitu sederhana karena hanya telentang saja, nyatanya tak semudah yang terlihat. Savasana memberi tantangan tersendiri dan bagi beberapa orang dianggap sebagai gerakan yang paling sulit dalam yoga.

Biasanya Savasana dilakukan di akhir, saat latihan yoga hampir usai. Setelah kamu menekuk, melipat dan melakukan gerakan-gerakan lain yang menantang. Lalu mengapa Savasana menjadi penting? Ini karena tubuh perlu dibiarkan dalam kondisi rileks agar keseluruhan energinya bisa pulih.

Sebagian kalangan menyebut posisi ini dengan pose mayat. Sebab untuk melakukannya kamu memang hanya perlu berbaring (telentang) selama 5-10 menit di atas matras dengan posisi badan, kaki, serta tangan rileks atau lurus menyentuh matras.

Meski pose savasana umumnya dilakukan usai beryoga, namun kamu juga bisa melakukannya usai melakukan olahraga lain seperti home workout hingga jogging.

Nah, agar manfaat savasana semakin maksimal, yuk ketahui dulu 5 hal seputar savasana berikut.

Yuk, disimak!

1. Latihan Untuk Mendisiplinkan Pikiran dan Tubuh Sekaligus

Ketika pertama kali melakukan savasana bisa jadi mungkin kamu akan kesulitan untuk rileks karena berbagai alasan. Disinilah tantangannya karena memang tidak mudah untuk mendisiplinkan pikiran dan tubuh sekaligus. Pelan-pelan di coba untuk merasakan sekujur tubuh dari ujung kaki hingga kepala. Tubuh memang diam karena telentang di atas matras, tapi fikiran kamu belum tentu.

Bisa jadi fikiran kamu berkelana karena munculnya beragam pertanyaan yang mengganggu. Pertanyaan -pertanyaan seperti, kira-kira berapa lama lagi gerakan telentang ini akan berakhir? Atau apakah keringatku bau dan mengganggu. Semua pikiran tersebut normal dirasakan saat melakukan savasana apalagi jika ini adalah pengalaman pertama kamu melakukannya.

2. Pakai Essential Oil Agar Tubuh Semakin Nyaman

Kunci melakukan savasana adalah menemukan kenyamanan pada diri sendiri. Menariknya, beberapa studio yoga turut menambahkan penggunaan minyak esensial (essential oil) untuk menambah efek menenangkan dan meningkatkan rasa nyaman.

Aroma dari minyak esensial dapat membantu meringankan pikiran dan merelaksasi otot-otot tubuh. Ketika sudah rileks tentu secara bertahap bisa mengurangi stres. Tubuh pun akan terasa lebih santai. Begitupun dengan suasana hati, jadi lebih bahagia.

3. Bisa Membantu Meredakan Stres Usai Olahraga

Stres setelah olahraga tentu berbeda dengan stres akibat tekanan pekerjaan ataupun stimulus lainnya. Stres setelah olahraga adalah reaksi biologis yang terjadi karena aktivitas fisik membuat detak jantung lebih cepat, berkeringat, dan tersengal-sengal.

Melakukan savasana setelah berolahraga akan membantu mengembalikan fungsi tubuh kamu kembali ke titik normal. Cara ini juga bisa membuat pikiran lebih tenang. Dalam jangka panjang, jika diterapkan secara rutin melakukan savasana dianggap bisa membantu meredakan stres serta gangguan kecemasan.

4. Membuat Tubuh Rileks Menyeluruh

Biasanya selain menambahkan pemakaian essential oil, savasana juga dapat dilakukan dengan diiringi alunan musik relaksasi yang lembut nan menenangkan. Alunan tersebut bisa berupa musik dengan tempo lambat, instrumental melodik hingga suara alam seperti angin, air mengalir hingga kicauan burung.

Alunan musik ini akan membuat kondisi tubuh terasa lebih rileks dengan memperlambat pernapasan, menurunkan detak jantung, menurunkan tekanan darah hingga menenangkan sistem saraf. Ketika tubuh sudah rileks maka kamu akan semakin mudah memaksimalkan proses melepaskan energi negatif.

Ditambah dengan afirmasi positif dari instruktur, maka savasana kamu akan semakin bagus dan maksimal manfaatnya. Tubuh jadi terasa bugar dan akan lebih siap menyambut aktifitas selanjutnya.

5. Gunakan Yoga Bolster Untuk Menciptakan Relaksasi

Selain itu kamu juga bisa menambahkan alat bantu untuk membantu menciptakan relaksasi. Sebab semakin kamu nyaman maka kamu bisa merasa semakin rileks. Biasanya yang paling sering digunakan adalah yoga bolster. Namun kamu juga bisa menggunakan alat bantu lainnya yang tersedia. Bisa berupa yoga block, penutup mata hingga selimut.

Penggunaan alat bantu ini di beberapa kondisi juga bisa membantu melunakkan postur. Jika kamu memiliki kondisi khusus (sedang dalam masa pemulihan cedera) dianjurkan menggunakan yoga bolster saat savasana agar dapat mencapai ketepatan postur tanpa menambah rasa sakit pada bagian yang cedera.

Mengingat tujuan utama penggunaan yoga bolster untuk membantu menciptakan relaksasi. Sebaiknya pilih yoga bolster dengan bahan empuk dan padat. Pastikan pula kain bantalnya lembut dan tidak menimbulkan rasa tidak nyama di kulit seperti terasa kasar atau berserabut karena bisa menimbulkan rasa gatal. Kamu bisa menemukannya di https://nirvanastore.id/

Sumber Referensi


dr Karlina Lestari. 2020. Mengenal Musik Relaksasi yang Bisa Jadi Musik Pengantar Tidur [online](https://www.sehatq.com/artikel/mendengarkan-musik-relaksasi-bisa-bantu-tidur-lebih-nyenyak di akses 23 Desember 2022)

dr Reni Utari. 2021. Savasana Yoga Bukan Hanya Sekadar Berbaring tapi juga Banyak Manfaat [online] (https://www.sehatq.com/artikel/savasana-yoga di akses 23 Desember 2022)

Rieke Saras. 2019. Savasana, Pose Mayat dalam Yoga yang Tak Semudah Kelihatannya [online](https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/sehat-bugar/savasana-pose-mayat-dalam-yoga-yang-tak-semudah-kelihatannya di akses 23 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya