Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

5 Gerakan Yoga Sederhana Untuk Membantu Meningkatkan Fungsi Pernapasan

29 July 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Savasana (Corpse Pose)

2. Sukhasana (Easy Pose)

3. Virabhadrasana I (Warrior 1 Pose)

4. Ardha Chandrasana (Half Moon Pose)

5. Sarvangasana (Shoulder Stand Pose)

Paru-paru merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia yang perlu dijaga agar tetap sehat. Jika paru-paru kamu sehat maka fungsi pernapasan juga akan maksimal dan efektif. Pernapasan yang efektif tidak hanya bagus untuk meningkatkan respons kekebalan tubuh saja. Namun juga untuk membantu kamu dalam menstabilkan emosi. Tidur akan menjadi lebih nyenyak dan kamu pun akan terhindar dari kerentanan mengalami stres.

Selain memperbaiki kebiasaan bernafas dengan mempraktikkan cara bernapas yang benar.
Kamu juga bisa melakukan beberapa gerakan yoga berikut untuk meningkatkan fungsi pernapasan. Gerakan (asana) yoganya berupa peregangan lembut yang bisa membantu membuka paru-paru sekaligus memperluas kapasitas dan meningkatkan fungsinya.

Berikut lima gerakan yoga yang bisa kamu coba tersebut.

1. Savasana (Corpse Pose)

Savasana dianggap sebagai salah satu gerakan relaksasi terbaik sebab gerakan ini sangat tepat untuk membiarkan kamu bernapas lebih lama, teratur tanpa terburu-buru.

Untuk melakukannya kamu perlu:

  • Berbaring telentang di atas matras atau tempat tidur dengan kedua tangan di samping badan. Selanjutnya biarkan kedua telapak kaki dan telapak tangan terbuka (menghadap ke atas).
  • Lalu pejamkan mata dan biarkan tubuh menjadi rileks. Mulailah untuk memusatkan perhatian pada napas dan memperlambatnya, bernapaslah secara perlahan dan berirama.
  • Tetap dalam gerakan ini selama lima sampai sepuluh menit dan pastikan untuk tetap bernafas secara teratur.

2. Sukhasana (Easy Pose)

Sukhasana juga dikenal sebagai gerakan yoga yang paling santai karena lebih fokus untuk mengistirahatkan tubuh. Asana ini juga bisa membantu kamu mendapatkan ketenangan pikiran karena kamu harus bernapas teratur dan lembut di gerakan ini.

Untuk melakukannya kamu perlu:

  • Duduk kedua menyilangkan kedua kaki.
  • Kemudian, sejajarkan kepala dengan posisi yang netral.
  • Lalu letakkan tangan di atas kedua lutut.
  • Selanjutnya, pejamkan mata dan tetaplah dalam posisi ini sekitar lima menit sambil bernafas seperti biasa secara perlahan.

3. Virabhadrasana I (Warrior 1 Pose)

Pose ini dapat membantu dada dan paru-paru lebih terbuka dengan bantuan gravitasi. Selain itu, pose ini juga akan melancarkan aliran lendir dari hidung dan paru-paru kamu.

Untuk melakukannya kamu perlu :

  • Pertama, berdirilah tegak dengan kedua tangan diletakkan di samping tubuh. Selanjutnya, langkahkan kaki kanan ke depan sejauh mungkin, dan tekuk lutut kanan sampai paha kiri sejajar dengan lantai.
  • Usahakanlah tumit kaki kiri belakang tetap berpijak di lantai. Saat ingin menekuk lutut kanan, angkat kedua tangan di atas kepala dan usahakan jaraknya hanya selebar bahu.
  • Kedua tangan harus lurus ke atas dan kedua telapak tangan saling berhadapan (lengan harus berada tepat di samping telinga).
  • Lakukanlah pose ini sambil menarik napas dan buang napas secara perlahan. Tahan pose ini sekitar tiga sampai sepuluh tarikan napas yang dalam dan lambat. Setelah selesai, kembali berdiri dan ulangi lagi pose dengan kaki kiri di depan.

4. Ardha Chandrasana (Half Moon Pose)

Pose yoga ini akan membuka dada dan membuka tulang rusuk sehingga memudahkan paru-paru bekerja. Dalam beberapa kondisi, asana ini juga dapat membantu menenangkan kepala bila kamu sedang mengalami gejala demam, seperti bersin, pilek dan mata berair.

Untuk melakukannya kamu perlu:

  • Berdirilah tegap dengan kaki selebar bahu dan lengan di samping tubuh. Lalu letakkan tangan kiri di pinggul kiri dan putar kaki kanan 90 derajat ke kanan.
  • Secara perlahan, rentangkan lengan kanan lurus ke samping setinggi bahu. Selanjutnya, tekuk pinggang, raih dengan tangan kanan dan letakkan ujung jari di lantai, beberapa inci di depan kaki kanan.
  • Berikutnya, angkat kaki kiri lurus ke belakang sampai sejajar dengan lantai dan buka pinggul ke kiri.
  • Rentangkan lengan kiri agar sejajar dengan lengan kanan. Putar kepala dan lihatlah tangan kirimu.
  • Tahan pose ini sekitar tiga sampai lima tarikan napas. Setelah selesai, kembalilah berdiri dan ulangi lagi pose di sisi yang berlawanan.

5. Sarvangasana (Shoulder Stand Pose)

Biasanya shoulder stand digunakan untuk membuka saluran hidung dan membantu meredakan gejala sinus. Ada baiknya kamu melipat selimut menjadi persegi panjang dan susun untuk membantu kamu melakukan pose ini jika kamu kesulitan melakukannya dengan kedua tangan.

Untuk melakukannya kamu perlu:

  • Berbaring telentang terlebih dahulu agar kepala berada di matras/lantai. Lalu letakkan selimut di bawah pundak. Kemudian letakkan tangan rata di lantai, sehingga sejajar dengan tubuh.
  • Angkat kedua kaki lurus ke atas dan dengan bantuan kedua tangan angkat pinggang ke atas, sehingga tidak menyentuh matras/lantai.
  • Tahan sekitar 30 detik. Jika kamu merasa kekuatan kamu meningkat, maka bisa menambahkan waktunya secara bertahap, 5-10 detik lebih lama hingga bisa melakukannya dengan lebih lama namun tetap nyaman.

Semua gerakan yang ada di atas dianggap baik untuk meningkatkan fungsi pernapasan. Gerakannya juga cenderung lembut jadi aman untuk kamu coba di rumah. Sebaiknya lakukan semua asana-asana ini sesuai dengan kemampuanmu. Jika kamu hanya sanggup menahan satu gerakan selama satu menit, tentu tak masalah. Lakukan secara rutin dan bertahap. Jangan paksakan diri agar kamu tak cedera.

article

Artikel Terkait Lainnya