Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Mengenyangkan Dan Praktis! Berikut 5 Ide Camilan Sehat Yang Wajib Dicoba

04 January 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Sayur dan Buah

2. Hummus

3. Chia Puding

4. Telur Rebus

5. Buah Zaitun

Sumber Referensi

Saat ini camilan, baik makanan maupun minuman, bisa menjadi bagian dari pola makan yang sehat. Sehingga kebiasaan ngemil ini tetap tak masalah dilakukan. Asalkan tidak memberi terlalu banyak asupan kalori untuk tubuh.

Meskipun begitu sampai saat ini, belum ada penelitian yang memperlihatkan hubungan antara camilan dengan berat badan. Oleh karena itu sebagian besar orang tetap memasukkan camilan sehat ke dalam menu diet mereka.

Usahakan ketika kamu memilih makanan atau minuman ringan untuk dijadikan camilan, tak hanya bisa memuaskan rasa lapar. Namun juga berperan dalam pemenuhan kebutuhan gizi dan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ada 5 jenis makanan dan minuman yang bisa membantu jika kamu ingin ngemil namun tetap sehat. Kelimanya yaitu:

1. Sayur dan Buah

Bagi kamu yang tidak sempat menyiapkan camilan, maka sayur dan buah bisa menjadi alternatif paling tepat. Umumnya, porsi sayur atau buah cukup banyak sehingga bikin tetap kenyang meski dengan kandungan di bawah 100 kalori.

Sejumlah pilihan sayur dan buah kurang dari 100 kalori seperti:
● Jeruk sedang: 65 kal,
● 20 tomat ceri: 61 kal,
● Paprika merah sedang: 37 kal, serta
● 20 kacang polong: 28 kal.
● Apel berukuran sedang: 95 kal,
● Pisang berukuran kecil: 90 kal,
● Dua buah kiwi: 84 kal,
● 20 wortel berukuran sedang: 70 kal,

Sebagai perbandingan, satu stik keju rendah lemak biasanya akan mengandung sekitar 60 kalori dan 4,5 gram lemak. Protein dan lemak memang bisa menekan nafsu makan, namun satu stik keju kurang memuaskan rasa lapar dibandingkan dengan 20 wortel.

2. Hummus

Hummus dikenal sebagai salah satu olahan kacang arab (chickpea) dengan sedikit biji wijen dan minyak zaitun. Cemilan sehat ini merupakan sumber protein yang baik. Meski mengandung lemak, namun sebagian besar jenis lemak dalam hummus merupakan lemak tak jenuh.

Kamu bisa memanfaatkan hummus sebagai dip sauce yang dimakan bersama dengan sayuran rendah kalori, seperti timun. Dua sendok makan makan hummus biasanya mempunyai sekitar 50 kalori dan 2,8 gram lemak. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kalori harianmu ketika menikmati hummus.

3. Chia Puding

Para penggemar puding tidak perlu cemas, kamu masih bisa mengkonsumsinya dengan tambahan biji chia. Biji chia merupakan makanan serat yang kaya akan serat. Jika kamu sedang diet sekalipun tetap dapat dimasukkan ke dalam menu dietmu, baik vegan maupun diet keto.

Biji chia sendiri termasuk sumber antioksidan yang membantu mengurangi peradangan serta meningkatkan kesehatan jantung.

Meski tidak mempunyai banyak rasa, biji-bijian ini tingkat kekentalannya sama seperti agar-agar ketika direndam.
Cemilan sehat ini juga cocok bagi kamu yang sedang menjalani diet penurun berat badan. Hal ini karena camilan puding ini mengandung kurang dari 200 kalori.

4. Telur Rebus

Meski mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi, telur rebus ternyata dapat dimanfaatkan sebagai camilan sehat untuk sehari-hari. Hal ini karena telur rebus dilengkapi dengan protein tinggi, vitamin K2, serta B12. Konsumsi telur rebus tentunya akan mengenyangkan perut dan mengurangi jumlah kalori yang akan dimakan sepanjang hari.

Dengan begitu, berat badan akan tetap terjaga. Selain itu kandungan asam amino dalam telur rebus juga berguna sekali untuk meningkatkan massa otot dan menjaga kesehatan tulang.

Kamu bisa mulai mengonsumsi telur rebus pada saat sarapan untuk mengawali hari dengan perut kenyang. Kalori telur rebus 1 butir mengandung sekitar 77 kalori dengan rincian nutrisi yaitu 3% karbohidrat, 64% lemak, dan 33% protein.

5. Buah Zaitun

Selain bisa diolah menjadi minyak yang baik bagi kesehatan, buah zaitun dapat jadikan sebagai camilan sehat. Jika kamu sedang diet, buah ini juga direkomendasikan sebagai cemilan. Sebab buah zaitun juga termasuk makanan pokok dalam diet Mediterania.

Umumnya, buah berwarna hijau ini tinggi akan lemak tidak jenuh yang menyehatkan jantung dan memberikan antioksidan berupa oleuropein. Kepadatan kalori dalam zaitun lumayan rendah sehingga bisa membantu menurunkan berat badan dengan sehat. Buah zaitun sendiri memiliki kandungan 115-145 kalori per 100 gram.

Nah, itu saja beberapa camilan sehat yang bisa kamu jadikan pilihan untuk dikonsumsi. Yuk biasakan nyemil sehat sekarang.

Sumber Referensi


dr Fadhli Rizal Makarim.2022.Rendah Kalori, Ini 5 Camilan Sehat untuk Diet [online] (https://www.halodoc.com/artikel/rendah-kalori-ini-5-camilan-sehat-untuk-diet di akses 28 Desember 2022)

Kelvin Halim SGz. 2022. 11 Camilan Sehat untuk Anda yang Sedang Diet [online] (https://jovee.id/11-camilan-sehat-untuk-anda-yang-sedang-diet/ di akses 28 Desember 2022)

Realfood. 2021. 20 Cemilan Sehat untuk Diet agar Tetap Turun Berat Badan [online](https://realfood.co.id/artikel/cemilan-sehat-untuk-diet-agar-tetap-turun-berat-badan di akses 28 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya