Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

5 Manfaat Pisang Rebus untuk Kesehatan Tubuh

16 May 2024

oleh I Made Dwi Kardiasa

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

5 Manfaat Pisang Rebus untuk Kesehatan Tubuh

1. Mendukung Kesehatan Pencernaan

2. Bagus untuk Membantu Turunkan Berat Badan

3. Mengandung Antioksidan Tinggi

4. Membantu Tingkatkan Tidur Berkualitas

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Memasak Pisang Rebus

Sumber Referensi

Menyantap hidangan berupa pisang rebus ternyata memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Selain dimakan secara langsung, memakan pisang juga bisa dengan cara direbus. Mengutip laman Times of India, alasan menyantap hidangan buah ini tak cuma karena rasa, melainkan juga karena teksturnya. 

Alasan orang-orang mengkonsumsi pisang rebus dikarenakan lebih mudah untuk dikunyah dan ditelan. Adapun pemrosesan ini ternyata bagus untuk kesehatan tubuh karena membuat timbulnya gula alami sehingga hasil rebusan pisang menjadi lebih manis. Proses merebus pisang tidak hanya mengubah tekstur dan rasa, tetapi juga mempengaruhi nilai gizi yang dikandungnya. 

5 Manfaat Pisang Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah lima manfaat pisang rebus untuk kesehatan yang mungkin akan membuat kamu semakin menyukai buah yang satu ini.

1. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Menurut Filip Maric, seperti dikutip dari fitnessvolt.com, selaku personal trainer sekaligus pakar gizi, keunggulan utama mengkonsumsi pisang rebus adalah bagus untuk kesehatan pencernaan. Sebagaimana diketahui kita membutuhkan sistem pencernaan yang bagus untuk menyerap nutrisi dan membuang “limbah” dari tubuh. Sehingga jika sistem pencernaan tidak berjalan dengan lancar, kita tidak bisa berharap untuk merasakan yang terbaik.

Saluran pencernaan penuh dengan mikroorganisme yang dikenal sebagai bakteri usus, dan mereka membutuhkan berbagai jenis makanan untuk berkembang. Di situlah serat makanan berperan, dan coba tebak? Pisang rebus mengandung serat. Jadi, saat kita mengunyah pisang rebus, kita tidak hanya memanjakan diri kita dengan camilan yang lezat tetapi juga memberi tubuh serat dalam jumlah yang signifikan.

2. Bagus untuk Membantu Turunkan Berat Badan

Seperti pembahasan awal, pisang yang direbus memiliki banyak serat, sehingga rasa kenyang terasa lebih lama tanpa ada penimbunan lemak. Pisang rebus juga kaya akan vitamin dan mineral serta rendah kalori, menjadikannya kombinasi yang sempurna. 

Ditambah lagi, pisang rebus memiliki rasa manis alami yang akan memuaskan lidah tanpa membuat kamu merasa bersalah. Bagian terbaiknya? Pisang rebus tidak akan meningkatkan kadar gula darah Anda. Sebaliknya, pisang rebus akan menjaga energi kamu tetap stabil.

3. Mengandung Antioksidan Tinggi

Kita semua ingin mencegah penyakit kronis dan penuaan dini, tidak diragukan lagi. Antioksidan adalah “sekutu” terbaik untuk hal tersebut. Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel kita dari stres oksidatif dan peradangan. Tahukah kamu bahwa pisang rebus mengandung berbagai antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin A, dan polifenol, yang telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Membantu Tingkatkan Tidur Berkualitas

Selain Kalium, nutrisi lain yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dalam pisang rebus adalah magnesium, yang juga penting untuk relaksasi. Mengkonsumsi pisang rebus adalah cara yang mudah untuk meningkatkan asupan magnesium. 

Triptofan adalah asam amino yang berperan dalam siklus tidur-bangun dan juga terdapat dalam pisang rebus. Selain itu, kita juga tidak “boleh melupakan kepuasan” yang kita dapatkan saat makan sesuatu yang manis sebelum tidur.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung adalah salah satu aspek penting yang harus dijaga untuk kehidupan yang panjang dan sehat. Pisang rebus kaya akan kalium, sebuah mineral yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Kalium membantu mengatur tekanan darah dengan mengimbangi efek natrium dalam tubuh dan melemaskan dinding pembuluh darah, yang berperan penting dalam menjaga irama jantung dan mencegah aritmia.

Itulah 5 manfaat mengkonsumsi pisang rebus untuk kesehatan tubuh. Pisang rebus tidak hanya lezat tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Yuk mulai memasukkan pisang rebus dalam menu makanan kamu sehari-hari dan rasakan sendiri manfaat kesehatannya. Jangan lupa untuk tetap menjalani gaya hidup sehat dengan pola makan seimbang, olahraga teratur, dan cukup istirahat untuk mencapai kesehatan tubuh yang optimal.

Cara Memasak Pisang Rebus

  1. Merebus pisang sangat mudah karena tidak memerlukan keahlian apa pun.
  2. Mari kita mulai dengan memilih pisang.
  3. Kamu harus memutuskan seberapa matang yang pisang rebus yang diinginkan. Sangat disarankan untuk mencoba pisang yang matang dan yang masih hijau untuk mengetahui mana yang kamu sukai.
  4. Sekarang, saatnya mengupas pisang.
  5. Kamu dapat tetap membiarkan kulitnya jika mau, tapi mengupasnya akan mempercepat prosesnya. Namun tidak akan ada banyak perbedaan rasa diantara keduanya.
  6. Saat kamu mengupasnya, potong memanjang dan hindari mengiris dagingnya.
  7. Biasanya diperlukan waktu 10 hingga 15 menit agar pisang menjadi lebih lunak.
  8. Tetapi periksalah sebelum mengeluarkannya dari air mendidih.
  9. Pisang tidak boleh terlalu keras dan tidak boleh terlalu lunak.
  10. Periksa secara teratur karena pisang tidak boleh hancur.

Sumber Referensi

Filip Maric. 2024. Boiling Bananas: Health Benefits & A Fresh Perspective on Fitness Nutrition [Online] (https://fitnessvolt.com/boiling-bananas/ diakses 17 Maret 2024)

Times of India. 2023. Why Do Some People Eat Banana After Boiling [Online] (https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/food-news/why-do-some-people-eat-banana-after-boiling/photostory/98363060.cms diakses 17 Maret 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya