Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

6 Manfaat Hobi Bersepeda, Tak Sekedar gaya-gayaan

19 November 2022

oleh  Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Membuat Tidak Gampang Sakit

2. Mampu Memperkuat Otot dan Tulang

3. Mengajarkan Problem Solving

4. Membuka Kesempatan Bertambah Relasi

5. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil

6. Membantu Pikiran Lebih Positif

Ada banyak sekali manfaat bersepeda yang bisa diperoleh tubuh jika kamu rutin melakukannya. Tak perlu waktu berjam-jam, kamu cukup melakukan olahraga ini selama 30 sampai 60 menit. Biasanya waktu terbaik untuk bersepeda adalah pagi hari. Ini karena cuaca pagi hari lebih nyaman dan udaranya masih segar. Sedangkan sore hari tingkat polusi udara mulai tinggi karena padatnya aktivitas kendaraan.

Agar lebih maksimal saat bersepeda, kamu dianjurkan memakai pakaian yang bisa menyerap keringat. Kamu bisa menggunakan jersey khusus pesepeda yang terbuat dari bahan polyester.

Nah, berikut ini sudah ada beberapa manfaat hobi bersepeda yang bisa dirasakan bagi kesehatan.

1. Membuat Tidak Gampang Sakit

Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu dampak positif dari olahraga bersepeda, yaitu tubuh lebih sehat dan bugar. Bahkan, tidak hanya penyakit biasa, olahraga bersepeda yang dilakukan secara rutin juga bisa mengurangi resiko kamu terserang penyakit kronis seperti stroke dan diabetes. Ini karena olahraga ini akan membuat kamu aktif bergerak. Sehingga peredaran darah jadi lancar dan tekanan darah menjadi lebih terkontrol. Ketika tekanan darah terkontrol maka kadar kolesterol akan berkurang dan kamu akan terhindari dari resiko terserang stroke.

2. Mampu Memperkuat Otot dan Tulang

Manfaat hobi olahraga bersepeda lainnya bagi kesehatan adalah melatih otot dan membentuk tulang agar lebih kuat. Tulang yang kuat dan padat bisa membantu mencegah kamu terserang penyakit osteoporosis. Bersepeda ternyata juga bisa menjadi latihan yang tepat untuk mengencangkan otot. Apabila kamu hanya mengandalkan aktivitas sehari-hari saja untuk melatih otot, mustahil rasanya bila ototmu dapat kuat dan kencang. Dengan memiliki otot yang kuat dan kencang, kualitas dari aktivitas sehari-hari kamu jadi lebih maksimal. Ini karena berjalan, mengambil barang serta aktivitas lainnya membutuhkan otot yang kuat agar bisa bekerja secara maksimal.

3. Mengajarkan Problem Solving

Tidak dapat dipungkiri, sebagian besar olahraga juga mengajarkan kamu untuk tidak menyerah dan menyelesaikan apa yang sudah dijalani. Pengalaman ini sebenarnya membantu ketika kamu berada di lingkungan kerja atau situasi sulit untuk berpikir jernih sebelum memutuskan sesuatu. Secara umum, ketika kamu dihadapkan pada situasi yang penuh tantangan maka anggaplah olahraga sebagai sebuah tantangan. Sehingga dalam situasi yang berbeda kamu cenderung akan melakukan hal serupa.

Ketika bersepeda kamu dapat belajar mengatasi masalah (problem solving). Misalnya saat sepeda kamu akan bertabrakan dengan teman, pasti kamu akan berusaha untuk menghindari tabrakan tersebut. Entah dengan membelokkan sepedanya ke arah lain atau memberi tanda dengan ucapan sehingga tabrakan pun bisa dihindari. Dari sini kamu juga akan terlatih lebih fokus dan memiliki sikap analitis yang baik.

4. Membuka Kesempatan Bertambah Relasi

Berikutnya, manfaat hobi olahraga bersepeda adalah kamu bisa bertemu dengan teman-teman baru, membuka jaringan pertemanan yang tidak pernah ada dan terjadi. Siapa tahu dari sini kamu dapat bertemu dengan kesempatan baru, karier baru dan peluang-peluang lainnya.

5. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil

Bagi kamu yang memiliki hobi olahraga bersepeda sudah pasti sistem metabolismenya lebih baik dibandingkan dengan yang jarang latihan. Sistem metabolisme yang baik bisa membuat berat badan stabil. Hal ini karena tubuh mencerna makanan dengan baik. Akibatnya, tidak ada makanan menumpuk yang akan menjadi lemak berlebih.

6. Membantu Pikiran Lebih Positif

Terakhir, hobi bersepeda bisa membuat pikiran jadi lebih positif. Ketika kamu menghabiskan waktu luang dengan berolahraga. Ini berarti keseharianmu sudah diisi dengan melakukan kegiatan yang positif. Orang-orang yang memiliki aktivitas positif juga cenderung lebih berpikiran positif. Bahkan, tidak mudah terprovokasi karena tidak sempat melakukan bahkan memikirkan hal-hal yang negatif.

Hobi berolahraga yang ditanamkan sejak dini sangat baik untuk investasi kesehatan di masa depan. Dengan olahraga sepeda, berarti kamu juga peduli terhadap kesehatanmu di masa depan.

Nah, itu saja beberapa manfaat hobi bersepeda yang bisa kamu dapatkan jika rutin dilakukan. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan memperluas wawasan kamu dalam menjaga kesehatan.

article

Artikel Terkait Lainnya