Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

6 Peran Yoga dalam Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

22 November 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Lewat Relaksasi dan Manajemen Stres

Peningkatan Aktivitas Fisik

Penurunan Tekanan Darah

Melatih Cara Bernapas yang Benar

Manajemen Berat Badan yang Sehat

Mendorong Pola Hidup Sehat Secara Keseluruhan

Sumber Referensi

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Faktor gaya hidup, seperti kurangnya aktivitas fisik, pola makan tidak sehat, dan tingkat stres yang tinggi berpotensi besar meningkatkan risiko terkena penyakit ini. 

Namun ternyata berlatih yoga secara rutin berpengaruh dan memainkan peran penting dalam menurunkan risiko penyakit jantung. 

Lantas bagaimana peran yoga dalam menurunkan risiko penyakit jantung?

Lewat artikel ini akan dipaparkan bagaimana yoga dapat menjadi “alat” yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko atas penyakit ini.

Yuk disimak. Semoga bermanfaat.

Lewat Relaksasi dan Manajemen Stres

Yoga dikenal sebagai latihan yang mempromosikan relaksasi dan manajemen stres. Stres kronis dapat menjadi pemicu penyakit jantung, karena dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak sistem kardiovaskular. 

Saat berlatih yoga yin misalnya, kamu akan melibatkan pernapasan yang dalam, yang dikombinasikan dengan meditasi dan gerakan yang lembut. 

Hal ini akan membantu mengurangi tingkat stres, mengoptimalkan fungsi sistem saraf otonom, dan akhirnya mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Peningkatan Aktivitas Fisik

Beberapa jenis yoga, seperti vinyasa atau power yoga, melibatkan gerakan dinamis yang dapat meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan kebugaran kardiorespirasi. 

Meskipun yoga umumnya dianggap sebagai latihan dengan intensitas ringan atau hanya sekedar untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh saja. 

Namun melakukan yoga secara teratur dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan aktivitas fisik dan menjaga berat badan yang sehat. Dua faktor penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Penurunan Tekanan Darah

Banyak studi telah menunjukkan bahwa yoga dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. 

Gerakan dan pose yoga tertentu dapat merangsang sistem saraf parasimpatis, yang bertanggung jawab untuk merilekskan tubuh dan menurunkan tekanan darah. 

Praktik yoga yang teratur dapat membantu mengontrol tekanan darah dan meminimalkan risiko hipertensi.

Melatih Cara Bernapas yang Benar

Salah satu aspek utama yoga adalah fokus pada pernapasan yang benar dan tepat. 

Teknik pernapasan yang diterapkan dalam yoga, seperti pranayama, dapat meningkatkan kapasitas paru-paru, memperbaiki sirkulasi darah, dan mengoptimalkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh. 

Pernapasan yang baik merupakan faktor kunci dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Manajemen Berat Badan yang Sehat

Yoga dapat membantu dalam manajemen berat badan menjadi lebih sehat dan ideal, yang merupakan faktor penting dalam pencegahan penyakit jantung. 

Melalui latihan seperti yoga vinyasa maupun power yoga yang melibatkan pergerakan seluruh tubuh dan peningkatan kesadaran diri. Yoga dapat mendukung upayamu menjaga berat badan yang sehat. 

Diharapkan dengan menjaga berat badan yang sehat, kamu akan mendukung fungsi metabolisme tubuh yang pada akhirnya akan mengurangi beban pada jantung. 

Mendorong Pola Hidup Sehat Secara Keseluruhan

Praktek yoga umumnya mempromosikan pola hidup sehat secara keseluruhan. Dari pemilihan makanan hingga pola tidur yang teratur, yoga memberikan pemahaman yang mendalam tentang kesehatan secara holistik. 

Kombinasi antara gerakan fisik, pernapasan, dan meditasi dalam yoga dapat mendorong seseorang untuk mengadopsi gaya hidup yang mendukung kesehatan jantung.

Latihan yoga secara teratur diharapkan dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan memberikan manfaat jangka panjang untuk kamu yang berusaha untuk hidup dengan gaya hidup sehat. 

Oleh karena itu, memasukkan yoga ke dalam rutinitas harian dapat menjadi langkah penting menuju jantung yang lebih sehat.

Namun penting untuk diingat, berlatih yoga bukan satu-satunya cara yang bisa dilakukan. 

Jika kamu memiliki kondisi medis terkait kesehatan jantung atau mengalami gangguan kesehatan jantung yang parah, pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter professional sebelum mencoba melakukan yoga.

Sumber Referensi

Julie Corliss. 2923. Yoga: A Flexible Way to Enhance Heart Health [Online](https://www.health.harvard.edu/heart-health/yoga-a-flexible-way-to-enhance-heart-health diakses 18 November 2023).

Bethesda Health. 2022. Ways Yoga Positively Affects Heart Health [Online] (https://bethesdahealth.org/blog/2022/02/08/the-benefits-of-yoga-for-heart-health/ diakses 18 November 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya