Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Manfaat Yoga Sebelum Tidur Lengkap dengan Tips Melakukannya

03 October 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Manfaat Yoga Sebelum Tidur Lengkap dengan Tips Melakukannya

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

2. Meredakan Stres dan Kecemasan

3. Meningkatkan Fleksibilitas dan Meredakan Nyeri Otot

4. Merawat Postur Tubuh

5. Menjaga Keseimbangan Emosional

Jenis Yoga Yang Cocok Dilakukan Sebelum Tidur

Tips Melakukan Yoga Sebelum Tidur

Sumber Referensi

Di tengah kehidupan yang serba sibuk, kualitas tidur sering kali terabaikan. Banyak orang mengalami kesulitan tidur atau insomnia akibat stres, kecemasan, atau pola hidup yang tidak sehat. Salah satu cara yang efektif dan alami untuk meningkatkan kualitas tidur adalah dengan melakukan yoga secara rutin.

Lewat artikel ini, kita akan membahas manfaat yoga sebelum tidur lengkap dengan tips untuk melakukannya. 

Manfaat Yoga Sebelum Tidur Lengkap dengan Tips Melakukannya

Berikut adalah lima manfaat yoga sebelum tidru untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat pertama dan yang paling menonjol dari melakukan yoga sebelum tidur secara rutin adalah untuk meningkatkan kualitas tidur. Banyak orang mengalami masalah tidur karena stres atau ketegangan fisik yang menumpuk sepanjang hari. Yoga membantu menenangkan pikiran dan melepaskan ketegangan fisik dari tubuh. 

Beberapa asana yang lembut seperti Child's Pose (Balasana) atau Legs Up the Wall Pose (Viparita Karani) dapat merangsang sistem saraf parasimpatis yang bertanggung jawab untuk relaksasi, membuat tubuh lebih siap untuk tidur. Saat tubuh mengalami peningkatan dalam kualitas tidur maka kamu akan bangun dengan perasaan lebih segar dan bugar.

2. Meredakan Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan adalah dua penyebab utama gangguan tidur. Ketika pikiran kita terlalu sibuk mengkhawatirkan sesuatu, tidur pun menjadi hal yang sulit. Melakukan yoga sebelum tidur bisa menjadi salah satu cara untuk meredakan dua hal tersebut. Sebab saat berlatih yoga, kita akan “dibantu” untuk melepas beban emosional yang terbawa sepanjang hari. 

Savasana (pose tubuh), yang biasanya dilakukan di akhir sesi yoga, sangat membantu untuk menenangkan pikiran. Teknik pernapasan seperti Pranayama  juga dapat membantu membawa rasa tenang terhadap tubuh. Dengan pikiran yang lebih mudah tenang, maka tubuh pun akan semakin siap untuk beristirahat.

3. Meningkatkan Fleksibilitas dan Meredakan Nyeri Otot

Setelah seharian beraktivitas, tubuh kita berpotensi besar mengalami kekakuan dan ketegangan otot, terutama di area leher, punggung bawah, dan bahu. Melakukan yoga sebelum tidur dapat membantu melepaskan ketegangan ini, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi nyeri otot.

Asana seperti Cat-Cow Stretch (Marjaryasana-Bitilasana) atau Seated Forward Bend (Paschimottanasana) diyakini bagus untuk membantu meregangkan otot-otot yang kaku dan mengurangi rasa sakit di punggung dan pinggul. Dengan melonggarkan otot-otot ini sebelum tidur, kamu dapat merasa lebih nyaman saat berbaring. Sehingga mengurangi risiko bangun dengan rasa tidak nyaman di pagi hari.

4. Merawat Postur Tubuh

Banyak dari kita menghabiskan waktu duduk di depan komputer atau menggunakan ponsel sepanjang hari, yang dapat menyebabkan postur tubuh memburuk. Melakukan yoga sebelum tidur secara teratur dapat membantu merawat postur tubuh dengan memperkuat otot-otot inti dan punggung.

Asana seperti Bridge Pose (Setu Bandhasana) atau Cobra Pose (Bhujangasana) dapat membantu merawat tulang belakang dan membuka bahu (shoulder opening). Sehingga efek buruk dari postur tubuh yang buruk berkurang. Ketika postur tubuh terawatt, kamu pun bisa tidur lebih nyenyak dan bangun dengan bugar.

5. Menjaga Keseimbangan Emosional

Berlatih yoga sebelum tidur bukan hanya bermanfaat untuk tubuh secara fisik, tetapi juga membantu menyeimbangkan emosi. Seiring dengan ketegangan fisik yang kita alami, stres emosional sering kali menumpuk selama hari-hari yang sibuk. 

Beberapa asana, seperti Reclined Butterfly Pose (Supta Baddha Konasana), membantu membuka area pinggul yang diyakini menyimpan banyak kekakuan otot dan sendi, yang jika dibiarkan akan berpengaruh pada tingkat emosional. Diharapkan dengan melepaskan ketegangan dari tubuh ini, kamu dapat merasa lebih nyaman sehingga tingkat emosional tetap terjaga. 

Jenis Yoga Yang Cocok Dilakukan Sebelum Tidur

Tidak semua jenis yoga cocok dilakukan sebelum tidur, sebab yoga dengan gerakan yang dinamis dan energik seperti Vinyasa atau Astangga tidak dianjurkan dilakukan sebelum tidur. Jenis yoga yang cocok dilakukan sebelum tidur adalah yoga yang fokus pada gerakan lembut dan perlahan, relaksasi dan pernapasan mendalam untuk menenangkan tubuh serta pikiran. Beberapa jenis yoga yang direkomendasikan meliputi Yin Yoga, Restorative Yoga dan Hatha Yoga.

  • Yin Yoga

Yin Yoga adalah jenis yoga yang berfokus pada asana yang dipraktikkan secara pasif dengan gerakan lambat dan ditahan dalam jangka waktu yang lebih lama (biasanya 3-5 menit per pose). Tujuannya adalah untuk meregangkan jaringan ikat seperti ligamen, tulang, dan sendi, serta membantu menenangkan sistem saraf. Yin Yoga sangat cocok sebelum tidur karena memungkinkan tubuh dan pikiran untuk rileks sepenuhnya.

  • Restorative Yoga

Restorative Yoga adalah bentuk yoga menggunakan alat bantu seperti bantal, blok, atau selimut untuk menopang tubuh dalam posisi yang sangat relaks. Asana dalam restorative yoga dirancang untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang membantu mempercepat relaksasi pada tubuh. 

  • Hatha Yoga

Hatha Yoga adalah jenis yoga paling banyak dipraktikkan di dunia, ibu dari segala jenis yoga yang menekankan keseimbangan antara asana dan pernapasan. Mayoritas gerakan dalam Hatha Yoga biasanya lembut dan terkontrol. Itulah yang membuatnya cocok untuk dilakukan sebelum tidur dan sering direkomendasikan untuk para pemula yang ingin mencoba yoga untuk pertama kalinya. 

Tips Melakukan Yoga Sebelum Tidur

  • Fokus pada asana yang membantu tubuh dan pikiran relaks, seperti Child's Pose, Legs Up the Wall, atau Savasana. 
  • Hindari asana yang terlalu dinamis atau menguras energi seperti arm balance.
  • Gunakan teknik pernapasan dengan tepat untuk membantu memperlambat detak jantung dan menenangkan sistem saraf.
  • Pastikan kamu berlatih di tempat yang tenang dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang ataupun terlalu gelap.
  • Sama seperti rutinitas lainnya, konsistensi dalam melakukan yoga sebelum tidur sangat penting. 
  • Jadi pastikan kamu melakukannya secara rutin setiap malam selama 15-20 menit untuk merasakan manfaatnya. 
  • Selamat mencoba, dan semoga tidur kamu jadi lebih nyenyak dan berkualitas. Namaste.

Sumber Referensi

Courtney Sullivan. 2014. Bedtime Yoga: How to Relax for a Good Night’s Sleep [Online] (https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/bedtime-yoga diakses 3 Oktober 2024)

Cristina Mutchler. 2024. Why You Should Try Bedtime Yoga [online] (https://www.verywellhealth.com/yoga-for-sleep-5219778 diakses 3 Oktober 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya