Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Jenis-Jenis Pengobatan Alternatif yang Populer di Indonesia dan Tips Memilihnya

30 May 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

4 Jenis Pengobatan Alternatif yang Populer di Indonesia

1. Akupunktur

2. Jamu

3. Pijat Tradisional

4. Bekam

Tips Memilih Pengobatan Alternatif agar Aman

Sumber Referensi

Pengobatan alternatif semakin populer di Indonesia dan dianggap sebagai solusi kesehatan yang melengkapi pengobatan konvensional. Meskipun sering kali dianggap kontroversial, banyak orang beralih ke pengobatan alternatif karena berbagai alasan. Mulai dari pengalaman pribadi, warisan budaya hingga keyakinan atas testimoni orang lain. 

4 Jenis Pengobatan Alternatif yang Populer di Indonesia

Lantas apa saja pengobatan alternatif yang populer di Indonesia? Simak selengkapnya lewat ulasan berikut. Semoga bermanfaat.

1. Akupunktur

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan tradisional Tiongkok yang sudah ada selama ribuan tahun. Metode ini melibatkan penusukan jarum tipis ke dalam kulit pada titik-titik tertentu di tubuh untuk merangsang aliran energi sekaligus membantu melancarkan peredaran darah

Akupunktur diyakini dapat membantu mengatasi berbagai kondisi, termasuk nyeri kronis, migrain, insomnia, dan gangguan pencernaan. Selain itu, banyak juga masyarakat yang meyakini bahwa dibeberapa kondisi akupunktur dapat membantu meningkatkan efektivitas pengobatan konvensional. 

2. Jamu

Jamu adalah obat herbal tradisional Indonesia yang telah digunakan selama berabad-abad. Terbuat dari campuran berbagai tanaman, akar, daun, dan rempah-rempah, jamu sering kali dibuat berdasarkan resep turun-temurun yang diwariskan dari generasi ke generasi. Bahkan pada tanggal 6 Desember 2023 lalu, UNESCO secara resmi telah menetapkan jamu sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia.

Jamu dipercaya memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga keseimbangan hormon, dan meredakan berbagai keluhan kesehatan seperti pegal-pegal, kelelahan, dan masalah pencernaan. Beberapa jenis jamu, seperti jamu kunyit asam dan jamu beras kencur, juga populer sebagai minuman kesehatan sehari-hari.

3. Pijat Tradisional

Pijat tradisional Indonesia, seperti pijat urut dan pijat refleksi, telah menjadi bagian dari budaya dan warisan leluhur. Teknik pijat ini memanfaatkan tekanan pada titik-titik tertentu di tubuh untuk meredakan ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah.

Pijat tradisional dikenal dapat meredakan stress lewat peningkatan relaksasi tubuh dan meredakan nyeri otot. Pijat refleksi, khususnya, bertujuan untuk memperbaiki fungsi organ tubuh dengan merangsang titik-titik refleksi pada kaki dan tangan.

4. Bekam

Bekam adalah metode pengobatan alternatif yang berasal dari Timur Tengah dan diyakini telah digunakan selama ribuan tahun. Proses ini melibatkan penggunaan cangkir khusus yang dipanaskan atau dipompa untuk menciptakan vakum pada kulit, yang diyakini dapat meningkatkan aliran darah dan meredakan berbagai keluhan kesehatan.

Bekam dipercaya dapat membantu meredakan berbagai masalah kesehatan seperti migrain, hipertensi, nyeri otot, dan masalah pernapasan. Selain itu, bekam juga diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan di beberapa keadaan tertentu dapat mendukung proses penyembuhan dari pengobatan medis konvensional.

Pengobatan alternatif mencakup berbagai metode yang tidak termasuk dalam praktik medis konvensional. Beberapa di antaranya berbasis pada tradisi dan kepercayaan yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Meskipun banyak orang “melaporkan” manfaat dari pengobatan ini, tidak semua metode pengobatan alternatif terbukti aman, efektif dan cocok untuk diimplementasikan terhadap semua orang. 

Beberapa faktor risiko yang mungkin “menyertai” pengobatan alternatif diantaranya : 

  • Banyak pengobatan alternatif belum melalui uji klinis yang ketat, ini berarti efektivitas dan keamanannya tidak selalu terjamin.
  • Tidak semua praktisi pengobatan alternatif memiliki pelatihan yang memadai, ini bisa meningkatkan risiko kesalahan dalam diagnosis dan pengobatan.
  • Beberapa pengobatan alternatif dapat berinteraksi dan menimbulkan rekasi dengan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, yang berpotensi menyebabkan efek samping yang berbahaya.
  • Ada banyak kasus di mana pengobatan alternatif dijadikan sebagai sarana penipuan, dengan menjanjikan hasil yang tidak realistis.

Tips Memilih Pengobatan Alternatif agar Aman

  • Sebelum mencoba pengobatan alternatif, selalu konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan yang berkompeten guna memberikan informasi terkait potensi risiko dan interaksi dengan pengobatan lain yang mungkin sedang dijalani.
  • Lakukan penelitian mendalam tentang pengobatan alternatif yang kamu minati. Cari sumber informasi yang terpercaya, seperti jurnal ilmiah, publikasi medis, dan situs web yang dikelola oleh lembaga kesehatan resmi.
  • Periksa kredibilitas praktisi dan pastikan bahwa praktisi pengobatan alternatif memiliki sertifikasi dan pelatihan yang memadai. Kamu dapat meminta referensi atau mencari ulasan dari pasien lain untuk mengetahui reputasi mereka.
  • Sebaiknya pilih pengobatan alternatif yang sudah didukung oleh bukti ilmiah seperti akupuntur. Meskipun tidak semua metode telah diuji secara menyeluruh, adanya beberapa penelitian yang mendukung efektivitasnya dapat menjadi indikasi bahwa pengobatan tersebut aman dan bermanfaat.
  • Selalu perhatikan reaksi tubuh terhadap pengobatan alternatif yang sedang dijalani.
  • Jika kamu mengalami efek samping yang tidak biasa atau kondisi kesehatan malah memburuk, segera hentikan pengobatan tersebut.
  • Hindari klaim yang tidak masuk akal terutama menjanjikan hasil yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, seperti penyembuhan instan atau mengatasi semua jenis penyakit.
  • Ingat bahwa pengobatan yang efektif biasanya membutuhkan waktu dan tidak ada solusi ajaib untuk semua masalah kesehatan.

.

Pengobatan alternatif di Indonesia mencerminkan kekayaan budaya dan warisan leluhur yang terus berkembang seiring waktu. Meskipun efektivitas dan keamanan pengobatan alternatif masih sering diperdebatkan, masing-masing metode dari tiap pengobatan alternatif memiliki manfaat uniknya tersendiri. 

Diharapkan dengan ulasan diatas kamu dapat meminimalkan risiko dan memaksimalkan manfaat dari pengobatan alternatif. Ingatlah bahwa kesehatan adalah aset yang berharga, dan keputusan yang bijaksana akan membantu kamu mencapai kesehatan tubuh yang optimal.

Sumber Referensi

dr Airindya Bella. 2023. 8 Jenis Pengobatan Alternatif yang Umum di Indonesia dan Faktanya [Online] (https://www.alodokter.com/8-jenis-pengobatan-alternatif-yang-umum-di-indonesia-dan-faktanya diakses 30 Mei 2024)

Fajarina Nurin. 2021. Semua Hal tentang Pengobatan Alternatif yang Perlu Anda Tahu [Online] (https://hellosehat.com/herbal-alternatif/alternatif/pengobatan-alternatif/ diakses 30 Mei 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya