Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Tips Memilih Matras yang Tepat untuk Latihan Yoga

03 May 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Memilih Matras Yoga Berdasarkan Jenis dan Bahannya

1. Sesuaikan Ketebalan dengan Penggunaan

2. Sebaiknya Gunakan Matras yang Empuk

3. Pilih yang Beratnya Sesuai Tempat Penggunaan

4. Pilih Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Sumber Referensi

Saat akan melakukan latihan yoga, matras menjadi salah satu alat yang perlu kamu persiapkan demi kenyamanan dalam berlatih. Kini sudah tersedia banyak sekali variasi matras yoga di pasaran, mulai dari warna polos, bermotif, bertekstur, beragam ketebalan, sampai material bahan pembuatannya.

Banyaknya variasi membuat banyak orang bingung. Terlebih lagi, masyarakat indonesia saat ini sudah cukup mudah untuk mendapatkan matras yoga. Beberapa merek produsen yoga dari luar negeri juga berlomba untuk mengambil kesempatan ini.

Oleh karena itu, kamu harus bisa memilih matras yoga yang sesuai dengan jenis latihan yoga yang Kamu lakukan. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait bagaimana cara memilih matras yoga yang baik.

Memilih Matras Yoga Berdasarkan Jenis dan Bahannya

Memilih matras yoga tidak bisa dianggap remeh, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Berikut ini sudah ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam memilih matras yoga.

1. Sesuaikan Ketebalan dengan Penggunaan

Matras tebal atau tipis akan mempengaruhi rasa nyaman, kemudahan dalam menggulung, menyimpan serta membawanya. Terdapat berbagai macam variasi jenis matras, mulai dari 1 mm hingga 15 mm. Pilihlah matras yang sesuai dengan jenis yoga yang Kamu lakukan agar lebih nyaman saat menggunakannya.

● Gunakanlah Matras Setebal 1 mm hingga 6 mm untuk Yoga Studio

Dalam melakukan latihan yoga di tempat studio, gunakanlah matras yang lebih mudah dibawa pergi, yakni matras dengan ketebalan 1 mm. Beberapa diantaranya ada yang diproduksi agar mudah dibawa ketika travelling dan dilengkapi dengan tali atau tas matras.

Matras dengan ketebalan 1 mm ini mampu memaksimalkan stabilitas kaki ketika sedang melakukan pose berdiri. Namun, lantai yang keras kemungkinan besar akan bisa langsung dirasakan karena matrasnya tipis.

Solusinya Kamu bisa langsung memilih matras dengan ketebalan 3 mm hingga 5mm. Namun, matras dengan ketebalan 6 mm dianggap terlalu sulit jika harus dibawa kemana-mana.

● Gunakanlah Matras setebal 6 mm hingga 15 mm Untuk Yoga Statis

Ketika melakukan yoga statis, biasanya akan ada beberapa pose tidur. Oleh karena itu, gunakanlah sebuah matras yang cukup tebal dalam menahan postur tubuhmu agar bisa lebih fokus.

Matras yoga dengan karakteristik bantalan yang tinggi juga bisa mengurangi efek dingin dan kerasnya lantai. Matras untuk jenis yoga statis ini biasanya mempunyai ketebalan antara 6 mm hingga 10 mm.

Matras dengan ketebalan 10 mm ke atas ini, biasanya juga dapat digunakan untuk terapeutik. Selain itu, matras yoga yang tebal juga dapat langsung meredam rasa sakit di area persendian serta lengan.

2. Sebaiknya Gunakan Matras yang Empuk

Bagi Kamu yang baru memulai latihan yoga, kekuatan daya tahan sendi dan otot tentunya tidak akan dapat meningkat dengan cepat. Oleh karena itu, gunakanlah matras yang tebal dan empuk agar dapat meminimalisir cedera.

Memilih matras yang terbuat dari bahan busa cukup direkomendasikan. Akan tetapi, Kamu tetap harus memperhatikan tekstur serta tingkat cengkramannya pada lantai agar Kamu tak tergelincir. Tingkat dari permukaan matras yang tidak licin dapat langsung membantumu lebih nyaman dalam latihan.

