Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Yoga untuk Sembelit : 5 Gerakan yang Patut Dicoba

05 June 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Bagaimana Cara Yoga Meredakan Sembelit?

Gerakan Yoga Untuk Sembelit

1. Paschimottanasana (Seated Forward Bend)

2. Pavanamuktasana (Wind-Relieving Pose)

3. Balasana (Child’s Pose)

4. Ardha Matsyendrasana (Half Spinal Twist)

5. Supta Matsyendrasana (Supine Twist)

Tips untuk Mengoptimalkan Yoga dalam Meredakan Sembelit

Sumber Referensi

Sembelit adalah masalah umum yang dapat mempengaruhi siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa. Sembelit seringkali menimbulkan rasa ketidaknyamanan yang bisa jadi disebabkan oleh pola makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik hingga ketidakmampuan mengelola stress dengan bijak. 

Meskipun ada banyak solusi medis yang tersedia untuk mengatasi sembelit, ternyata mempraktikkan beberapa gerakan yoga dapat menjadi cara alami untuk meredakan sembelit

Lewat artikel ini, akan dipaparkan alasan benarkah yoga efektif untuk sembelit serta berbagai gerakan yoga yang dapat membantu meredakan sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Bagaimana Cara Yoga Meredakan Sembelit?

Yoga tidak hanya bermanfaat untuk membugarkan tubuh dan merilekskan pikiran, tetapi juga dapat membantu merawat sistem pencernaan. Beberapa gerakan yoga diyakini dapat meningkatkan aliran darah ke organ pencernaan, merangsang peristaltik usus, dan membantu meredakan stress atau tegang otot, yang sering kali menjadi penyebab sembelit. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa yoga efektif untuk mengatasi sembelit.

  • Lewat Peningkatan Sirkulasi Darah: Gerakan yoga tertentu dapat membantu meningkatkan aliran darah ke area perut, yang jika dipraktikkan secara rutin dapat merangsang organ pencernaan, merangsang gerakan peristaltik usus dan meningkatkan fungsinya.
  • Lewat Manajemen Stres dan Kecemasan: Stres dapat memperlambat proses pencernaan. Yoga mempraktikkan Pranayama (teknik pernapasan yang dalam dan perlahan) yang membantu menenangkan sistem saraf. Relaksasi ini dapat membantu meredakan sembelit yang disebabkan oleh stres.
  • Lewat Penguatan Otot di Area Perut: Beberapa posisi yoga dapat membantu memperkuat otot-otot perut, yang dapat membantu dalam gerakan usus yang lebih efisien.

Gerakan Yoga Untuk Sembelit

Lantas apa saja kelima pose tersebut? Yuk disimak, semoga bermanfaat. Yuk disimak, semoga bermanfaat.

1. Paschimottanasana (Seated Forward Bend)

Paschimottanasana adalah gerakan yang melibatkan peregangan punggung bagian bawah dan pemanjangan hamstring. Saat kamu menekuk tubuh, maka perut akan menyentuh quadriceps, memberi efek pijat pada perut, yang dapat membantu merangsang organ pencernaan.

Cara Melakukan Paschimottanasana

  1. Duduk dengan kaki lurus ke depan.
  2. Tarik napas dalam-dalam, angkat tangan ke atas.
  3. Hembuskan napas secara perlahan dan dalam lalu bungkukkan tubuh ke depan dari pinggul, bukan dari pinggang.
  4. Usahakan untuk menjaga punggung tetap lurus
  5. Cobalah untuk meraih dan memegang kaki, pergelangan kaki, atau jari-jari kaki dengan tangan.
  6. Jika tidak dapat mencapainya, peganglah bagian terjauh yang bisa kamu capai tanpa memaksakan tubuh.
  7. Tahan posisi ini sejenak sebelum berpindah ke gerakan selanjutnya.

2. Pavanamuktasana (Wind-Relieving Pose)

Saat melakukan Pavanamuktasana maka kamu akan menarik lutut ke arah dada, tekanan yang diberikan pada perut akan merangsang organ pencernaan seperti usus besar. Membantu melepaskan gas yang mungkin terjebak dalam usus, yang sering kali menjadi penyebab sembelit. 

Cara Melakukan Pavanamuktasana.

  1. Berbaring telentang dengan kedua kaki lurus.
  2. Tarik kedua lutut ke arah dada, Lalu pegang dengan kedua tangan dan tekan lembut ke arah dada.
  3. Jika memungkinkan kamu dapat mengangkat kepala dan menyentuh hidung atau dahi ke lutut.
  4. Tahan posisi ini sejenak sebelum berpindah ke gerakan selanjutnya.

3. Balasana (Child’s Pose)

Saat mempraktikkan Balasana, tubuh akan membungkuk ke depan dengan perut yang menyentuh quadriceps, memberikan tekanan ringan pada perut. Tekanan ini dianggap seperti memberi efek pijat pada area perut yang dapat membantu merangsang dan meningkatkan aliran darah ke organ pencernaan.

Cara Melakukan Balasana.

  1. Berlutut di atas matras, duduk di atas tumit.
  2. Bungkukkan tubuh ke depan sehingga dahi menyentuh lantai.
  3. Rentangkan tangan ke depan atau letakkan di samping tubuh.
  4. Tahan posisi ini sejenak sebelum berpindah ke gerakan selanjutnya.

4. Ardha Matsyendrasana (Half Spinal Twist)

Gerakan memutar dalam Ardha Matsyendrasana akan memberikan pijatan ringan pada organ-organ internal seperti usus besar, hati, dan pankreas. Pijatan ini membantu meningkatkan aliran darah dan stimulasi ke organ-organ tersebut, yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

Cara Melakukan Ardha Matsyendrasana.

  1. Duduk dengan kaki lurus ke depan.
  2. Tekuk satu lutut dan letakkan kaki di luar lutut yang berlawanan.
  3. Putar tubuh ke arah kaki yang ditekuk, dengan tangan berlawanan memegang lutut yang ditekuk.
  4. Tahan posisi ini sejenak sebelum berpindah ke sisi yang lainnya.

5. Supta Matsyendrasana (Supine Twist)

Gerakan yoga untuk sembelit selanjutnya adalah Supta Matsyendrasana. Saat melakukan pose ini maka kamu akan memutar tubuh, putaran ini akan memberikan pijatan ringan pada organ-organ internal, termasuk usus besar, hati, dan pankreas. Meningkatkan sirkulasinya. Sirkulasi yang baik penting untuk merawat kesehatan organ pencernaan secara keseluruhan. 

Cara Melakukan Supta Matsyendrasana.

  1. Berbaring telentang dengan kedua kaki lurus.
  2. Tarik satu lutut ke arah dada, lalu putar lutut tersebut ke arah berlawanan, sambil menjaga bahu tetap menyentuh matras (tidak ikut terangkat).
  3. Tahan posisi ini sejenak sebelum berpindah ke sisi yang lainnya.

Tips untuk Mengoptimalkan Yoga dalam Meredakan Sembelit

Mengoptimalkan yoga untuk meredakan sembelit memerlukan kombinasi dari beragam hal termasuk penerapan gaya hidup yang sehat. 

Nah, agar latihan yoga kamu makin optimal, penggunaan matras sebaiknya jangan sembarangan, demi keamanan dan kenyamanan kamu selama beryoga. 

Jika kamu sedang mencari matras yoga, jadikan NIRVANA STORE sebagai pilihan utama dalam memenuhi semua kebutuhan yoga. Semua tersedia mulai dari matras yoga premium, yoga block, yoga strap dan perlengkapan yoga lainnya. 

Rasakan perbedaannya, buktikan sendiri dengan belanja sekarang hanya di NIRVANA STORE!

Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu mengoptimalkan yoga dalam meredakan sembelit.

  • Praktikkan gerakan yoga secara teratur karena konsistensi adalah kunci. Jika memungkinkan luangkan waktu untuk beryoga setiap hari, terutama di pagi hari saat perut masih kosong.
  • Fokus pada teknik pernapasan karena pernapasan yang tepat memainkan peran penting dalam efektivitas yoga dalam meredakan sembelit. Bernapas dengan tenang dan dalam membantu merilekskan tubuh dan memperbaiki aliran energi ke organ pencernaan.
  • Perubahan pola makan dapat mendukung efek positif dari yoga dalam mengatasi sembelit. Konsumsilah makanan kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Hindari makanan yang dapat menyebabkan sembelit, seperti makanan olahan berlemak dan rendah serat.
  • Pastikan kamu cukup terhidrasi dengan minum banyak air setiap hari. Air membantu melunakkan tinja sehingga proses pencernaan jadi lancar.
  • Selain yoga, tetaplah aktif dengan berjalan kaki, berenang, atau melakukan olahraga ringan lainnya. Aktivitas fisik membantu merangsang pergerakan usus dan meningkatkan aliran darah ke organ pencernaan.
  • Kurangi stres karena stres dapat memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan sembelit. Latihan pernapasan yang terintegrasi dalam yoga dapat membantu menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh.
  • Jika kamu memiliki kondisi kesehatan atau sedang dalam pengobatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum memulai program yoga atau membuat perubahan signifikan dalam gaya hidup.

Sumber Referensi

Caitlin Boyle. 2023. Smooth Moves: Yoga Poses for Constipation [Online] (https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/yoga-for-constipation#takeaway diakses 5 Juni 2024)

Jenna Fletcher. 2023. 8 yoga poses to relieve constipation [Online] (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327086 diakses 5 Juni 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya