Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Mengenal 3 Jenis Yoga yang Cocok Untuk Relaksasi

24 May 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Mengapa Yoga Efektif untuk Relaksasi?

Jenis-Jenis Yoga untuk Relaksasi

1. Hatha Yoga

2. Restorative Yoga

3. Yin Yoga

Dapatkan Perlengkapan Yoga Berkualitas di Nirvana Store!

Sumber Referensi

Selain manfaat fisik seperti meningkatkan fleksibilitas tubuh, yoga juga dikenal karena kemampuannya membantu meredakan stres dan menenangkan pikiran. Namun, bagi beberapa orang, dengan berbagai jenis yoga yang ada, memilih yang paling cocok untuk tujuan ini bisa menjadi tantangan tersendiri. 

Kamu mungkin kebingungan memilih jenis yoga mana yang cocok untuk relaksasi. Untuk itu, lewat artikel ini akan dipaparkan mengenai beberapa jenis yoga yang efektif untuk relaksasi. Diharapkan dengan paparan ini dapat membantu kamu memahami, jenis yoga mana yang mungkin paling sesuai untuk kamu.

Mengapa Yoga Efektif untuk Relaksasi?

Sebelum membahas jenis-jenis yoga yang cocok untuk relaksasi seacara spesifik, penting untuk memahami mengapa yoga bisa efektif untuk relaksasi. Yoga mengkombinasikan pose fisik (asana), teknik pernapasan (pranayama), dan meditasi untuk mencapai keadaan pikiran yang tenang dan tubuh yang rileks. 

Ketiga hal ini kelak berperan penting dalam meredakan stres dan kecemasan

  • Pose Fisik (Asana): Pose-pose yoga membantu meregangkan dan menguatkan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi ketegangan fisik.
  • Teknik Pernapasan (Pranayama): Latihan pernapasan membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi stres, dan meningkatkan fokus.
  • Meditasi: Meditasi membantu menenangkan pikiran, meningkatkan kesadaran diri, dan meredakan ketegangan mental.

Jenis-Jenis Yoga untuk Relaksasi

1. Hatha Yoga

  • Apa Itu Hatha Yoga?

Hatha Yoga adalah salah satu bentuk yoga yang paling umum dan populer di seluruh dunia. Ini adalah dasar dari banyak jenis yoga lainnya dan berfokus pada keseimbangan antara kekuatan dan fleksibilitas tubuh. Kata "Hatha" sendiri berasal dari kata Sanskerta "Ha" (matahari) dan "Tha" (bulan), yang melambangkan keseimbangan energi dalam tubuh.

  • Mengapa Hatha Yoga Baik untuk Relaksasi?

Hatha yoga menekankan teknik pernapasan yang dalam dan teratur (pranayama), yang membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi ketegangan mental. Selain itu, setiap pose dalam Hatha yoga dilakukan dengan lambat dan penuh kesadaran, memungkinkan tubuh untuk merasakan setiap gerakan dan mengurangi ketegangan otot. 

Hatha yoga juga mengajak praktisinya untuk fokus pada saat ini, meningkatkan kesadaran penuh yang membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan rasa tenang. Kombinasi ini, pernapasan yang dalam dan teratur, gerakan terkontrol, dan fokus pada kesadaran menjadikan Hatha yoga menjadi cara yang efektif untuk mencapai relaksasi.

  • Pose Hatha Yoga yang Cocok untuk Relaksasi
  1. Child's Pose (Balasana): Pose ini sangat baik untuk merilekskan punggung dan memberikan rasa nyaman.
  2. Corpse Pose (Savasana): Pose yang sempurna untuk mengakhiri sesi yoga dengan relaksasi total tubuh dan pikiran.
  3. Reclining Bound Angle Pose (Supta Baddha Konasana): Pose ini membantu membuka pinggul dan dada, serta memberikan relaksasi mendalam.

2. Restorative Yoga

  • Apa Itu Restorative Yoga?

Restorative Yoga adalah bentuk yoga yang berfokus pada pemulihan dan relaksasi mendalam. Sesi Restorative Yoga biasanya melibatkan penggunaan alat bantu seperti yoga blanket, yoga block, yoga bolster dan lainnya untuk mendukung tubuh dalam mempraktikkan pose. Tujuannya adalah untuk merelaksasi tubuh sepenuhnya dan memungkinkan pemulihan alami.

