Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Aneka Makanan Berprotein Tinggi untuk Menjaga Kesehatan

11 October 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Aneka Makanan Berprotein Tinggi untuk Menjaga Kesehatan

1. Dada Ayam

2. Telur

3. Ikan Salmon

4. Daging Sapi Tanpa Lemak

5. Kacang-Kacangan

6. Quinoa

7. Tahu dan Tempe

8. Kacang Lentil

9. Edamame

Penting untuk Diingat

Sumber Referensi

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi organ, jaringan, dan otot. Nutrisi ini berperan penting dalam pembentukan sel, hormon, enzim, serta mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. 

Lewat artikel ini, mari ketahui aneka makanan berprotein tinggi, baik hewani maupun nabati, yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Aneka Makanan Berprotein Tinggi untuk Menjaga Kesehatan

Berikut beberapa contoh makanan berprotein tinggi yang dapat Kamu pilih untuk dikonsumsi sehari-hari.

1. Dada Ayam

Dada ayam tanpa kulit adalah salah satu pilihan protein hewani yang rendah lemak dan tinggi protein. Dalam 100 gram dada ayam matang, terdapat sekitar 31 gram protein. Selain itu, ayam juga kaya akan vitamin B6 dan niacin, yang penting untuk proses metabolisme energi. Untuk menjaga kandungan nutrisinya, cara terbaik mengolah dada ayam adalah dengan memanggang, merebus, atau mengukusnya. 

2. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang paling mudah didapat dan sangat kaya nutrisi. Satu butir telur besar mengandung sekitar 6 gram protein berkualitas tinggi dan juga dilengkapi dengan vitamin, mineral, dan lemak sehat. Selain proteinnya, telur juga mengandung kolin, yang penting untuk kesehatan otak. Menjadikannya pilihan sempurna untuk sarapan atau sebagai camilan.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan laut yang tidak hanya tinggi protein, tetapi juga kaya akan asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak. Dalam 100 gram salmon, terdapat sekitar 25 gram protein. Kandungan asam lemak omega-3 dalam salmon membantu mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung

4. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak adalah alternatif sumber protein lainnya yang juga mengandung zat besi, zinc, dan vitamin B12. Dalam 100 gram daging sapi tanpa lemak, terdapat sekitar 26 gram protein. Zat besi dalam daging sapi sangat penting untuk membantu pembentukan sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

5. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, dan kacang kenari adalah sumber protein nabati yang sangat baik. Sebagai contoh, 100 gram almond mengandung sekitar 21 gram protein. Selain protein, kacang-kacangan juga kaya akan serat, lemak sehat, dan antioksidan, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Kamu bisa menambahkan kacang-kacangan ke dalam salad, yogurt, atau mengonsumsinya sebagai camilan sehat. Namun, penting untuk mengonsumsi kacang dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan karena kandungan kalori yang cukup tinggi.

6. Quinoa

Quinoa adalah biji-bijian yang sangat populer karena kandungan proteinnya yang tinggi. Dalam 100 gram quinoa matang, terdapat sekitar 4,4 gram protein. Quinoa juga termasuk ke dalam kategori protein lengkap, artinya mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Quinoa bisa digunakan sebagai pengganti nasi atau diolah menjadi berbagai hidangan seperti salad, sup, atau sebagai tambahan dalam menu sarapan.

7. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe adalah dua produk olahan kedelai yang kandungan proteinnya tidak boleh disepelekan. Dalam 100 gram tempe, terdapat sekitar 19 gram protein, sedangkan tahu mengandung sekitar 8 gram protein dalam porsi yang sama.

 Tahu dan tempe juga merupakan sumber yang baik untuk kalsium, zat besi, dan serat. Kedua bahan makanan ini sangat populer di Indonesia dan dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti tumis, goreng, atau sebagai campuran dalam salad

8. Kacang Lentil

Lentil adalah sejenis kacang polong yang mengandung protein nabati tinggi. Dalam 100 gram lentil matang, terdapat sekitar 9 gram protein. Lentil juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral, serta rendah lemak. 

Sehingga menjadi pilihan makanan yang baik buat kamu yang ingin menjaga berat badan atau meningkatkan kesehatan pencernaan. Lentil umumnya dikonsumsi dalam bentuk sup, salad, atau campuran hidangan lainnya

9. Edamame

Edamame, atau kacang kedelai muda, adalah makanan ringan yang populer di Asia. Dalam 100 gram edamame, terdapat sekitar 11 gram protein. Edamame juga kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin K, yang baik untuk kesehatan tulang. Edamame dapat dinikmati sebagai camilan, atau sebagai tambahan dalam salad, campuran dalam tumisan maupun bentuk hidangan lainnya.

Penting untuk Diingat

Kebutuhan jumlah protein harian setiap orang berbeda-beda dan tergantung dari banyak faktor. Mulai dari usia, jenis kelamin, berat badan, aktivitas fisik hingga massa otot. Penting untuk memenuhi kebutuhan protein setiap hari dan melengkapi asupan nutrisi lainnya seperti vitamin, mineral, serat, dan komponen penting lainnya agar tubuh berfungsi optimal.  

Jika merasa bingung atau ingin lebih spesifik, berkonsultasi dengan ahli gizi bisa menjadi solusi tepat. Tak ribet, sekarang Kamu bisa konsultasi dengan ahli gizi tanpa harus keluar rumah melalui aplikasi Kelas Fitness. Lebih praktis lagi, layanan ini tersedia dengan biaya terjangkau, jadi kamu bisa mendapatkan panduan nutrisi yang tepat tanpa harus khawatir soal harga.

Ahli gizi berpengalaman dari Kelas Fitness siap membantu menyusun rencana asupan nutrisi harian, termasuk kebutuhan protein yang sesuai dengan kondisi kesehatanmu. Dengan panduan yang personal dan terukur, mencapai tubuh sehat dan bugar jadi lebih mudah.

Chat CS & Unduh Sekarang.

Klik DISINI GRATIS di App Store maupun Play Store. 

Sumber Referensi

dr Kevin Adrian. 2024. 10 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi dan Jumlah Asupannya [Online] (https://www.alodokter.com/cermat-memilih-makanan-yang-mengandung-protein diakses 10 Oktober 2024)

Siloam Hospital. 2024. 9 Makanan Berprotein Tinggi untuk Menjaga Kesehatan Tubuh [Online] (https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/makanan-berprotein-tinggi diakses 10 Oktober 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya