Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Cara Menjaga Berat Badan dengan Latihan Yoga

02 July 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Alasan Mengapa Yoga Efektif dalam Menjaga Berat Badan

Jenis Yoga untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Tips untuk Memaksimalkan Latihan Yoga

Sumber Referensi

Menjaga berat badan ideal merupakan tantangan bagi banyak orang. Seiring perkembangan zaman, semakin banyak metode yang ditawarkan untuk mencapai tujuan ini, salah satunya adalah dengan latihan yoga

Yoga, sebagai bentuk latihan yang menyatukan tubuh dan pikiran, menawarkan berbagai manfaat yang bisa membantu kamu mempertahankan berat badan ideal. Lantas mengapa yoga? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

Alasan Mengapa Yoga Efektif dalam Menjaga Berat Badan

Yoga adalah bentuk latihan yang menggabungkan teknik pernapasan, meditasi, dan gerakan (pose) fisik untuk meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan tubuh. Selain itu, yoga juga membantu dalam meredakan stres.

Yang sering kali menjadi salah satu faktor utama dalam kenaikan berat badan. Berikut beberapa alasan mengapa yoga efektif dalam menjaga berat badan ideal.

1. Efektif Membakar Kalori

Meskipun latihan yoga tidak seintensif latihan kardio seperti berlari atau bersepeda, beberapa jenis yoga, seperti Vinyasa dan Ashtanga, cukup dinamis dan dapat membakar kalori dengan efektif. Melakukan sesi yoga yang intens dan rutin dapat membantu membakar kalori yang pada akhirnya, membantu menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan Metabolisme

Latihan yoga dapat meningkatkan fungsi metabolisme tubuh. Pose-pose tertentu dalam yoga, seperti Backbend, Shoulder Stand dan Plough Pose, merangsang kelenjar tiroid yang bertanggung jawab mengatur metabolisme. Metabolisme yang baik berarti tubuh jadi lebih baik pula dalam hal membakar kalori.

3. Meningkatkan Keseimbangan Hormon

Yoga membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh, termasuk hormon stres seperti kortisol. Tingginya kadar kortisol dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut. Dengan mengurangi stres melalui yoga, kamu dapat mengurangi kadar kortisol dan mencegah penumpukan lemak yang tidak diinginkan.

4. Meningkatkan Kesadaran Diri

Yoga mendorong kesadaran diri yang lebih tinggi terhadap tubuh dan kebiasaan makan sehari-hari. Diharapkan dengan lebih sadar terhadap apa yang kamu makan dan bagaimana perasaan (reaksi) tubuh setelah makan, kamu dapat membuat pilihan yang lebih sehat. Sehingga kebiasaan makan berlebihan atau makan makanan kurang bergizi (junk food atau makanan olahan) bisa dihindari.

Jenis Yoga untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Tidak semua jenis yoga diciptakan sama dalam hal manfaat untuk menjaga berat bada tetap ideal. Berikut beberapa jenis yoga yang efektif untuk membantu menjaga berat badan ideal.

1. Vinyasa Yoga

Vinyasa Yoga adalah salah satu bentuk yoga yang paling dinamis. Sesi Vinyasa terdiri dari serangkaian pose yang dilakukan dengan gerakan cepat dan mengalir atau tidak berhenti sembarangan (flowing), yang dapat meningkatkan denyut jantung dan membakar kalori. Jenis yoga ini sangat cocok untuk kamu yang ingin latihan yoga lebih intens.

2. Ashtanga Yoga

Ashtanga Yoga melibatkan serangkaian pose yang dilakukan dalam urutan yang sama setiap kali. Ini adalah bentuk yoga yang cukup menantang secara fisik (tidak dianjurkan untuk usia lanjut). Sehingga melakukannya secara rutin dapat membantu dalam pembentukan otot serta pembakaran kalori. Konsisten dalam berlatih Ashtanga juga dapat membantu meningkatkan disiplin diri.

3. Power Yoga

Power Yoga adalah versi yang lebih modern dari yoga tradisional yang lebih fokus pada kebugaran fisik. Sesi Power Yoga biasanya lebih cepat dan lebih intens dari pada bentuk yoga lainnya seperti Hatha yoga, sehingga efektif untuk membakar lebih banyak kalori.

4. Bikram Yoga

Bikram Yoga, atau dikenal juga sebagai Hot Yoga, dilakukan dalam ruangan yang dipanaskan hingga mencapai suhu sekitar 40 derajat celsius. Latihan ini tidak dianjurkan untuk lansia dan orang yang baru mencoba yoga untuk pertama kalinya. Namun meski begitu, manfaatnya dalam detoksifikasi tubuh dan pembakaran kalori yang signifikan, tak perlu diragukan.

Tips untuk Memaksimalkan Latihan Yoga

Untuk memaksimalkan manfaat dari latihan yoga, kamu bisa mempertimbangkan beberapa tips berikut.

  • Lakukan yoga secara rutin, idealnya setiap hari atau setidaknya 3-4 kali seminggu. Konsistensi akan membantu kamu melihat hasil yang lebih cepat.
  • Kombinasikan dengan pola makan sehat karena yoga akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang. 
  • Hindari makanan olahan dan berlemak tinggi, dan fokuslah pada makanan yang kaya nutrisi.
  • Jangan memaksakan diri, dengarkan tubuh dan beristirahatlah jika diperlukan karena yoga adalah tentang keseimbangan, bukan paksaan.
  • Mulailah dengan pemanasan ringan untuk mempersiapkan otot dan akhiri dengan pendinginan untuk mencegah cedera.
  • Gunakan props yoga seperti yoga block, yoga strap atau lainnya untuk membantu kamu memaksimalkan pose dan menjaga posisi tubuh yang benar.
  • Jika kamu baru memulai yoga, pertimbangkan untuk mengikuti kelas dengan instruktur yang berpengalaman. 

.

Jangan lupa kunjungi NIRVANA STORE jika kamu sedang mencari alat bantu yoga seperti matras yoga premium, yoga block, yoga strap dan berbagai perlengkapan olahraga lainnya untuk mendukung latihan yogamu.

Tempat terbaik untuk memenuhi semua kebutuhan yogamu. Keamanan dan kenyamanan dalam berlatih yoga dimulai dari perlengkapan yang tepat, jadi pastikan kamu membeli di tempat terbaik, di NIRVANA STORE!

Sumber Referensi

Emily Cronkleton. 2023. Yoga for Weight Loss [Online] (https://www.healthline.com/health/yoga-for-weight-loss diakses 2 Juli 2024)

Mountain Top Clinic. 2024. Yoga For Weight Loss: How Can Yoga Help You Keep Your Weight In Check! [Online] ) (https://mountaintopclinic.com/yoga-for-weight-loss-how-can-yoga-help-you-keep-your-weight-in-check/ diakses 2 Juli 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya