Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

HIIT : Pacu Detak Jantung Lebih Cepat untuk Kebugaran Tubuh

24 July 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Apa Itu HIIT?

Mengapa Detak Jantung Jadi Lebih Cepat dengan HIIT?

Manfaat Kesehatan dan Kebugaran HIIT

Kesimpulan

Sumber Referensi

HIIT (High-Intensity Interval Training) atau Latihan Interval Intensitas Tinggi belakangan menjadi sorotan dan cukup diminati dalam dunia kebugaran dan olahraga. 

Metode ini menawarkan cara yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kebugaran fisik, membakar kalori, dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Salah satu aspek yang menarik dari HIIT adalah kemampuannya untuk memacu detak jantung lebih cepat dan inilah yang menjadikan HIIT sebagai latihan yang dianggap efektif untuk tujuan kebugaran diatas. 

Lewat artikel ini, mari mengenal HIIT lebih detail, mengapa metode ini cukup diminati serta apa saja manfaat HIIT untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Yuk disimak.

Semoga bermanfaat.

Apa Itu HIIT?

HIIT adalah jenis latihan kardio yang melibatkan serangkaian siklus interval intensitas tinggi yang diikuti oleh periode pemulihan berintensitas rendah. 

Contohnya, kamu dapat berlari secepat mungkin selama 30 detik, diikuti aktivitas berjalan lambat selama 1 menit. Kemudian mengulang siklus ini beberapa kali. 

Metode ini dapat diterapkan untuk berbagai latihan seperti lari, bersepeda, skipping, olahraga menggunakan alat (dumbbell, barbell) dan banyak lagi.

Mengapa Detak Jantung Jadi Lebih Cepat dengan HIIT?

Salah satu keunggulan utama dari HIIT adalah kemampuannya untuk meningkatkan detak jantung secara signifikan dalam waktu yang relatif singkat. 

Hal ini disebabkan oleh sifat interval intensitas tinggi yang menantang. Ketika kamu melakukan latihan dengan intensitas tinggi, maka tubuh akan memerlukan lebih banyak oksigen untuk menyokong otot yang bekerja keras. 

Inilah yang menyebabkan detak jantung kamu meningkat secara drastis.

Dengan melakukan latihan interval seperti ini, kamu akan mengalami lonjakan detak jantung yang cepat, dan ini sering kali mencapai zona latihan yang disarankan oleh para ahli kebugaran untuk meningkatkan dan merawat kesehatan kardiovaskular. 

Periode pemulihan yang lebih ringan juga membantu menjaga detak jantung tetap tinggi selama latihan, tetapi memberi waktu bagi tubuh untuk beristirahat sebelum mencapai intensitas tinggi berikutnya.

Manfaat Kesehatan dan Kebugaran HIIT

Meningkatkan Kondisi Kardiovaskular

Dengan memacu detak jantung jadi lebih cepat, HIIT akan membantu meningkatkan kondisi kardiovaskular kamu. Ini berarti jantung jadi lebih efisien dalam memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuhmu.

Membakar Kalori dengan Cepat

HIIT adalah cara yang efektif untuk membakar kalori lebih banyak dalam waktu singkat. Intensitas tinggi latihan akan meningkatkan tingkat metabolisme tubuhmu, yang membantu membakar lemak bahkan setelah kamu selesai berlatih.

Menjaga Otot dan Meningkatkan Kekuatannya

Selain melatih jantung, HIIT juga melibatkan latihan otot yang intens. Ini membantu menjaga massa otot dan meningkatkan kekuatan fisik kamu.

Fleksibel dan Efisien

Salah satu kelebihan HIIT selanjutnya adalah fleksibilitasnya. Kamu dapat menerapkan metode ini di mana saja, tanpa perlu peralatan khusus. Selain itu, HIIT bisa sangat efisien sebab sesi latihan singkat dengan intensitas tinggi dapat memberikan manfaat yang sama dengan latihan kardio tradisional yang dipraktekkan dalam waktu lebih lama.

Kesimpulan

HIIT adalah metode latihan yang efektif untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, membakar kalori, dan meningkatkan kebugaran fisik. Kemampuannya untuk memacu detak jantung lebih cepat membuatnya menjadi latihan yang efisien dan efektif. 

Namun, karena intensitasnya yang tinggi, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum memulai program HIIT. 

Terutama jika kamu memiliki kondisi medis tertentu atau tidak terbiasa dengan latihan intensitas tinggi. 

Tetap konsisten dan disiplin dalam berlatih agar kamu bisa merasakan manfaat kesehatan dan kebugaran yang luar biasa dari HIIT!

Sumber Referensi

Fadli Adzani. 2023. Mengenal Apa Itu HIIT (High-Intensity Interval Training) dan Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan [online] (https://www.sehatq.com/artikel/hiit-olahraga-berintensitas-tinggi-yang-manfaatnya-berlimpah diakses 22 Juli 2023)

Ria Apriani Kusumastuti. 2023. Mengenal Apa Itu High Intensity Interval Training dan Manfaatnya [online] (https://health.kompas.com/read/23B11060000268/mengenal-apa-itu-high-intensity-interval-training-dan-manfaatnya diakses 22 Juli 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya