Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

5 Manfaat Yoga untuk Pesepeda

11 May 2024

oleh I Made Dwi Kardiasa

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Mengapa Pesepeda Membutuhkan Yoga?

5 Manfaat Yoga untuk Pesepeda

1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

2. Membangun Kekuatan Inti

3. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

4. Merawat Postur Tubuh

5. Membantu Mengelola Stres dan Kecemasan

Sumber Referensi

Penikmat olahraga sepeda sepertinya layak untuk turut menjajal yoga sebagai salah satu rutinitas Latihan sehari-hari. Bukan tanpa alasan, mengutip laman One Peleton, yoga dan bersepeda mungkin tidak terlihat seperti kombinasi yang pas, tetapi dua hal ini benar-benar merupakan simbiosis mutualisme yang menguntungkan. 

Mengapa Pesepeda Membutuhkan Yoga?

Jika kamu seorang pesepeda, bisa jadi mungkin akan berpikir bahwa bersepeda adalah olahraga yang paling sempurna di dunia. Tidak hanya bagus untuk membangun kekuatan dan daya tahan namun juga meningkatkan kebugaran tubuh melalui aktivitas yang tidak terlalu berat. 

Selain itu, bersepeda juga dianggap lebih bervariasi sebab dengan bersepeda, kamu tidak terjebak dalam ruangan yang sama berjam-jam atau posisi yang sama untuk waktu yang lama. Namun perlu disadari bahwa gerakan mengayuh yang berulang-ulang itu dapat menyebabkan otot-otot di area tertentu menjadi tegang sehingga membuat kamu lebih rentan cedera

5 Manfaat Yoga untuk Pesepeda

Disinilah yoga menjadi Latihan yang sangat bermanfaat untuk para pesepeda. Lewat artikel ini, kita akan membahas lima manfaat utama yoga bagi para pesepeda, yang mencakup tidak hanya kekuatan fisik tetapi juga keseimbangan mental.

1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Pesepeda seringkali berada dalam posisi tubuh yang sama selama berjam-jam di atas sepeda. Ini dapat menyebabkan kekakuan otot dan sendi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko cedera. Yoga membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dengan memperpanjang otot-otot yang sering kali tegang karena posisi bersepeda. 

Gerakan-gerakan yoga seperti downward facing dog akan memberi peregangan pada hamstrings, punggung, dan tangan. Bagus untuk membantu melepaskan ketegangan dan meningkatkan rentang gerak, sehingga mengurangi risiko cedera bagi para pesepeda.

2. Membangun Kekuatan Inti

Inti yang kuat adalah kunci untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas saat bersepeda. Yoga menekankan pada penggunaan otot inti untuk mendukung postur tubuh yang baik dan efisiensi gerakan. 

Gerakan-gerakan seperti plank, pose cat and cow, dan navasana dikenal bagus untuk membantu memperkuat otot-otot inti secara menyeluruh, yang dapat membantu para pesepeda menghasilkan tenaga yang lebih besar dan menjaga keseimbangan saat menghadapi medan yang berat.

3. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Bersepeda, terutama di jalur yang menantang, membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Yoga membantu meningkatkan kemampuan ini lewat teknik pernapasan yang dalam dan teratur yang menenangkan. 

Latihan meditasi singkat yang teratur juga dapat membantu para pesepeda mengelola rasa stres dan kecemasan yang terkait dengan persaingan atau tantangan bersepeda, tentu sambil meningkatkan ketajaman dan konsentrasi selama perjalanan.

4. Merawat Postur Tubuh

Posisi tubuh yang melengkung ke depan (rounding) saat bersepeda dapat menyebabkan ketegangan otot dan ketidakseimbangan pada postur tubuh. Jika dibiarkan dapat mengakibatkan postur tubuh mejadi buruk hingga mengalami cedera. Yoga dapat membantu “menyadarkan” para pesepeda tentang postur tubuh yang benar dan meningkatkan kesadaran tubuh mereka. 

Melalui latihan yoga, pesepeda dapat memperbaiki postur mereka dengan memperpanjang tulang belakang, mengangkat dan membuka dada (open chest) dan menjaga bahu agar tetap rileks. Ini tidak hanya membantu mencegah cedera, tetapi juga meningkatkan efisiensi gerakan dan mengurangi kelelahan.

5. Membantu Mengelola Stres dan Kecemasan

Bersepeda adalah cara yang baik untuk menghilangkan stres, tetapi pada saat yang sama, bisa saja ada persaingan dan tekanan saat bersepeda, seperti mendapatkan posisi pertama atau hal lainnya yang bersifat kompetitif. 

Tentu hal ini dapat meningkatkan tingkat stres dan kecemasan. Yoga menjadi salah satu solusi untuk mengelola stres dan kecemasan dengan mengajarkan teknik pernapasan yang dalam, perlahan dan teratur. 

Praktik yoga yang dilakukan secara teratur dapat membantu para pesepeda mengelola tekanan yang terkait dengan latihan, kompetisi, atau tuntutan lain dalam hidup mereka, sehingga meningkatkan kesehatan mental dan emosional secara keseluruhan.

Jadi, tunggu apalagi, mulailah menjadikan yoga sebagai bagian dari rutinitas latihan kamu sehari-hari sebagai pesepeda dan rasakan perubahan positif yang membawa kamu ke tingkat lebih baik dalam bersepeda. 

Untuk pesepeda yang baru mau memulai rutinitas latihan yoga, disarankan sebelum memulai latihan dan mempraktikkannya di bawah pengawasan instruktur yoga profesional.

Selain itu jangan ragu untuk menggunakan alat bantu yoga seperti yoga block atau yoga strap jika diperlukan.

Jika belum punya alat bantu yoga, lengkapi dengan belanja sekarang di Nirvana Store.

Dijamin lebih praktis dan hemat karena barang lengkap, banyak potongan harga hingga tersedia promo cicilan 0%. 

Sumber Referensi

Molly Hurford. 2024. The 15-Minute Morning Yoga Routine I’ve Practiced Every Day for Years (https://www.bicycling.com/training/a39916130/morning-yoga-every-day/ diakses 16 Maret 2024)

Peloton. 2024. 5 Yoga Poses Every Cyclist Should Be Practicing (https://www.onepeloton.com/blog/heres-why-yoga-and-cycling-belong-together/ diakses 16 Maret 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya