Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Manfaat Olahraga Ringan di Kantor, Dapat Mengurangi Stres Lho!

11 September 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Membantu Tubuh Tetap Bugar

2. Membantu Merilekskan Pikiran

3. Merilekskan Otot yang Tegang

4. Memulihkan Energi dan Menambah Semangat

5. Meningkatkan Daya Ingat

Duduk di kursi selama seharian sambil menatap layar laptop menjadi rutinitas yang harus dilakukan seseorang sebagai pekerja kantoran. Terkadang karena terlalu sibuk dengan pekerjaannya, sampai lupa melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Berolahraga dengan jam kerja di kantor yang padat, memang sulit dilakukan. Namun apabila tidak berolahraga, maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan beresiko mengalami gangguan otot. Mulai dari nyeri tulang punggung, nyeri pada leher, sakit pada pergelangan tangan, sakit pinggang dan lain-lain.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu bisa meluangkan waktu di sela-sela pekerjaanmu yang super sibuk dengan melakukan gerakan olahraga ringan. Jika rutin dilakukan, selain mengurangi stress, kamu juga akan mendapatkan 5 manfaat lainnya.

Yuk, disimak!

1. Membantu Tubuh Tetap Bugar

Ternyata bekerja di kantor bisa menyebabkan berat badan seseorang naik lho. Hal ini karena pekerja kantoran sedikit melakukan gerakan sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih lambat.

Ditambah lagi, jika kamu sering mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dan ngemil secara berlebihan. Hal ini juga yang membuat tubuh mengalami kenaikan berat badan secara signifikan.

Agar tubuh tetap ideal dan terhindar dari obesitas, maka bisa melakukan gerakan jalan di tempat di sekitar meja kerja selama beberapa menit. Ini sekaligus berguna untuk menstretching otot kaki kamu.

2. Membantu Merilekskan Pikiran

Aktivitas di kantor seringkali dihadapkan dengan banyaknya tugas yang menumpuk, bertambahnya jam kerja, deadline tugas, serta tekanan dari atasan. Sehingga menyebabkan seseorang mengalami depresi saat bekerja. Terdapat beberapa cara untuk meredakan stres akibat pekerjaan di kantor. Salah satunya dengan berolahraga.

Meskipun berolahraga di kantor tidak memungkinkan, kamu bisa melakukan gerakan ringan di sekitar ruang kerjamu. Hanya dengan gerakan ringan saja, ternyata bisa membantu melepaskan hormon endorfin di dalam tubuh sehingga mampu mengubah mood menjadi lebih baik.

3. Merilekskan Otot yang Tegang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pekerjaan sebagai karyawan kantoran cenderung menetap di kursi sambil menatap layar komputer. Bekerja di kantor hanya membutuhkan sedikit gerakan sehingga hal ini menyebabkan otot menjadi tegang dan kaku.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan gerakan ringan di sekitar meja kerjamu seperti mengangkat bahu, memutarkan leher, serta mengayunkan tangan ke kanan dan kiri secara bergantian. Cobalah melakukan gerakan ini agar kamu dapat mengatasi kekakuan pada area otot yang disebutkan.

4. Memulihkan Energi dan Menambah Semangat

Ketika aktivitas bekerja di kantor sangat sibuk, membuat energi kamu banyak terkuras. Sehingga tingkat kefokusan terhadap tugas yang dikerjakan menjadi menurun.

Untuk mencegah hilangnya tingkat kefokusan dan konsentrasi, maka cobalah lakukan gerakan olahraga ringan selama beberapa menit. Jika memungkinkan kamu dapat melakukan push up ringan di dekat meja kerjamu. Kamu juga bisa mencoba untuk melakukan yoga selama 15 menit. Yoga bagus bukan hanya untuk meregangkan otot-otot tubuh yang kaku namun juga untuk menenangkan fikiran. Dijamin kamu akan kembali lebih bersemangat melanjutkan pekerjaanmu.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Seseorang yang merasa kelelahan akibat pekerjaan monoton, biasanya cenderung mengalami penurunan konsentrasi dan daya ingat. Saat daya ingat menurunkan, maka kamu akan sering merasa lupa terhadap apa yang dikerjakan, sehingga pekerjaan bisa jadi akan berantakan.

Agar hal ini tidak terjadi, maka cobalah melakukan olahraga kecil-kecilan. Gerakan olahraga tersebut bisa membantu memperlancar sirkulasi darah menuju otak sehingga memiliki suplai oksigen yang cukup. Ini juga berguna untuk membuat kamu jauh lebih fokus dan daya ingat menjadi lebih tajam.

Itu saja 5 manfaat melakukan gerakan ringan yang ada di kantor. Bagaimana, cukup mudah dan sederhana bukan? Dijamin kamu pasti dapat melakukannya di sela-sela kesibukan.

article

Artikel Terkait Lainnya