Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Apa Saja Manfaat Donor Darah Secara Rutin? Yuk Ketahui, Dijamin Untung!

24 December 2022

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Kadar Ferritin

2. Menguji Kesehatan Tubuh

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

4. Menjaga Keseimbangan Jumlah Darah di Dalam Tubuh

5. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Syarat Donor Darah

Persiapan Sebelum Donor Darah

Sumber Referensi

Donor darah adalah tindakan mulia yang dilakukan seseorang dengan sukarela untuk membantu orang lain. Melakukan donor darah akan memberikan sumbangan darah sehingga bisa digunakan oleh orang lain yang membutuhkan. Baik itu untuk transfusi darah sebagai salah satu tindakan medis dalam pengobatan penyakit atau karena insiden kecelakaan.

Kamu dianjurkan melakukan donor darah secara rutin setiap tiga bulan sekali baik bagi laki-laki maupun perempuan. Ini karena secara umum sel darah merah mempunyai masa hidup selama kurang lebih 3 sampai 4 bulan. Lalu tubuh akan memproduksi sel darah baru secara berkelanjutan.

Tidak hanya akan memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat luas (keberlangsungan kehidupan manusia) melakukan donor darah juga punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuhmu jika teratur dilakukan.

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Tubuh

Adapun manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh mulai dari

1. Meningkatkan Kadar Ferritin

Ferritin adalah protein yang berfungsi untuk menyimpan zat besi di dalam tubuh. Donor darah dapat meningkatkan kadar ferritin karena proses pendonoran darah akan mengurangi jumlah darah yang ada di dalam tubuh, sehingga tubuh akan memproduksi ferritin baru untuk menggantikannya.

2. Menguji Kesehatan Tubuh

Sebelum proses pendonoran darah, akan dilakukan pemeriksaan terhadap darah yang akan didonorkan. Hal ini dapat membantu mengetahui apakah kamu memiliki penyakit atau tidak. Sehingga dapat diambil tindakan preventif sejak dini.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Proses donor darah akan mencegah terjadinya penyumbatan pada arteri. Penyumbatan arteri merupakan kondisi di mana arteri yang mengalirkan darah ke jantung, otak atau bagian tubuh lainnya terisi dengan plak atau bahan-bahan yang tidak seharusnya ada di sana.

Saat kamu donor darah, tubuh akan memproduksi sel-sel darah baru untuk menggantikan darah yang telah diambil. Sel-sel darah baru yang terproduksi ini dapat membantu mencegah penyumbatan arteri dengan memperlancar aliran darah di tubuh yang akan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

4. Menjaga Keseimbangan Jumlah Darah di Dalam Tubuh

Baik kekurangan mau kelebihan darah, keduanya sama-sama tak baik untuk kesehatan tubuh. Kelebihan darah dalam tubuh manusia berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal. Sebab darah yang berlebih di dalam tubuh akan meningkatkan beban kerja ginjal. Jika dibiarkan dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Berpotensi pula menyebabkan kamu mengalami gagal ginjal.

5. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Setelah proses pendonoran darah usai, tubuh akan memproduksi sel darah merah baru untuk mengganti darah yang hilang. Sel darah merah berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Syarat Donor Darah

Untuk menjadi pendonor darah, di Indonesia ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Antara lain:

  • Berusia antara 17 hingga 60 tahun
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak sedang mengalami penyakit atau memiliki riwayat penyakit yang dapat menular melalui darah (HIV/AIDS, Hepatitis B dan C, Sifilis, Malaria dan lainnya)
  • Tidak sedang mengalami infeksi saluran pernapasan atau demam
  • Tidak sedang mengalami masalah kesehatan yang lain, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau kehamilan
  • Tidak sedang mengonsumsi obat-obatan yang dapat mempengaruhi kemampuan untuk menjadi donor darah, seperti obat penurun darah atau obat-obatan lain yang diberikan secara intravena
  • Tidak sedang menjalani tindakan medis atau pembedahan
  • Tidak sedang mengalami kehilangan darah yang signifikan dalam waktu terakhir
  • Tidak sedang mengalami kehamilan atau menyusui

Persiapan Sebelum Donor Darah

Untuk memastikan bahwa proses donor darah berjalan lancar dan aman bagi kamu. Pertama pastikan terlebih dahulu jika kamu memenuhi syarat-syarat untuk menjadi donor darah, seperti yang sudah tertera di atas.

Lalu kamu juga bisa mempersiapkan 7 hal berikut sebelum melakukan donor darah. Mulai dari :

*Beristirahat yang cukup
*Makan makanan yang sehat dan bergizi
*Minum cukup air
*Bersihkan tangan
*Bawa dokumen yang diperlukan seperti KTP
*Tetap tenang dan rileks
*Hindari merokok dan minuman beralkohol:

Sumber Referensi


dr Kevin Adrian. 2022. Berbagai Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan [online] (https://www.alodokter.com/berbagai-manfaat-donor-darah-untuk-kesehatan di akses 22 Desember 2022)

dr Rizal Fadli. 2021. Harus Rutin Ini 4 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan [online] (https://www.halodoc.com/artikel/harus-rutin-ini-4-manfaat-donor-darah-untuk-kesehatan di akses 22 Desember 2022)

dr Rizal Fadli. 2022. Hal yang Perlu Dilakukan sebelum Donor Darah [online] (https://www.halodoc.com/artikel/8-hal-yang-perlu-dilakukan-sebelum-donor-darah di akses 22 Desember 2022)

Fajarina Nurin. 2021. Serba-serbi Donor Darah Prosedur Persyaratan dan Hal yang Harus Diperhatikan [online] (https://hellosehat.com/kelainan-darah/donor-darah/ di akses 22 Desember 2022)

Humas Fk UGM. 2022. Sehat Melalui Donor Darah [online] (https://fkkmk.ugm.ac.id/sehat-melalui-donordarah/#:~:text=Donor%20darah%20dianjurkan%20dilakukan%20secara,adalah%20hal%20yang%20paling%20utama di akses 24 Desember 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya