Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

6 Manfaat Beryoga di Pagi Hari : Meningkatkan Konsentrasi Hingga Melancarkan Sirkulasi Darah

31 July 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Meningkatkan Energi dan Semangat

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

3. Meningkatkan Fleksibilitas dan Keseimbangan

4. Mengurangi Stres dan Kecemasan

5. Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

6. Merawat Postur Tubuh

Sumber Referensi

Belakangan ini yoga telah menjadi latihan fisik yang semakin populer di seluruh dunia. Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh yoga, semakin banyak pula yang mengintegrasikan latihan yoga ke dalam rutinitas harian mereka. 

Salah satu waktu terbaik untuk berlatih yoga adalah di pagi hari sebab melakukan yoga di pagi hari dapat memberikan banyak manfaat positif untuk tubuh, pikiran dan jiwa. 

Lantas apa saja manfaat positif tersebut?

Simak selengkapnya lewat ini ulasan berikut. Semoga bermanfaat.

1. Meningkatkan Energi dan Semangat

Mengawali hari dengan latihan yoga akan membantu memberikan dorongan energi yang dibutuhkan tubuh untuk memulai aktifitas harian. Latihan yoga yang terdiri dari gerakan lembut dengan pernapasan terkontrol dapat membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. 

Hal ini membantu mengurangi rasa kantuk dan kelesuan, serta meningkatkan semangat untuk menghadapi hari dengan lebih positif.

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Berlatih yoga di pagi hari membantu merangsang otak dan meningkatkan konsentrasi serta fokus. Ini karena yoga adalah bentuk latihan fisik dan pernapasan yang saling terkait. Melakukan yoga di pagi hari akan membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus pikiran kamu. 

Kamu akan merasa lebih segar dan siap untuk menghadapi pekerjaan atau tugas harian. Dengan tingkat konsentrasi yang lebih baik maka produktivitas kamu akan meningkat. Kamu pun dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien.

3. Meningkatkan Fleksibilitas dan Keseimbangan

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari yoga adalah peningkatan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Rutinitas yoga pagi akan membantu meregangkan dan menguatkan otot-otot tubuh. 

Seiring berjalannya waktu, latihan rutin ini dapat mengurangi risiko cedera dan meningkatkan keseimbangan, yang sangat penting untuk menjaga mobilitas sepanjang hari.

4. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan adalah masalah umum di dunia modern yang jika dibiarkan berlarut-larut  berpotensi mengganggu kesehatan fisik dan mental. 

Berlatih yoga secara rutin diyakini dapat membantu mengurangi tingkat hormon stres dalam tubuh. Dengan fokus pada pernapasan dan meditasi, yoga membantu menenangkan sistem saraf dan meningkatkan produksi hormon bahagia, seperti endorfin. 

Berlatih yoga di pagi hari bisa membantu kamu mempersiapkan pikiran untuk menghadapi tantangan sehari-hari dengan lebih tenang dan terkendali.

5. Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

Gerakan yoga yang teratur bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah di seluruh tubuh. Saat melakukan berbagai gerakan yoga, sirkulasi darah akan meningkat sehingga suplai oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh bisa berjalan maksimal dan lebih baik. Yang pada gilirannya akan membantu merawat kesehatan jantung dan fungsi organ vital lainnya.

6. Merawat Postur Tubuh

Seringkali, tuntutan pekerjaan dan gaya hidup modern dapat menyebabkan postur tubuh kamu memburuk seperti bungkuk. Berlatih yoga secara rutin dapat membantu meningkatkan kesadaran akan postur tubuh. Lewat gerakan yoga seperti Tadasana, Bridge Pose dan gerakan lainnya, kamu akan diajarkan cara mempertahankan postur dengan baik. 

Melakukan yoga di pagi hari akan membantu kamu memulai hari dengan lebih menyadari bagaimana postur tubuh yang baik. Sehingga mengurangi risiko terserang nyeri punggung dan masalah tulang belakang lainnya selama beraktivitas.

Rutin melakukan yoga di pagi hari diyakini bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional. 

Mulai dari meningkatkan energi, konsentrasi, fleksibilitas tubuh, serta membantu mengurangi stres dan kecemasan. 

Dengan mengintegrasikan yoga ke dalam rutinitas pagi, kamu diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan dan menjadi lebih siap menghadapi tantangan harian. 

Jadi, mari mulai hari dengan sesi yoga yang menyegarkan dan rasakan perubahan positif dalam hidup.

Jika kamu tak sempat berlatih yoga pagi di studio atau pusat kebugaran, kamu bisa melakukannya di rumah bersama Kelas Fitness dengan klik disini sekarang. 

Kelas Fitness merupakan platform olahraga online terpopular di Indonesia. Ribuan kelas olahraga yang ditawarkan, dipandu langsung oleh instruktur berpengalaman. Mulai dari kelas yoga, home workout hingga kelas meditasi dan kesehatan.

Kelas Fitness bahkan menawarkan Program Personal Trainer Online. Jadi akses sekarang dan jangan tunda lagi. Segera tingkatkan level kebugaran tubuhmu bersama Kelas Fitness.

Sumber Referensi

Timothy Burgin. 2020. The 10 Best Benefits of Practicing Yoga in the Morning [online] (https://www.yogabasics.com/connect/yoga-blog/morning-yoga-benefits/ diakses 31 Juli 2023)

Nicolle Spohn. 2023. 5 Benefits of Yoga in the Morning [online] (https://letyourshadowshine.com/benefits-of-yoga-in-the-morning/ diakses 31 Juli 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya