Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

5 Makanan Penambah Energi Pengusir Kantuk di Pagi Hari

25 July 2022

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Ikan Berlemak

2. Telur

3. Pisang

4. Alpukat

5. Oatmeal

Rasa kantuk bisa muncul kapan saja termasuk di pagi hari sekalipun kamu merasa sudah cukup tidur sebelumnya. Kondisi ini seringkali diawali dengan kelelahan disertai gejala sulit berkonsentrasi. Ketika kamu merasa lelah hingga cepat mengantuk sebaiknya jangan menjadikan minuman berenergi atau obat penambah stamina sebagai solusi. Jangan pula dibiarkan terus menerus agar produktivitasmu tak menurun. Sebaiknya perhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Mengapa? Karena tak bisa dipungkiri jenis dan jumlah makanan yang kamu konsumsi berperan penting menentukan tingkat energi dan kebugaranmu sepanjang hari. Meskipun semua jenis makanan dapat memberi energi, namun ada beberapa yang mengandung nutrisi lebih baik.

Apa saja? Berikut beberapa daftarnya.

1. Ikan Berlemak

Ikan termasuk makanan yang kaya akan protein, mineral, dan lemak sehat. Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya sangat dibutuhkan tubuh dan merupakan bagian penting dari membran sel manusia. Lemak ini tidak bisa dibuat oleh tubuh (lemak esensial) karenanya hanya bisa didapatkan dari makanan. Ikan seperti salmon, kembung, haring, sarden, dan tuna merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Meski kini suplemen asam lemak omega-3 banyak dijual namun disarankan untuk mengkonsumsinya langsung dari sumber alami. Kelak ada banyak manfaat yang kamu peroleh seperti mencegah penyakit jantung, mendukung kesehatan tulang, menjaga kesehatan mata hingga menjaga fungsi dan kesehatan otak.

2. Telur

Konsumsi telur baik telur rebus atau dalam olahan lainnya sangat baik untuk tubuh. Telur kaya akan protein, vitamin, karbohidrat, kalsium, kolin, fosfor, sodium hingga zat besi. Protein dalam telur membantu memperbaiki jaringan tubuh termasuk otot, tulang dan gigi membuatnya semakin kuat. Selain itu kandungan kedua vitaminnya merupakan sumber utama penjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin A bermanfaat untuk mata yang sehat, menjaga sistem imun dan memfasilitasi pertumbuhan sel di tubuh kamu. Begitupun dengan vitamin B-12 yang berperan penting membantu proses pembentukan DNA.

3. Pisang

Pisang kaya akan kandungan serat pektin yang diyakini sebagai nutrisi penting dalam mengatur kadar gula darah hingga mampu melawan kanker usus. Kandungan pisang lainnya yang baik untuk tubuh yaitu serat. Kandungan tersebut menjadikan pisang sebagai salah satu sumber serat alami yang baik dalam menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, pisang juga mengandung pati resisten yang dapat memberikan efek mengenyangkan ketika dikonsumsi.

4. Alpukat

Berdasarkan data Nutrient Database dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 40 gram alpukat mengandung setidaknya 64 kalori, 6 gram lemak, 3,4 gram karbohidrat, kurang dari 1 gram gula hingga 3 gram serat. Terdapat pula 20 vitamin dan mineral terkandung di dalamnya. Itulah mengapa alpukat dianggap sebagai superfood. Vitamin B yang terkandung di dalam alpukat, yakni tiamin (B1), riboflavin (B2), dan niasin (B3) membantu tubuh mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, kandungan lemak tersebut adalah lemak sehat yang baik untuk tubuh karena dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

5. Oatmeal

Oatmeal terbuat dari oat (Avena sativa) yang direbus bersama air atau susu. Oat merupakan salah satu biji-bijian tersehat di dunia karena bebas gluten dan mengandung beragam vitamin, mineral, serat serta kaya antioksidan. Kandungan serat dan air pada oatmeal yang melimpah sangat baik dalam mendorong pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Ini akan mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare atau sembelit. Menurut Melinda Johnson, MS, RD, pimpinan The Arizona Academy of Nutrition and Dietetics, yang dikutip situs Everyday Health, memakan oatmeal dapat meningkatkan energi sepanjang pagi dibanding sarapan hanya dengan roti tawar. Membuat kamu lebih fokus menjalani hari.

Tubuh yang lelah tentunya akan cepat lemas dan mengantuk. Pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi seimbang akan sangat berpengaruh pada kebugaran tubuhmu. Makanan di atas memang baik untuk menambah energi tubuh.

Namun, perlu kamu ingat kembali bahwa untuk mendapatkan tubuh yang prima, tentunya tidak cukup hanya dengan mengonsumsi kelimanya. Kamu tetap harus menerapkan pola makan sehat seimbang, rutin berolahraga, minum air putih sebanyak 1-2 liter per hari, cukup tidur dan tidak merokok.

article

Artikel Terkait Lainnya