Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Coba Deh, Lima Pose Yoga Ini Cocok Redakan Nyeri Punggung

01 October 2021

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Sphinx Pose (Salamba Bhujangasana)

2. Locust Pose (Salabhasana)

3. Bridge Pose (Setubanda Sarvangasana)

4. Child Pose (Balasana)

5. Cat and Cow Pose (Marjaryasana-Bitilasana)

Kebiasaan duduk berjam-jam atau postur tubuh yang buruk saat duduk sering menjadi penyebab di balik munculnya sakit punggung dan nyeri pinggang. Tubuh pun akan cenderung kaku dan kurang fleksibel. Tingkatkan fleksibilitas tubuh dengan beryoga secara rutin.

Jika kamu tak memiliki waktu untuk mengikuti kelas yoga di studio, beberapa gerakan yoga sederhana di bawah bisa kamu coba. Semua gerakan (pose) yoga di bawah tidak hanya membantu melemaskan dan meregangkan otot-otot di area punggung, perut atau bokong saja namun juga memperkuat otot-otot tubuh di bagian tulang belakang, pinggang, paha, serta dada dan bahu.

Jadi cocok untuk kamu yang ingin meringankan rasa sakit pada punggung atau linu pada pinggang saja. Berlatihlah secara rutin dan teratur agar fleksibilitas tubuh kamu tetap terjaga, tidak lagi kaku atau berpostur bungkuk tapi jadi lebih baik dan proporsional.
Perlu di ingat jika kelima pose di bawah tidak disarankan jika kamu menderita tekanan darah tinggi atau darah rendah. Begitupun dengan kamu yang memiliki riwayat sakit pada lutut, pergelangan kaki, atau leher. Termasuk jika kamu sedang hamil lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Berikut kelimanya:

1. Sphinx Pose (Salamba Bhujangasana)

Pose ini dilakukan untuk meregangkan tulang belakang dan punggung hingga membuka dada dan bahu. Untuk melakukannya, kamu perlu berbaring telungkup di atas perut dengan kedua kaki lurus kebelakang dan kedua lengan di samping badan. Angkat kepala dan tubuh bagian atas perlahan dan letakkan kedua siku di bawah bahu. Tekan sedikit tulang pinggul ke lantai dan usahakan agar pandangan kamu mengarah ke depan. Tahan posisi sejenak lalu kembali ke posisi semula. Bernapaslah di posisi ini sekurangnya tiga hingga empat tarikan napas panjang.

2. Locust Pose (Salabhasana)

Pose ini dilakukan untuk membuka punggung, dada, bahu hingga tulang belakang. Memberi energi merangsang fungsinya secara maksimal. Untuk melakukannya, Telungkupkan tubuh menghadap matras, luruskan kedua kaki hingga kedua ibu jari saling bersentuhan. Dekap kedua tangan lalu letakkan di belakang sakrum (tulang berbentuk segitiga yang berada di bagian belakang panggul. Secara bersamaan tarik napas untuk mengangkat dada dan kaki dari atas matras. Luruskan lengan hingga sejajar lantai dan kembali ke posisi semula. Bernapaslah di posisi ini sekurangnya tiga napas panjang.

3. Bridge Pose (Setubanda Sarvangasana)

Pose ini dilakukan untuk menarik tubuh bagian depan, menciptakan ruang antara tulang belakang dan mengurangi tekanan pada ruas-ruas tulang belakang kamu. Ketika pundak kamu menekan ke lantai maka dada akan terbuka. Ini juga bisa membantu memperbaiki postur bungkuk pada bahu. Untuk melakukannya maka kamu harus berbaring terlentang di atas matras lalu menekuk kedua lutut dan memastikan agar telapak kaki kamu menapak. Posisikan tumit sejajar vertikal dengan tulang ekor. Kuatkan paha lalu angkat pinggul ke atas. Pastikan posisi dagu menempel dengan dada. Biarkan kedua lengan kamu menekan ke matras. Bernapaslah di posisi ini sekurangnya tiga tarikan napas panjang.

4. Child Pose (Balasana)

Pose ini dilakukan untuk meregangkan tulang belakang dan menetralkan tekanan dari punggung bawah. Untuk melakukannya, mulailah berlutut di atas matras dengan posisi kedua lutut di buka selebar pinggul. Turunkan batang tubuh di antara paha lalu merangkak ke depan dengan kedua telapak tangan ke atas. Pastikan posisi lengan lurus di depan. Lepaskan bahu depan kamu ke matras. Rasakan bagaimana berat bahu depan menarik tulang belikat secara melebar di punggung kamu. Bernapaslah di posisi ini setidaknya tiga tarikan napas panjang.

5. Cat and Cow Pose (Marjaryasana-Bitilasana)

Biasanya Cat & Cow Pose dilakukan sebagai gerakan pemanasan untuk mempersiapkan posisi yang lebih advance dalam beryoga. Pose ini banyak melibatkan otot bagian perut dan punggung. Inilah alasan mengapa dapat meningkatkan fleksibilitas pada tulang belakang sekaligus menguatkan bagian perut. Untuk melakukannya, ambil posisi merangkak dengan meletakkan kedua telapak tangan dan lutut di atas matras. Buka lutut sejajar pinggul dan pastikan ujung jari kaki menekan lantai. Lalu secara bersamaan tarik napas dan tekuk punggung hingga seperti sapi. Tahan selama 5-10 detik. Kemudian secara bersamaan pula buang napas dan tekuk punggung ke atas seperti kucing. Tahan selama 5-10 detik.

Jika ini baru pertama kali kamu lakukan pastikan untuk mengenakan pakaian dan matras yang nyaman. Sebaiknya kamu juga tidak mengkonsumsi makanan berat sejam sebelumnya. Minumlah air mineral secukupnya karena selama sesi yoga berlangsung kamu tidak di anjurkan untuk minum. Selamat mencoba.

article

Artikel Terkait Lainnya