3. Pilih yang Beratnya Sesuai Tempat Penggunaan

Berat matras yoga menjadi hal lain yang harus diperhitungkan. Setiap brand matras yoga selalu mengeluarkan matras dengan berat yang bervariasi, tergantung untuk tujuan apa matras tersebut digunakan.

● Gunakanlah Matras Berat Untuk Latihan di Rumah

Apabila Kamu lebih suka melakukan latihan yoga di rumah dengan instruktur online, maka matras yang ideal harus memiliki berat 1 kg atau lebih. Pastikan matras ini mempunyai ketebalan yang cukup agar lebih empuk dan tidak terlalu slip untuk mendukung semua pose yang akan Kamu lakukan. Matras dengan berat sekitar 1 kg atau lebih juga cocok digunakan untuk melakukan yoga dinamis yang bisa memberikan efek stabil dan tidak licin dengan kenyamanan tinggi.

● Pilih Matras Ringan untuk Yoga Studio

Apabila Kamu tergabung dalam kelas atau studio yoga, maka harus bisa memastikan bahwa matras mudah dibawa dan disimpan. Gunakanlah matras yang ringan dengan berat tidak boleh lebih dari 1 kg. Namun sebaiknya, matras tersebut sudah dilengkapi dengan tali atau tas agar lebih mudah dibawa-bawa. Jadi, cobalah untuk bisa memperhatikan setiap detail deskripsi serta spesifikasi matras yoga yang akan Kamu beli.

4. Pilih Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Umumnya, material matras yoga terbagi atas 5 bahan utama, yakni NBR, PVC, TPR, Karet Alami serta PU. Setiap bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut penjelasannya.

● PVC (Polivinil Klorida) matras ini terbuat dari bahan resin dan fiber, sehingga baik dari segi grip dan bantalan serta tahan lama. Matras ini banyak digunakan untuk ruang indoor maupun outdoor.

● TPE (Elastomer Termoplastik), matras ini terbuat dari kombinasi bahan plastik serta karet polimer yang mudah di daur ulang. Namun matras ini tidak mempunyai daya tahan sebagus pvc dan cenderung lebih mahal. Cenderung cocok untuk traveling.

● Karet Alami, matras ini sangat kokoh, mempunyai daya tahan, stabilitas tinggi, serta anti slip. Matras ini juga memiliki bobot yang berat, sehingga cocok digunakan untuk latihan yoga statis di rumah.

● PU (Poliuretan), matras ini terbuat dari bahan karet yang diproses dengan suhu tinggi. Selain itu, bahan ini mempunyai sifat anti slip dengan kedua sisinya yang tahan akan basah, ramah di kulit dan mampu menyerap keringat udara dengan sangat baik, sehingga tidak perlu khawatir terpeleset atau permukaannya licin.

● NBR (Karet Nitrile Butadiene), merupakan salah satu jenis karet yang telah diproduksi dengan proses polimerisasi emulsi bersuhu rendah. Matras ini mempunyai ketahanan gesekan yang tinggi, tahan pada suhu panas, dan memiliki tingkat daya rekat kuat.

Jadi sebelum kamu berniat membeli matras harus tahu dulu beberapa tipsnya. Usahakan beli matras dengan kualitas terbaik dan sesuaikan budget.

Agar lebih praktis Kamu dapat mengeksplor beragam pilihan matras yoga terbaik di Nirvana Store, toko online terpercaya untuk perlengkapan yoga dan olahraga lainnya. Klik disini sekarang.

Dikenal luas sebagai penyedia peralatan olahraga berkualitas, Nirvana Store adalah pilihan yang tepat untuk memulai gaya hidup sehat dengan matras yoga yang pas.

Sumber Referensi


Mettapranata. 2021. Tips Memilih Matras Yang Pas Untuk Yoga Atau Olahraga [Online] (https://www.acehardware.co.id/inspirations/tips-memilih-matras-untuk-yoga-atau-olahraga diakses 30 Maret 2023)

Levina. 2022. 4 Cara Memilih Matras Yoga untuk Pemula [Online] (https://www.ruparupa.com/blog/4-cara-memilih-matras-yoga-untuk-pemula/ diakses 30 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya