Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Benarkah Yoga Bisa Meningkatkan Metabolisme Tubuh? Begini Penjelasannya

08 May 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Mengapa Metabolisme Penting Bagi Tubuh?

Bagaimana Cara Yoga Meningkatkan Metabolisme Tubuh?

1. Lewat Peningkatan Aktivitas Kelenjar Tiroid

2. Lewat Peningkatan Kekuatan dan Fleksibilitas Otot

3. Lewat Pernapasan yang Dalam dan Teratur

4. Lewat Pengelolaan Stres

5. Lewat Peningkatan Kualitas Tidur

Tips untuk Meningkatkan Metabolisme dengan Yoga

Nirvana Yoga Mat Batik Cenderawasih : Design Premium Bahan Ramah Lingkungan

Sumber Referensi

Yoga telah menjadi semakin populer di seluruh dunia sebagai bentuk latihan yang tidak hanya membugarkan tubuh, tetapi juga menenangkan pikiran. Namun ternyata praktik yoga yang dilakukan secara tepat dan teratur juga punya “kemampuan” untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Mengapa Metabolisme Penting Bagi Tubuh?

Sebelum kita membahas apakah yoga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, penting untuk memahami mengapa metabolisme itu penting. Metabolisme tubuh yang sehat merupakan kunci untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal. Metabolisme adalah kunci untuk menjaga berat badan yang sehat, karena mempengaruhi jumlah kalori yang akan kamu bakar setiap hari. 

Semakin tinggi tingkat metabolisme, semakin banyak kalori yang kamu bakar, bahkan saat istirahat sekalipun. Metabolisme yang sehat akan mendukung sistem pencernaan yang baik, membantu menjaga energi yang konsisten sepanjang hari. Serta mengambil peran dalam merawat fungsi sistem kardiovaskular dan endokrin agar tetap sehat.

Bagaimana Cara Yoga Meningkatkan Metabolisme Tubuh?

Yoga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh melalui beberapa mekanisme yang berbeda. Diantaranya : 

1. Lewat Peningkatan Aktivitas Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid memainkan peran penting dalam mengatur metabolisme tubuh. Beberapa pose yoga termasuk pose-pose inversion dan backbends, dapat merangsang kelenjar tiroid. Sehingga jika kelenjar tiroid bekerja dengan baik, metabolisme tubuh juga akan meningkat.

Pose inversion seperti Sirsasana (headstand) akan membuat kamu membalikkan posisi tubuh sehingga kepala berada di bawah dan kaki di atas. Pose ini diyakini akan memberi stimulasi yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kelenjar tiroid dan merangsang aktivitasnya. Begitupun dengan pose backbends, seperti Ustrasana (camel pose). 

2. Lewat Peningkatan Kekuatan dan Fleksibilitas Otot

Latihan yoga yang konsisten akan membantu kamu membangun kekuatan dan fleksibilitas otot. Otot yang lebih lebih kuat tentu membutuhkan lebih banyak energi saat beraktivitas. Semakin banyak massa otot maka semakin tinggi pula metabolisme basal tubuh kamu. Otomatis, semakin tinggi tingkat metabolisme basal, semakin banyak kalori yang dibakar tubuh sekalipun kamu dalam keadaan istirahat.

3. Lewat Pernapasan yang Dalam dan Teratur

Yoga mengajarkan teknik pernapasan yang dalam dan teratur, yang membantu meningkatkan aliran oksigen ke dalam tubuh. Oksigen adalah bahan bakar utama dalam proses metabolisme, dan peningkatan pasokan oksigen dapat membantu meningkatkan metabolisme.

4. Lewat Pengelolaan Stres

Ketika seseorang mengalami stress, biasanya akan mempengaruhi perilaku dan kebiasaan hidup sehat, seperti kurangnya olahraga, kurang tidur, peningkatan nafsu makan terhadap lemak dan gula serta konsumsi alkohol atau rokok. Tentu semua kebiasaan ini buruk bagi metabolisme tubuh. 

Untuk itu penting mengelola stres dengan baik guna menjaga metabolisme tubuh agar tetap optimal. Yoga terkenal karena efeknya yang menenangkan pada pikiran. Melalui teknik pernapasan dan meditasi saat berlatih, yoga akan membantu menjaga metabolisme tubuh seseorang tetap seimbang.

5. Lewat Peningkatan Kualitas Tidur

Latihan yoga yang teratur telah terbukti meningkatkan kualitas tidur pada beberapa kalangan. Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk meraih metabolisme yang sehat. Kurang tidur atau tidur yang terganggu dapat mengganggu regulasi hormon yang mengatur nafsu makan dan pengeluaran energi, yang pada akhirnya dapat memperlambat dan mengganggu metabolism tubuh.

Demikianlah 5 cara yoga meningkatkan metabolisme tubuh. Penting untuk diingat bahwa yoga dapat berkontribusi pada peningkatan metabolisme tubuh, meskipun efeknya mungkin tidak langsung atau sebesar latihan kardiovaskular yang lebih intens. 

Tips untuk Meningkatkan Metabolisme dengan Yoga

Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu meningkatkan metabolisme tubuh dengan yoga

  • Pilih jenis yoga yang lebih dinamis dan energik seperti Vinyasa atau Ashtanga.
  • Usahakan untuk berlatih yoga secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.
  • Gabungkan latihan yoga dengan sesi latihan kardiovaskular seperti berlari, bersepeda, atau berenang.
  • Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi sehat dan seimbang serta menghindari makanan olahan dan bergula tinggi.
  • Istirahat yang cukup setiap malam karena kurang tidur dapat mengganggu metabolisme tubuh

Nirvana Yoga Mat Batik Cenderawasih : Design Premium Bahan Ramah Lingkungan

Salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum beryoga adalah matras yoga. Sebaiknya jangan sembarangan atau asal-asalan dalam membeli matras yoga. 

Sebaiknya beli matras yoga yang terbuat dari bahan Tropical Eco Natural Rubber. Sebab itu berarti bahwa matras tersebut dibuat dari karet alami tropis yang ramah lingkungan. Karet alami adalah bahan yang dihasilkan dari getah pohon karet, yang merupakan sumber daya alami dan dapat diperbarui. 

Penggunaan bahan yang ramah lingkungan pada matras yoga dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, karena bahan-bahan sintetis yang berbahaya tidak digunakan dalam proses pembuatannya. 

Keuntungan lainnya, matras yoga yang terbuat dari bahan Tropical Eco Natural Rubber adalah cenderung lebih tahan lama dan memberikan cengkeraman yang baik. Selain itu, ketika kita berbicara tentang matras yoga atau produk-produk lain yang bersentuhan langsung dengan kulit, penting untuk memilih bahan yang aman dan tidak beracun. 

Tropical Eco Natural Rubber adalah pilihan yang tepat dan dianggap lebih aman ketika menyentuh kulit karena cenderung bebas dari bahan tambahan seperti lateks sintetis, ftalat, dan logam berat yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit.

Dengan menggunakan Nirvana Yoga Mat Batik Cenderawasih, kamu dapat berlatih yoga dengan lebih aman dan nyaman bagi tubuh. 

  • Materials : Tropical Eco Natural Rubber
  • Dimensions : 68cm x 185cm
  • Thickness : 4.5mm
  • Weight : 2.5kg100%
  • Eco-Friendly & Non-Toxic
  • Super Grip
  • Premium design with combination of Batik Sogan and Batik Sekar Jagad (symbolize royalty, nobility and luxury).

Sumber Referensi

Shvasa Yoga. 2024. How Does Yoga Improve Metabolism [Online] (https://www.shvasa.com/yoga-blog/how-does-yoga-improve-metabolism diakses 8 Mei 2024)

Shamlee Pathare. 2023. 6 Yoga Moves that will fire up your Metabolism [Online] (https://www.healthifyme.com/blog/6-yoga-moves-will-fire-metabolism/ diakses 8 Mei 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya