Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

5 Pose Yoga untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

29 September 2021

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Revolved Side Angle (Parivrtta Parsvokonasana)

2. Seated Spinal Twist Pose (Ardha Matsyendrasana)

3. Cobra Pose (Bhujangasana)

4. Seated Forward Bend Pose (Paschimottanasana)

5. Cat and Cow Pose (Marjaryasana-Bitilasana)

Sistem pencernaan merupakan salah satu bagian terpenting dalam tubuh manusia. Jika satu saja organ pencernaan terganggu maka penyerapan zat gizi yang dibutuhkan tubuh bisa terhambat. Ini akan mengganggu proses metabolisme tubuh. Untuk diketahui, organ tubuh yang termasuk dalam sistem pencernaan manusia yaitu mulut, kerongkongan (esofagus), lambung, pankreas, usus halus, usus besar, rektum dan anus. Tanpa sistem pencernaan yang baik, tubuh jadi rentan terhadap penyakit. Itulah kenapa penting sekali menjaga sistem pencernaan tubuh. Salah satu cara sederhana yang paling sering dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya serat.

Namun sekarang berlatih yoga juga direkomendasikan untuk menjaga kesehatan system perncernaan. Ini karena beberapa gerakan yoga memberikan efek 'pijat' pada organ pencernaan yang secara alami bisa meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Efek pijat terjadi melalui gerakan memutar, meregangkan hingga melipat anggota tubuh. Nah, beberapa gerakan yoga sederhana di bawah ini bisa kamu coba. Gerakan-gerakannya tergolong sederhana jadi bisa dipelajari dengan mudah sekalipun masih pemula.

1. Revolved Side Angle (Parivrtta Parsvokonasana)

Pose ini dilakukan dengan menyerasikan tubuh mulai dari panggul, bahu, kaki hingga punggung, Jika dilakukan dengan rutin, revolved side angle dapat membantu melemaskan perut dan merangsang system pencernaan sehingga tubuh jadi lebih relax. Jika dikombinasikan dengan pose lain, revolved side angle juga efektif untuk menghilangkan kelebihan lemak di perut.

Untuk melakukannya, mulailah dengan posisi low lunge dengan meletakkan kaki kanan maju ke depan. Putar tumit belakang kaki kiri ke bawah. Rentangkan lengan kanan ke atas dan pastikan pandangan ke atas (bisa difokuskan kea rah ibu jari). Lalu tarik tulang belikat bahu ke bawah. Busungkan dada ke arah atas (menghadap langit-langit).

2. Seated Spinal Twist Pose (Ardha Matsyendrasana)

Kamu tak butuh peralatan apapun saat mencoba pose ini. Mulailah duduk dan jaga pola pernapasanmu. Selain meningkatkan kelenturan pada tulang belakang, pose ini juga dapat membantu menstimulasi system pencernaan kamu hingga memperbaiki aliran darah ke organ-organ vital tubuh.

Untuk melakukannya, duduklah di atas matras dan luruskan kedua kaki. Lalu tekuk lutut kanan dan biarkan kaki kiri tetap lurus. Letakkan tumit kiri di bawah otot bokong kanan lalu putar tubuhmu ke kanan. Letakkan tangan kanan di belakang tubuh dan dekapkan lengan kiri ke kaki kanan. Tarik napas dan panjangkan tulang belakang, lalu hembuskan. Gunakan lengan menekan pada paha.

3. Cobra Pose (Bhujangasana)

Disebut Cobra Pose karena posturnya ketika dilakukan seperti mencerminkan seekor kobra dengan kepala yang terangkat. Pose ini dianggap dapat membantu memperbaiki pencernaan karena gerakannya akan memberi waktu bagi otot perutmu untuk tertarik dan meregang secara bergantian. Tidak hanya bekerja secara spesifik pada area perut, cobra pose juga membuat hampir seluruh tubuh kamu bekerja mulai dari tubuh bagian tengah, bahu, dada, bokong, lengan hingga punggung. Jadi juga bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kelelahan tubuh.

Untuk melakukannya, mulailah dengan berbaring di atas perut dan buka kaki selebar bahu lalu letakkan kedua telapan tangan di bawah bahu. Tekan bagian atas kaki dan kedua telapak tangan ke lantai. Lalu angkat dada ke atas. Tahan agar siku tetap lurus. Kemudian tahan selama 10 detik dan tetaplah melihat ke atas. Perlahan kembali lagi ke posisi awal.

4. Seated Forward Bend Pose (Paschimottanasana)

Paschimottanasana juga merupakan pose yang dapat membantu kamu memperbaiki pencernaan dan menguatkan perut dan dinding usus. Tidak hanya itu, pose ini juga membuat tubuhmu lebih lentur karena memberikan peregangan yang cukup untuk seluruh tubuh terutama tubuh bagian belakang.

Untuk melakukannya, duduklah di atas matras dan luruskan kedua kaki ke depan. Tarik nafas sambil mengangkat tangan ke atas. Lalu secara bersamaan buang napas dan tekuk punggung ke depan secara perlahan hingga mendekati kaki. Berusahalah agar ujung tangan kamu bisa menyentuh telapak kaki. Tahan posisi ini selama 30 detik.

5. Cat and Cow Pose (Marjaryasana-Bitilasana)

Biasanya Cat & Cow Pose dilakukan sebagai gerakan pemanasan untuk mempersiapkan posisi yang lebih advance dalam beryoga. Pose ini banyak melibatkan otot bagian perut dan punggung. Inilah alasan mengapa dapat meningkatkan fleksibilitas pada tulang belakang sekaligus menguatkan bagian perut.

Untuk melakukannya, ambil posisi merangkak dengan meletakkan kedua telapak tangan dan lutut di atas matras. Buka lutut sejajar pinggul dan pastikan ujung jari kaki menekan lantai. Lalu secara bersamaan tarik napas dan tekuk punggung hingga seperti sapi. Tahan selama 5-10 detik. Kemudian secara bersamaan pula buang napas dan tekuk punggung ke atas seperti kucing. Tahan selama 5-10 detik.

Perlu di ingat jika kelima pose di atas tidak disarankan jika kamu menderita tekanan darah tinggi atau darah rendah. Begitupun dengan kamu yang memiliki riwayat sakit pada lutut, pergelangan kaki, atau leher. Termasuk jika kamu sedang hamil lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

article

Artikel Terkait Lainnya