Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Sering Kapalan di Kaki? Intip Cara Menghilangkannya dengan Cepat di Rumah

05 December 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Apa Itu Kapalan?

Upaya Atasi Kapalan di Rumah

Upaya Mencegah Kapalan di Telapak Kaki

Sumber Referensi

Sebagian dari kita tentunya tidak asing dengan istilah kapalan. Kapalan sendiri biasanya sering muncul di telapak kaki.

Kapalan atau yang juga disebut sebagai callus sendiri merupakan kondisi yang terjadi akibat mekanisme perlindungan kulit terhadap gesekan atau tekanan. Biasanya, kapalan sering terjadi kepada mereka yang aktif dalam kesehariannya.

Maka dari itu, agar kapalan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, ketahui cara penanganan hingga mencegahnya!

Apa Itu Kapalan?

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, kapalan merupakan kondisi medis yang menyerang kulit. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan munculnya lapisan tebal dan keras pada area kulit tertentu, seperti kulit telapak kaki maupun jarinya.

Adapun bagian kulit yang menebal atau mengeras itu merupakan bentuk perlindungan kulit terhadap tekanan dan gesekan berlebihan. 

Biasanya, bagian kulit yang mengalami kapalan akan berwarna kekuningan dan menjadi kurang sensitif. Pada umumnya, kapalan muncul di kaki, namun juga bisa muncul di buku-buku jari dan tangan.

Perlu diketahui bahwa kapalan dengan mata ikan merupakan dua hal yang berbeda. Pada mata ikan, memiliki ukuran yang kecil, berbentuk bulat, dan keras. Sementara pada kapalan, berukuran lebih besar dengan tepi yang kurang jelas.

Upaya Atasi Kapalan di Rumah

1. Rendam Kaki di Dalam Air Hangat

Saat kapalan dirasa sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, maka bisa mencoba cara dengan merendam kaki yang kapalan di air hangat selama kurang lebih 10 menit. Cara ini disebut bisa melunakkan kulit yang mengalami kapalan. Sehingga setelah itu akan lebih mudah menggosok atau mengikis kulit yang keras.

2. Mengoles Kulit yang Kapalan Dengan Pelembab

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kapalan di rumah adalah dengan memberikan pelembab. Dalam hal ini, pilih pelembab yang mengandung asam salisilat dan urea. Pasalnya, kandungan tersebut bisa melembutkan dan mengikis kulit yang kapalan.

3. Menggunakan Bantalan Sepatu

Untuk meminimalisir rasa nyeri di kaki saat kapalan, bisa mencoba menggunakan bantalan sepatu yang bisa dibeli di apotek. Bantalan sepatu nantinya akan melindungi kulit yang kapalan dari tekanan, serta bisa mencegah kapalan muncul kembali.

4. Bersihkan Lapisan Kulit Keras Kaki Secara Perlahan  

Untuk mengangkat lapisan kulit yang mengeras karena kapalan bisa menggunakan kain lap yang kasar, batu apung, papan amril, atau kikir kuku. Akan tetapi, bagi penderita diabetes tidak disarankan untuk melakukan pengobatan sendiri yang bisa melukai kulit.

5. Menggunakan Antibiotik  

Tak jarang kapalan bisa terluka akibat gesekan dan mengalami luka. Bila hal ini terjadi, maka perlu mengoleskan salep antibiotik. Pemberian salep antibiotik disebut juga bisa menghilangkan kapalan, tidak hanya mengatasi infeksi dan mengeringkan luka. Akan tetapi, pemberian antibiotik hanya boleh digunakan dengan resep dan anjuran dokter.

6. Memakai Krim Eksfoliator

Untuk mengangkat sel kulit mati secara rutin, bisa juga dengan menggunakan krim eksfoliator. Pada umumnya, produk yang bisa mengatasi kapalan adalah yang mengandung bahan seperti asam salisilat, urea, atau amonium laktat.

Meski begitu, juga penting untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit mengenai produk yang tepat sesuai kondisi kulit. Pasalnya, beberapa jenis produk eksfoliator kulit bisa saja mengandung zat yang bisa menyebabkan iritasi pada jenis kulit tertentu.

7. Membersihkan Kaki Dengan Sabun Secara Teliti  

Tak sedikit orang yang pada saat mandi hanya membersihkan bagian tertentu, seperti lengan, dada, dan punggung dengan sabun. Sementara kaki adalah bagian yang kerap diabaikan.

Padahal, salah satu cara sederhana untuk memiliki telapak kaki mulus adalah dengan rutin membersihkan kaki secara rutin dengan sabun. Dalam hal ini, juga bisa menggunakan scrub untuk menggosok kaki, lalu bersihkan hingga ke sela-sela jari agar kita kaki benar-benar bersih, serta dilakukan secara rutin.

Upaya Mencegah Kapalan di Telapak Kaki  

Selain cara mengatasi kapan, perlu juga mengetahui upaya mencegah kapalan berikut ini.
1. Memilih Sepatu yang Tepat
Mengenakan sepatu yang terlalu kecil atau sempit bisa memicu munculnya kapalan di kaki. Maka dari itu, pastikan memilih sepatu yang pas dan nyaman di kaki.

2. Mengganti Sepatu yang Sudah Rusak
Bila sepatu yang dikenakan sudah usang atau atau rusak, seperti lapisan dalam sepatu dan sol, bisa menimbulkan kapalan dan rasa tidak nyaman. Hal ini dikarenakan sol sepatu yang sudah usang, kurang bisa melindungi kaki saat berjalan di permukaan yang kasar.

3. Hindari Penggunaan Sepatu Hak Tinggi Terlalu Sering  

Bila suka mengenakan sepatu dengan hak tinggi, untuk bisa membatasi pemakaiannya. Selain itu, sepatu yang ujungnya lancip juga memiliki risiko menimbulkan kapalan di kaki.

Sumber Referensi

dr. Sienny Agustin. 2022. Kapalan di Kaki, Cegah dan Atasi dengan Cara Ini [online] (https://www.alodokter.com/kapalan-di-kaki-cegah-dan-atasi-dengan-cara-ini diakses pada 2 December 2023)

dr. Fadhli Rizal Makarim. 2023. Ini 9 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Kapalan di Kaki [online] (https://www.halodoc.com/artikel/ini-9-cara-ampuh-untuk-menghilangkan-kapalan-di-kaki diakses pada 2 December 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya