Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Beragam Manfaat Serat bagi Kesehatan Tubuh

04 March 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Membantu Mencegah konstipasi

2. Memaksimalkan Penyerapan Nutrisi dari Makanan

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

4. Menjaga Berat Badan Ideal

5. Menjaga Kadar Gula Darah Normal

Pilihan Makanan yang Berserat Tinggi

Sumber Referensi

Ada banyak sekali manfaat serat untuk kesehatan, mulai dari mencegah konstipasi sampai diabetes. Nutrisi ini bisa kamu temukan dengan mudah dalam berbagai jenis makanan nabati, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, oatmeal, sayuran, buah-buahan serta sereal.

Serat merupakan salah satu jenis karbohidrat kompleks yang tidak bisa dipecah menjadi molekul gula oleh tubuh. Manfaat serat untuk kesehatan bisa diperoleh secara maksimal hanya dengan mengkonsumsi 25–35 gram serat per harinya.

Berikut ini sudah ada beberapa manfaat serat untuk kesehatan tubuh.

1. Membantu Mencegah konstipasi

Manfaat serat pertama, mampu mencegah dan mengatasi konstipasi atau sembelit Serat memang bisa melancarkan proses pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar. Dengan begini, tinja yang dihasilkan jauh lebih lembut dan besar, sehingga buang air besar akan semakin lancar.

2. Memaksimalkan Penyerapan Nutrisi dari Makanan

Serat juga bisa memaksimalkan penyerapan nutrisi lainnya yang berasal dari makanan, khususnya nutrisi. Salah satunya seperti kalsium, yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Serat mampu memelihara mikroba yang ada di dalam usus. Selain bisa membantu proses pencernaan makanan, mikroba ini juga dapat memecah serat menjadi asam yang tugasnya merangsang aktivitas sel imun. Dengan begini, daya tahan tubuh jauh lebih kuat untuk bisa melawan berbagai macam penyakit.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat serat untuk kesehatan selanjutnya yaitu menjaga berat badan ideal, sehingga bisa mencegah obesitas maupun diabetes. Kedua kondisi ini dapat muncul akibat kelebihan asupan kalori dari makanan maupun minuman.
Alasannya karena serat bisa mengembangkan serta menggumpalkan makanan yang ada di dalam lambung, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih cepat dan rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Hal ini tentunya dapat mencegah kamu makan secara berlebihan.

5. Menjaga Kadar Gula Darah Normal

Serat juga dapat memperlambat proses pencernaan makanan sehingga kadar gula darah tidak melonjak naik, khususnya setelah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Manfaat dari serat ini sangat baik bagi penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Pilihan Makanan yang Berserat Tinggi

Umumnya, serat terbagi menjadi dua jenis, yakni serat larut dan serat tidak larut. Keduanya sebenarnya memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan tubuh.

● Serat larut merupakan salah satu jenis serat yang dapat larut di dalam air. Setelah bercampur dengan air, serat akan berubah menjadi gel sehingga dapat menimbulkan rasa kenyang. Serat larut banyak sekali terkandung dalam buncis, brokoli, apel, jeruk, wortel, kacang polong, dan barley.

● Sedangkan, serat tidak larut merupakan jenis serat yang tidak bisa larut dalam air. Serat jenis ini mampu merangsang gerakan usus serta melancarkan pencernaan. Serat tidak larut bisa diperoleh dari bubuk gandum, kacang pohon, kembang kol, mentimun, tomat, bacang, tepung gandum utuh, maupun kentang.

Agar jauh lebih praktis, kamu bisa mendapatkan asupan serat yang cukup setiap hari hanya dengan mengkonsumsi sereal kemasan. Hal ini karena penyajiannya lebih mudah dan cepat, sereal kemasan juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi ketika sarapan atau di sela-sela waktu kerja yang padat.

Saat ingin mengkonsumsi sereal instan, maka pilihlah sereal dengan kredibilitas yang baik dan dilengkapi nutrisi lengkap, contohnya saja seperti sereal instan yang mengandung susu, telur, serta berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Jadi, sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi serat setiap hari. Cukupilah asupan serat kamu hanya dengan mengkonsumsi makanan berserat alami dan sereal kemasan yang telah diperkaya dari berbagai macam nutrisi.

Tidak hanya baik untuk menambah nutrisi dan energi, namun sebagian besar riset juga telah menunjukkan bahwa asupan serat melalui sereal secara rutin bisa memberikan manfaat yang telah disebutkan di atas. Khususnya, dalam mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular maupun kanker.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait manfaat serat untuk kesehatan atau jumlah asupan serat yang diperlukan setiap hari, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, apalagi jika mempunyai kondisi medis tertentu.

Sumber Referensi


Diah Ayu Lestari. 2023. Serat [Online] (https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-serat/ di akses 1 Maret 2023)

dr Theresia Rina Yunita. 2021. Berbagai Manfaat Serat bagi Kesehatan Tubuh [Online] (https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/berbagai-manfaat-serat-bagi-kesehatan-tubuh di akses 1 Maret 2023)

Dina Rahmawati. 2023. 7 Manfaat Serat untuk Kesehatan dan Sumber Makanannya [Online] (https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-serat di akses 1 Maret 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya