Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Rekomendasi Olahraga Yang Bisa Bakar Banyak Kalori

23 November 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1.Berlari

2. Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT)

3. Berenang

4. Bersepeda

5. Angkat Beban

6. Jogging

7. Crossfit

8. Bermain Basket

Kamu ingin mencapai target berat badan ideal? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan olahraga kardio secara rutin. Aktivitas fisik ini disebut bisa membakar lemak, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan secara berkelanjutan.

Selain itu aktivitas fisik berupa olahraga kardio juga bisa meningkatkan detak jantung dan membuat metabolisme tubuh lebih baik. Konon semakin banyak jantung berdetak, maka semakin banyak lemak yang akan dibakar.

Lantas, olahraga kardio apa yang tepat dilakukan agar target berat badan ideal kamu tercapai?

Berikut ini sudah ada daftarnya:

1.Berlari

Jenis olahraga kardio pertama adalah sprint atau berlari. Aktivitas fisik ini sangat baik untuk membakar kalori paling banyak dalam waktu singkat. Tidak hanya membakar banyak kalori, gerakan ini juga bisa meningkatkan kecepatan dan intensitas agar memberikan penurunan tubuh signifikan.

Apabila kamu melakukan jogging selama satu jam maka bisa membakar sekitar 444 kalori. Kamu dapat melakukannya di ruang terbuka, di atas treadmill, bahkan hanya dengan menaiki tangga. Berlari juga tidak akan membutuhkan alat apa pun selain sepatu.

2. Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT)

HIIT ini dapat memberikan kamu latihan menyeluruh sekaligus membakar banyak lemak dan kalori. Kamu dapat membakar sekitar 500-1500 kalori per jamnya untuk pria dengan berat 80 kg. Disebutkan bila latihan ini sangat bagus untuk dilakukan karena intensitas setiap latihan, variasi dan repetisinya. Oleh karena itu, lakukan latihan ini secara rutin.

3. Berenang

Saat berenang, seluruh tubuh memperoleh latihan bahkan sejak menginjak air. Hal ini karena tubuh melawan gravitasi, jadi otot bekerja lebih keras agar bisa bertahan tanpa istirahat sampai keluar dari air. Diketahui bila berenang selama satu menit bisa membakar 14 kalori. Cobalah lakukan secara rutin agar berat badan bisa mengalami penurunan signifikan.

4. Bersepeda

Kamu dapat bersepeda di luar ruangan atau di dalam ruangan menggunakan sepeda stasioner. Diketahui bila banyak sekali kalori yang dapat dibakar saat melakukan olahraga ini. Seseorang yang mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi bisa membakar sampai 1.000 kalori per jam. Namun, bila kecepatan yang dipilih sedang, kalori akan terbakar ada di kisaran 600 per jam.

5. Angkat Beban

Angkat beban merupakan latihan ketahanan yang baik untuk penurunan berat badan dan kemungkinan besar menghilangkan otot di dalam tubuh. Saat latihan beban, pembangunan otot bisa membantu meningkatkan metabolisme sehingga berat badan menurun. Disebutkan bila jumlah kalori yang terbakar dalam satu jam latihan di kisaran 360-500 kalori.

6. Jogging

Capai target lari maksimal dan bakar lemak makin efektif dengan bantuan sepatu lari terbaik. Bagi kamu yang sibuk beraktivitas, jogging bisa menjadi olahraga pilihan kalian. Jogging sangat fleksibel dan bisa dilakukan saat pagi maupun sore hari tergantung kemampuan kalian. Orang dewasa yang memiliki berat badan 70 kg dapat membakar sekitar 444 kalori per jam. Sedangkan orang dewasa dengan berat badan 84 kg lari bisa membakar sekitar 533 kalori per jam. Layaknya bersepeda, jogging adalah olahraga kardio yang cukup ampuh dalam membakar lemak, serta mencegah nyeri sendi. Selain itu, bisa meningkatkan daya serap oksigen pada otot, serta meningkatkan imunitas tubuh.

7. Crossfit

Meski belum tampak familiar, crossfit merupakan jenis latihan yang biasa digunakan oleh para aktor dan aktris untuk membentuk tubuh idealnya. Pada umumnya, crossfit menggabungkan olahraga kardiovaskular dengan angkat beban dalam sebuah circuit training. Crossfit bisa membakar sekitar 700 kalori per jam. Sehingga bisa melatih kekuatan otot dan stamina sekaligus.

8. Bermain Basket

Olahraga yang satu ini cukup dikenal oleh banyak orang karena seru dan menantang. Selain itu, kamu juga dapat bermain bersama sahabat, waktu olahraga menjadi menyenangkan. Basket dapat membantu membakar 650-750 kalori per jam. Tidak hanya seru, bola basket juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Misalnya saja seperti membangun ketahanan tubuh, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kesehatan kardiovaskuler, dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

Nah, itu saja berbagai jenis olahraga kardio yang dapat dilakukan untuk membakar lemak sehingga target kamu mencapai berat badan ideal bisa tercapai. Dengan melakukan beberapa olahraga secara rutin, bukan berat badan saja yang menurun namun juga tubuh jadi lebih sehat secara keseluruhan.

article

Artikel Terkait Lainnya