Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Sakit Kepala dan 5 Efek Samping Ibuprofen yang Perlu Diwaspadai

08 March 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Apa Itu Ibuprofen?

Manfaat Ibuprofen

Efek Samping Ibuprofen

Cara Penggunaan Ibuprofen

Sumber Referensi

Bagi sebagian orang, obat Ibuprofen sudah sangat dikenal. Obat Ibuprofen sendiri biasanya akan dikonsumsi saat merasa meriang, tubuh nyeri, atau sakit kepala. 

Obat ini juga mudah didapatkan di apotek terdekat, baik dengan resep dokter maupun tidak.

Pada dasarnya, Ibuprofen merupakan obat untuk meredakan nyeri dan menurunkan demam. Obat ini juga memiliki efek anti radang. 

Sehingga bisa pula digunakan guna meredakan nyeri haid, sakit gigi, nyeri otot atau nyeri sendi akibat radang sendi. Ibuprofen tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirup.

Meski memiliki manfaat yang begitu banyak, namun Ibuprofen ternyata memiliki efek samping. Maka dari itu, jangan mengkonsumsi Ibuprofen secara sembarangan!

Lantas apa saja efek samping dari Ibuprofen? Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Apa Itu Ibuprofen?

Ibuprofen merupakan obat antiinflamasi non steroid atau OAINS/NSAID yang memiliki manfaat untuk meredakan nyeri, demam, dan radang sendi.

Adapun cara kerja Ibuprofen adalah menghambat pembentukan prostaglandin, yakni zat kimia yang memicu timbulnya tanda dan gejala radang. Termasuk nyeri, bengkak, atau demam, saat tubuh mengalami luka, sehingga keluhan tersebut akan mereda.

Manfaat Ibuprofen

Mengutip dari laman Drugs, Ibuprofen memiliki khasiat untuk menghilangkan rasa nyeri pada tubuh. Secara umum, obat ini memang diperuntukkan meredakan nyeri akibat beberapa kondisi medis.

Selain itu, Ibuprofen juga memiliki manfaat untuk mengobati peradangan, mengatasi sakit punggung, mengatasi gejala artritis, mengatasi sakit tenggorokan, serta mengatasi gejala flu atau sinus. 

Meski begitu, ada juga beberapa kondisi dimana obat Ibuprofen kurang efektif dalam mengatasi rasa sakit. Jadi, bila akan mengkonsumsi Ibuprofen, disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Efek Samping Ibuprofen

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Ibuprofen memang memiliki banyak manfaat. Namun perlu tetap memperhatikan tata cara saat hendak mengkonsumsinya. 

Guna menghindari berbagai efek samping dari penggunaan Ibuprofen. Adapun bahaya atau efek samping dari penggunaan Ibuprofen yang terlalu sering, sebagai berikut:

1. Sakit Kepala

Meski Ibuprofen bisa mengatasi masalah sakit kepala, namun bila usai mengkonsumsi obat ini rasa sakit tak kunjung membaik, maka sebaiknya hindari penggunaan obat secara berlebihan. Pasalnya, kondisi ini bisa memicu sakit kepala yang lebih buruk akibat terlalu sering mengkonsumsi Ibuprofen. Tak cuma itu, mengkonsumsi Ibuprofen terlalu sering juga bisa memicu pusing.

2. Mual dan Muntah

Efek samping berikutnya akibat mengkonsumsi Ibuprofen terlalu sering adalah mual dan muntah. Agar tidak merasakan efek samping ini, pastikan mengkonsumsi Ibuprofen sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa untuk makan terlebih dahulu sebelum minum obat ini.

3. Gangguan Pencernaan

Selain itu, mengkonsumsi Ibuprofen terlalu sering juga bisa menyebabkan mengalami gangguan pencernaan. Dalam hal ini, bisa juga mengalami konstipasi atau bahkan diare.

4. Gangguan Jantung

Kemudian, mengkonsumsi Ibuprofen terlalu sering bisa meningkatkan risiko gangguan jantung

Khususnya bila memiliki riwayat serangan jantung, stroke, atau mengonsumsi jenis obat-obatan lain yang mempengaruhi proses pembekuan darah, maka sebaiknya hindari penggunaan Ibuprofen tanpa anjuran dokter.

5. Penurunan Fungsi Ginjal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam mengatasi rasa sakit dikeluhkan, Ibuprofen akan mengurangi jumlah prostaglandin yang diproduksi oleh tubuh. 

Namun bila dikonsumsi secara berlebihan, akan memicu penurunan fungsi ginjal, sebab hormon prostaglandin membantu menjaga tekanan ginjal pada tingkat yang tepat. 

Sehingga bisa menyaring cairan dalam tubuh dan menjaga tekanan darah.

Dengan begitu, bila mengkonsumsi Ibuprofen secara berlebihan, maka bisa mengubah produksi prostaglandin di dalam tubuh. 

Sehingga perubahan tersebut menyebabkan ketidakseimbangan tekanan cairan tubuh. Akibatnya, bisa menurunkan fungsi ginjal dan meningkatkan tekanan darah.

6. Kerusakan Hati

Meski jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan bahwa terlalu sering mengkonsumsi Ibuprofen meningkatkan risiko kerusakan hati. 

Maka dianjurkan bila memiliki riwayat penyakit gangguan hati, untuk langsung tanya kepada dokter mengenai pengkonsumsian Ibuprofen yang tepat.

Perlu diingat bahwa sebaiknya tidak sembarangan dalam mengkonsumsi Ibuprofen meski obat ini mudah ditemukan di apotek. 

Tetap perhatikan dan pastikan saat mengkonsumsi Ibuprofen mengetahui kandungan didalamnya dan sesuaikan dengan kondisi kesehatan.

Tak cuma itu, hal yang tak kalah penting diingat adalah bagi lansia berumur 65 tahun atau penderita penyakit lambung, obat Ibuprofen memiliki risiko tambahan. 

Sehingga benar-benar pastikan telah mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi Ibuprofen.

Cara Penggunaan Ibuprofen

Pastikan saat hendak mengkonsumsi Ibuprofen untuk mengikuti anjuran dokter dan bacalah aturan pakai yang tertera pada label kemasan. 

Perlu diingat untuk tidak sembarangan menambah dosis atau menggunakannya lebih sering dari yang dianjurkan dokter.

Sumber Referensi

dr. Merry Dame Cristy Pane. 2022. Ibuprofen [online] (https://www.alodokter.com/ibuprofen diakses pada 8 Juni 2023)

dr. Fadhli Rizal Makarim. 2022. Ketahui Bahaya Konsumsi Ibuprofen Terlalu Sering [online] (https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-bahaya-konsumsi-ibuprofen-terlalu-sering diakses pada 8 Juni 2022)

article

Artikel Terkait Lainnya