Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Penting Diketahui! Ini 8 Manfaat Yoga Selain Untuk Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

18 December 2023

oleh Imada Rahmadia Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Meningkatkan Keseimbangan Mental

2. Menstimulasi Sistem Pencernaan

3. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

4. Membangun Kekuatan Otot Inti

5. Melatih Konsentrasi dan Fokus

6. Peningkatan Kesadaran Tubuh (Body Awareness)

7. Membantu Pengelolaan Berat Badan

8. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Penting untuk diingat

Sumber Referensi

Yoga tidak hanya tentang merenggangkan otot dan meningkatkan fleksibilitas tubuh saja. 

Lebih dari itu, berlatih yoga secara rutin memiliki banyak manfaat yang bagus untuk menjaga kesehatan fisik dan mental secara menyeluruh. 

Lantas apa saja manfaat tersebut?

Lewat artikel ini, akan kita jelajahi 8 manfaat yoga lainnya yang mungkin jarang diketahui khalayak umum. 

Yuk disimak. Semoga bermanfaat.

1. Meningkatkan Keseimbangan Mental

Yoga tidak hanya melibatkan gerakan tubuh, tetapi juga fokus pada pernapasan dan meditasi. Ini membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan meningkatkan keseimbangan mental. 

Latihan pernapasan dalam yoga misalnya, dapat membantu menenangkan sistem saraf dan meningkatkan konsentrasi. Pernapasan yang teratur dan terkendali akan membantu menjaga ketenangan pikiran, yang pada gilirannya, mendukung keseimbangan mental dan emosional.

2. Menstimulasi Sistem Pencernaan

Gerakan dalam yoga, terutama yang melibatkan penguatan otot dan twisting di perut, akan merangsang sistem pencernaan. 

Hal ini dapat membantu meredakan masalah pencernaan yang mungkin muncul seperti kembung dan lainnya. Yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

3. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Berlatih yoga secara teratur terbukti dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Gerakan yoga yin misalnya, yang dilakukan dengan lembut dan perlahan serta dikombinasikan dengan latihan pernapasan. 

Jika dilakukan sebelum tidur dapat membantu meredakan stres dan kegelisahan, penyebab umum seseorang sulit tidur nyenyak. Menciptakan suasana tenang yang pada akhirnya akan membantu tidur seseorang jadi lebih nyenyak.

4. Membangun Kekuatan Otot Inti

Selain meningkatkan fleksibilitas tubuh, banyak posisi yoga juga membutuhkan kekuatan otot inti yang signifikan untuk melakukannya. Dengan memperkuat otot-otot inti, kamu tidak hanya mendapatkan kestabilan tubuh yang lebih baik. 

Tetapi juga mengurangi risiko cedera pada bagian belakang tubuh sehingga postur jadi lebih terawat. Bahkan mengurangi tekanan pada tulang belakang sehingga masalah postur lainnya yang dapat menyebabkan nyeri dapat dicegah.

5. Melatih Konsentrasi dan Fokus

Latihan pernapasan dalam yoga juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. 

Baik di tempat kerja maupun dalam menjalankan aktivitas sehari-hari lainnya. Bahkan kemampuan untuk fokus yang baik juga berpengaruh dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja secara keseluruhan.

6. Peningkatan Kesadaran Tubuh (Body Awareness)

Kesadaran tubuh merujuk pada kemampuan untuk memahami, merasakan dan terhubung dengan tubuh secara lebih mendalam. Praktik yoga akan melibatkan latihan pernapasan (pranayama) dan gerakan tubuh (asana) yang dilakukan dengan penuh kesadaran. 

Jika dilakukan secara rutin dan konsisten, hal ini akan membantu kamu jadi lebih aware terhadap tubuh sendiri. Dengan meningkatkan kesadaran tubuh, kamu dapat mengidentifikasi ketidakseimbangan atau rasa tegang (nyeri) dan mengoreksi posisi tubuh dengan lebih baik alias meningkatkan kesadaran terhadap kondisi fisikmu.

Kesadaran ini pada akhirnya akan memungkinkan kamu merespon kebutuhan tubuhmu dengan bijak. Baik itu melalui istirahat yang diperlukan, mengkonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang tepat hingga melakukan perawatan fisik lainnya.

7. Membantu Pengelolaan Berat Badan

Yoga bukan hanya tentang membakar kalori, tetapi juga tentang peningkatan kesadaran terhadap tubuh. Termasuk bagaimana mengkoneksikan makanan (nutrisi) yang dibutuhkan tubuh. 

Dengan menghadirkan kesadaran ini, banyak kalangan menemukan bahwa mereka menjadi lebih sadar terhadap pilihan makanan mereka setelah berlatih yoga secara rutin. Yang pada akhirnya cukup membantu dalam hal pengelolaan berat badan secara alami.

8. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Stres memang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengurangi stres melalui latihan yoga secara rutin, kamu dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Ini membuat tubuh lebih mampu melawan infeksi dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Diharapkan dengan melakukan latihan yoga secara teratur, kamu tidak hanya akan merasakan manfaat fisik seperti peningkatan fleksibilitas. 

Tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan mental dan emosional lainnya yang luar biasa. Jangan ragu untuk menjadikan yoga sebagai bagian dari gaya hidup sehat dan seimbangmu. 

Lengkapi dan maksimalkan latihan yogamu dengan koleksi matras yoga premium terbaik tentunya hanya di Nirvana Store. Beragam mat yoga premium Nirvana menarik lengkap dengan diskon menguntungkan. Yuk borong sekarang juga dan dapatkan kemudahan pembelian tanpa ongkir yang memberatkan.

Penting untuk diingat, jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter professional sebelum mencoba melakukan yoga. Jika kamu masih pemula sebaiknya jangan melakukan yoga sendiri. Namun lakukan latihan yoga dibawah pengawasan langsung instruktur yoga profesional demi meminimalisir potensi cedera. 

Sumber Referensi

Sarah Ezrin. 2021. 16 Benefits Of Yoga That Are Supported By Science [Online] (Https://www.Healthline.Com/Nutrition/13-Benefits-Of-Yoga#Toc_Title_Hdr_15 Diakses 18 Desember 2023)

Johns Hopkins Medicine. 2023. 9 Benefits Of Yoga. [Online] (Https://www.Hopkinsmedicine.Org/Health/Wellness-And-Prevention/9-Benefits-Of-Yoga Diakses 18 Desember 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya