Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

5 Manfaat Yoga Khusus untuk Pria

15 April 2024

oleh I Made Dwi Kardiasa

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

5 Manfaat Yoga Khusus untuk Pria

1. Meningkatkan Fleksibilitas dan Mobilitas

2. Membangun Kekuatan dan Ketahanan Tubuh

3. Mengelola Stres dan Kecemasan

4. Meningkatkan Postur Tubuh

5. Meningkatkan Koneksi dengan Tubuh

Sumber Referensi

Yoga telah lama dikenal sebagai latihan yang memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh dan pikiran. 

Biasanya, ketika pria dari segala usia memutuskan untuk menjadi lebih bugar dan menjaga fisik mereka. 

Langkah pertama yang umum dilakukan adalah mendaftar keanggotaan gym, menentukan rute lari, atau membuat rencana untuk olahraga malam. 

Berbaring di atas matras yoga dan berlatih yoga, hampir tidak pernah terlintas dalam pikiran mereka. Sesi yoga seringnya disebut sebagai olahraga terbaik untuk wanita, tetapi diabaikan oleh para pria. 

Padahal tidak demikian, yoga adalah latihan yang tidak pernah memandang gender dan usia, alias bisa untuk semua orang.  Itulah mengapa anggapan seperti ini perlu lekas diakhiri.

Meskipun sering kali dianggap sebagai aktivitas yang lebih umum dilakukan oleh wanita, yoga sebenarnya memiliki banyak “manfaat khusus” yang relevan bagi pria. 

5 Manfaat Yoga Khusus untuk Pria

Lantas apa saja “manfaat khusus” tersebut? 

Simak selengkapnya lewat artikel berikut. Semoga bermanfaat.

1. Meningkatkan Fleksibilitas dan Mobilitas

Pria yang terlibat dalam aktivitas fisik yang intens sering kali memiliki otot yang kaku dan kurang fleksibel. 

Yoga menawarkan serangkaian gerakan yang dirancang khusus untuk merenggangkan otot-otot tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan memperluas rentang gerak. 

Ini bukan hanya penting untuk mencegah cedera selama beraktivitas. Tetapi juga untuk meningkatkan kinerja atletik secara keseluruhan.

2. Membangun Kekuatan dan Ketahanan Tubuh

Meskipun sering dikaitkan dengan fleksibilitas, yoga juga melibatkan banyak pose yang membutuhkan kekuatan fisik, terutama kekuatan inti, lengan, dan kaki

Latihan yoga secara teratur terutama terkait yoga inversion, dapat membantu pria memperkuat otot-otot tubuh mereka secara keseluruhan dan meningkatkan ketahanan fisik. Sekaligus memberikan dasar yang kuat untuk aktivitas fisik lainnya.

3. Mengelola Stres dan Kecemasan

Meski pria jarang menangis, namun bukan berarti pria tidak pernah stress atau mengalami rasa cemas. 

Pria seringkali mengalami stres yang tinggi akibat tekanan dari pekerjaan, hubungan, atau kehidupan sehari-hari. 

Yoga menawarkan diri sebagai solusi yang efektif untuk mengelola stres dan kecemasan melalui kombinasi gerakan fisik, pernapasan yang dalam, dan meditasi. 

Berlatih yoga secara teratur dapat membantu menenangkan pikiran, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kemampuan untuk menghadapi tantangan dengan tenang.

4. Meningkatkan Postur Tubuh

Banyak pria mengalami masalah postur tubuh akibat waktu yang dihabiskan di depan komputer atau dalam posisi duduk yang tidak ergonomis. 

Yoga dapat membantu memperbaiki postur tubuh dengan merenggangkan otot-otot yang tegang dan memperkuat otot-otot yang melemah. 

Dengan meningkatkan postur tubuh, pria dapat mengurangi risiko cedera dan nyeri punggung serta meningkatkan penampilan fisik mereka.

5. Meningkatkan Koneksi dengan Tubuh

Latihan yoga akan mengajarkan pria untuk mendengarkan tubuh mereka dengan lebih baik. Sekaligus melatih pria untuk memahami sensasi fisik yang muncul selama latihan. 

Melalui latihan pernapasan dan peregangan, pria dapat mengembangkan kesadaran tubuh yang lebih dalam dan meresponsnya dengan cara yang sehat dan positif. 

Ini dapat membantu meningkatkan koneksi antara tubuh dan pikiran, serta meningkatkan kesadaran diri secara keseluruhan.

Demikianlah 5 manfaat yoga khusus untuk pria, sangat beragam bukan? 

Diharapkan dengan memasukkan yoga ke dalam rutinitas kesehatan mereka setiap harinya, para pria dapat meningkatkan kesehatan fisik, mengelola stres dengan lebih efektif, dan mencapai keseimbangan hidup yang lebih baik secara keseluruhan. 

Dengan manfaat yang begitu banyak, tidak mengherankan bahwa yoga semakin populer di kalangan pria di seluruh dunia. 

Bahkan banyak aktor Hollywood rutin berlatih yoga sebagai bagian dari gaya hidup sehat mereka. Beberapa di antaranya seperti Matthew McConaughey, Jeremy Piven, Russell Brand hingga penyanyi kenamaan Adam Levine.

Untuk mendukung konsistensi praktik yoga kamu, penting untuk memiliki alat yoga yang dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan selama latihan.

Matras yoga adalah alat yang paling dasar dan penting dalam praktik yoga. Pastikan kamu memilih matras yang cukup tebal dan tahan lama untuk mendukung kenyamanan dan keamanan selama latihan.

Jika belum punya matras yoga, miliki segera dengan belanja sekarang di Nirvana Store.

Dijamin lebih praktis dan hemat karena barang lengkap, banyak potongan harga hingga tersedia promo cicilan 0%.

Sumber Referensi

Ajeng Quamila. 2020. Tidak Hanya Wanita, Inilah 7 Manfaat Yoga untuk Pria [online] (https://hellosehat.com/kebugaran/kelenturan/manfaat-yoga-untuk-pria/ diakses 15 April 2024)

Alexa Erickson. 2024. 23 Celebrities Who Swear By Yoga [online] (https://youaligned.com/yoga/22-celebrities-yoga-fanatics/ diakses 15 April 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya