Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Tips Sederhana Hidup Sehat dan Panjang Umur

17 January 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Rutin Berolahraga

2. Tidur yang Cukup

3. Tidak Merokok dan Minum Alkohol

4. Minum Kopi dan Teh Secukupnya

5. Habiskan Waktu Bersama Orang Tercinta Secara Rutin

6. Rutin Main TTS, Puzzle atau Sudoku

7. Banyak Senyum dan Tertawa

Sumber Referensi

Sebagian besar orang berpikir bahwa faktor genetik yang menentukan apakah seseorang akan berumur panjang atau tidak. Namun ternyata gaya hidup dan pola makan yang sehatlah faktor utama yang berperan penting dalam hal ini.

Meski tak berdampak langsung saat itu juga, gaya hidup dan pola makan yang tak sehat dalam waktu lama bisa berdampak buruk terhadap daya tahan tubuh. Termasuk memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan baik fisik maupun mental. Yuk perhatikan lagi bagaimana rutinitas, gaya hidup hingga pola makan sehari-hari kamu. Sudah sehat kah? atau belum?

Jika belum mari mulai benahi agar kesehatan tubuhmu terjaga, hidup jadi lebih berkualitas dan memiliki umur yang lebih panjang.

Berikut ini sudah ada berbagai tips serta beragam aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa kamu coba.

1. Rutin Berolahraga

Olahraga rutin akan membantumu berumur panjang dengan cara menyehatkan jantung dan paru, meredakan stres, menjaga daya tahan tubuh, dan menjauhkan dari risiko gangguan mental. Apabila kamu malas berolahraga sendirian, maka carilah aktivitas berkelompok yang menyenangkan.

Misalnya saja seperti futsal, tenis, bulu tangkis, dan olahraga boot camp. Selain membuat tubuh lebih fit, ternyata interaksi sosial dengan orang lain selama olahraga juga dapat menjauhkanmu dari stres.

2. Tidur yang Cukup

Tidur menjadi aktivitas yang paling ditunggu-tunggu setelah seharian beraktivitas. Pada umumnya, orang dewasa perlu waktu tidur 7–8 jam per malam untuk menjaga kesehatan. Namun sayangnya, banyak orang justru kurang tidur.

Padahal, waktu tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan stres sehingga lebih berstamina keesokan harinya. Manfaat tidur yang cukup dapat membantumu agar panjang umur dan mencegah penuaan dini. Hal ini juga akan menjauhkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung.

3. Tidak Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol mempunyai banyak dampak buruk bagi tubuh. Berbagai penelitian juga telah menunjukkan orang yang merokok lebih cepat meninggal dunia. Kebiasaan buruk ini juga akan meningkatkan berbagai macam resiko masalah kesehatan.

Misalnya saja seperti penyakit kardiovaskular, stroke, gangguan paru, sampai kanker. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok dan minum alkohol. Apabila kamu mengalami kesulitan, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter.

4. Minum Kopi dan Teh Secukupnya

Sebagian besar orang minum kopi sebelum beraktivitas dilakukan agar tidak cepat ngantuk. Nah, tanpa disadari, secangkir kopi bisa membuat awet muda bila dikonsumsi dengan benar.

Secara umum, rutin mengonsumsi kopi dua hingga tiga cangkir per hari bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner, gagal jantung, serta kematian karena beberapa penyakit kronis lainnya. Meski begitu, batasilah konsumsi kopi agar tidak terlalu berlebihan. Apabila tidak menyukai kopi, kamu juga dapat menggantinya dengan minum teh.

5. Habiskan Waktu Bersama Orang Tercinta Secara Rutin

Manusia tidak dapat hidup tanpa sesamanya. Inilah alasan kenapa interaksi sosial dan hubungan dekat dengan orang-orang tercinta bisa membuatmu lebih panjang umur. Dengan alasan yang sama, kamu bisa meluangkan waktu untuk berakhir pekan bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

Hal ini tentu bisa membantumu hidup lebih bahagia. Cukup dengan jalan-jalan di taman kota, curhat sambil menonton TV di sofa ruang keluarga, atau sembari ngopi di kafe terdekat juga sama bermanfaatnya.

6. Rutin Main TTS, Puzzle atau Sudoku

Apabila kamu memiliki banyak waktu luang, maka cobalah untuk bermain catur, menyusun puzzle, main sudoku, atau mengisi teka-teki silang (TTS) pada koran atau buku TTS. Ada berbagai permainan otak tersebut yang membutuhkan kejelian tinggi.

Sejumlah studi telah menyatakan bahwa permainan otak akan melatihmu untuk terus berpikir, menganalisis, meningkatkan daya ingat, sampai mempertahankan kecerdasan emosional. Oleh karena itu, berbagai kegiatan tersebut dinilai bisa mengurangi risiko pikun, demensia, sampai penyakit Alzheimer.

7. Banyak Senyum dan Tertawa

Tersenyum adalah salah satu cara yang paling mudah untuk panjang umur. Saat kamu tersenyum atau tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang akan membantu memperbaiki mood. Hormon endorfin juga turut membantu melancarkan aliran darah. Sehingga baik sekali untuk kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Uniknya, manfaat ini tetap bisa kamu dapatkan saat pura-pura tersenyum atau tertawa. Jadi dengan memaksakan diri tersenyum, kamu telah “mengelabui” tubuh agar percaya bahwa semuanya baik-baik saja sehingga stres juga perlahan menghilang.

Sementara itu, faktor gaya hidup dan pola makan sehat sangat berperan dalam menjaga kesehatan sehingga membuatmu berumur panjang.

Pemeriksaan kesehatan (medical check up) rutin juga akan membantu mendeteksi masalah kesehatan serta mencegah risiko komplikasi penyebab kematian.

Sumber Referensi


dr Kevin Adrian. 2022. 5 Rahasia agar Anda Panjang Umur [online] (https://www.alodokter.com/rahasia-meraih-panjang-umur-ini-sungguh-mengejutkan di akses 7 Januari 2023)

Satria Aji Purwoko. 2022. 10 Cara Menyenangkan untuk Bisa Hidup Lebih Panjang Umur [online] (https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/tips-panjang-umur-yang-menyenangkan/ di akses 7 Januari 2023)

Amartha.2022. Terbukti Ampuh! Tips Agar Panjang Umur dan Awet Muda [online] (https://blog.amartha.com/terbukti-ampuh-tips-agar-panjang-umur-dan-awet-muda/ di akses 7 Januari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya