Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

5 Makanan Dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

25 July 2022

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Guava

2. Jeruk

3. Pepaya

4. Brokoli

5. Kembang kol

Ada banyak manfaat vitamin C. Vitamin yang juga dikenal dengan nama asam askorbat ini merupakan antioksidan terbaik bagi kekebalan tubuh. Sebagai vitamin esensial, sayangnya vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri padahal setidaknya tubuh membutuhkan 75 mg (untuk wanita) sampai 90 mg (pria) vitamin C setiap harinya. Cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan kamu akan vitamin ini adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin C. Namun perlu kamu ingat jika mengonsumsi vitamin ini dari bahan alami sangat dianjurkan dari pada suplemen. Pasalnya sejauh ini, suplemen dianjurkan hanya untuk kamu yang mengalami defisiensi nutrisi ini. Konsumsinya pun sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Ada banyak makanan yang dapat kamu konsumsi untuk memenunuhi kebutuhan tubuh akan vitamin ini. Kamu dapat menemukannnya baik dari buah-buahan maupun sayur-sayuran. Berikut lima diantaranya.

1. Guava

Salah satu buah yang dikenal kaya akan vitamin C adalah jambu biji atau guava. Dalam sebuah guava terkandung sekitar 125 miligram vitamin C. Jumlah tersebut setara dengan 140% dari angka kebutuhan vitamin C harian yang perlu dicukupi oleh tubuh kamu. Selain nikmat untuk disantap, ternyata buah yang berasal dari negara di Amerika Tengah seperti Meksiko dan Brazil tersebut juga kaya akan kandungan vitamin A, kalium, serat serta likopen. Itulah mengapa selain berperan sebagai antioksidan dalam melindungi tubuh, guava juga bermanfaat sebagai pelancar sistem pencernaan. Khasiat ini didapat dari kandungan serat yang tinggi pada guava sehingga dapat mencegah sembelit.

2. Jeruk

Satu buah jeruk mengandung kurang lebih 70 miligram vitamin C. Jumlah tersebut sudah mencukupi kebutuhan vitamin C per harinya. Tidak hanya sebagai sumber vitamin C, ternyata dalam satu buah jeruk juga mengandung vitamin B1, folat, potassium hingga terkenal akan kandungan air yang tinggi. Dalam satu buah jeruk mengandung sekitar 87 persen air. Untuk itu, jeruk juga dinilai efektif untuk mencegah dehidrasi. Bahkan jeruk juga bisa memperbaiki mood kamu yang sedang turun. Ini dikarenakan kandungan folat dalam jeruk. Folat berperan penting dalam pembentukan serotonin. Serotonin sendiri merupakan zat kimia di dalam otak yang berkaitan dengan perasaan senang. Jadi, tidak ada salahnya menjadikan jeruk sebagai camilan sehat. Selain aman, bisa meningkatkan mood dan energi kamu.

3. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang umum ditemukan di Indonesia. Satu mangkuk saji atau sekitar 150 gram buah pepaya mengandung sekitar 90 miligram vitamin C. Kamu bisa mengolahnya menjadi minuman seperti jus pepaya atau langsung dimakan utuh karena rasanya yang manis. Selain tinggi kandungan vitamin C, pepaya juga mengandung beragam nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, vitamin K, serat, kalsium, potasium, folat hingga magnesium. Itulah mengapa rutin mengkonsumsi pepaya selain dapat memperkuat daya tahan tubuh juga baik untuk melancarkan pencernaan.

4. Brokoli

Satu mangkuk brokoli yang sudah dipotong-potong mengandung 80 miligram vitamin C. Setelah dimasak, kandungan vitamin C dalam brokoli memang akan berkurang menjadi 50 miligram, tetapi angka ini masih menjadikan brokoli sebagai sumber vitamin C yang baik. Brokoli sebenarnya masih terkait dengan kembang kol dan kangkung. Meskipun tidak semua orang menyukai rasa sayuran ini, brokoli tetap dianjurkan untuk rutin dikonsumsi sebagai bagian dari menu harian. Ini dikarenakan brokoli mengandung aneka nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya vitamin C namun juga terdiri dari serat, protein, karbohidrat kompleks, kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zinc, zat besi, vitamin E dan vitamin K. Kamu bisa mengkonsumsi brokoli dengan cara dikukus, direbus, atau diolah menjadi masakan, seperti tumisan atau sebagai campuran sup.

5. Kembang kol

Sayuran yang mirip dengan brokoli ini juga merupakan sumber vitamin C, meskipun kadarnya tidak setinggi kandungan vitamin C dalam brokoli. Dalam semangkuk kembang kol mentah, terdapat sekitar 50 mg vitamin C. Tak hanya vitamin C, kembang kol juga mengandung banyak kolin, nutrisi penting dimana banyak orang kekurangan nutrisi ini. Kolin memainkan peran utama dalam menjaga integritas membran sel, mensintesis DNA dan membantu metabolisme. Kamu dapat menikmati kembang kol mentah dengan menambahkan saus sayuran atau dimasak dengan berbagai cara seperti dikukus dan ditumis. Selain harganya lebih murah dibanding brokoli, kembang kol juga biasanya lebih mudah didapatkan.

article

Artikel Terkait Lainnya