  • Mengapa Restorative Yoga Baik untuk Relaksasi?

Restorative Yoga dirancang untuk merelaksasi tubuh dan pikiran secara mendalam. Saat mempraktikkan restorative yoga, pose akan ditahan selama beberapa menit hingga beberapa puluh menit, memungkinkan tubuh benar-benar merelaksasi. Mengaktifkan Sistem Saraf Parasimpatis, membantu mengurangi stres dan meningkatkan perasaan tenang dan nyaman.

  • Pose Restorative Yoga yang Cocok untuk Relaksasi
  1. Supported Child's Pose: Menggunakan bolster atau bantal di bawah dada memberikan dukungan ekstra dan relaksasi mendalam.
  2. Legs-Up-the-Wall Pose (Viparita Karani): Pose ini membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan rasa relaksasi mendalam pada kaki dan punggung bawah.
  3. Supported Savasana: Menggunakan bolster di bawah lutut atau kepala untuk dukungan ekstra, pose ini sangat baik untuk relaksasi total.

3. Yin Yoga

  • Apa Itu Yin Yoga?

Yin Yoga adalah bentuk yoga yang berfokus pada peregangan mendalam dan pemanjangan jaringan ikat di dalam tubuh, seperti ligamen, tulang, dan sendi. Yin Yoga lebih pasif dan mengharuskan kamu mempertahankan/menahan pose selama beberapa menit, sering kali dengan bantuan gravitasi untuk memperdalam peregangan.

  • Mengapa Yin Yoga Baik untuk Relaksasi?

Dalam Yin yoga, setiap postur (asana) biasanya ditahan selama 3 hingga 5 menit atau bahkan lebih lama. Waktu tahan yang panjang ini memungkinkan otot-otot untuk benar-benar rileks dalam postur tersebut, membantu mengurangi ketegangan fisik.

Selain itu saat mempertahankan postur, kamu akan diajak untuk fokus pada pernapasan dan sensasi tubuh, sehingga meningkatkan kesadaran diri. Dengan durasi tahan postur yang panjang dan gerakan yang lambat, Yin yoga menyediakan ruang bagi kamu untuk refleksi dan introspeksi. Ini memberikan kesempatan untuk melepaskan beban emosional, yang penting untuk mencapai relaksasi.

  • Pose Yin Yoga yang Cocok untuk Relaksasi
  1. Butterfly Pose (Baddha Konasana): Pose ini membantu membuka pinggul dan merelaksasi punggung bawah.
  2. Caterpillar Pose: Pose ini memberikan peregangan mendalam pada punggung bawah dan hamstring, membantu merelaksasi ketegangan di area tersebut.
  3. Dragon Pose: Pose ini membantu meregangkan otot pinggul dan paha, serta memberikan relaksasi mendalam pada tubuh bagian bawah.

Itulah tiga jenis yoga yang cocok dipraktikkan untuk relaksasi. Berlatih yoga secara rutin adalah salah satu cara yang luar biasa untuk mencapai relaksasi. Sesuaikan jenis yoga yang akan dipraktikkan dengan kebutuhan, kondisi tubuh dan preferensi kamu. 

Hatha Yoga menawarkan keseimbangan antara kekuatan dan fleksibilitas, Restorative Yoga menyediakan relaksasi mendalam melalui pose yang didukung alat bantu, dan Yin Yoga memberikan peregangan mendalam untuk melepaskan ketegangan tubuh.

Diharapkan dengan mengintegrasikan salah satu atau lebih dari jenis yoga diatas ke dalam rutinitas sehari-hari, kamu dapat merasakan manfaatnya untuk peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Dapatkan Perlengkapan Yoga Berkualitas di Nirvana Store!

Jangan lupa kunjungi Nirvana Store jika kamu sedang mencari alat bantu yoga seperti matras yoga premium, yoga block, yoga strap dan berbagai perlengkapan lainnya untuk mendukung latihan yogamu. 

Dapatkan produk berkualitas dengan harga terjangkau hanya di Nirvana Store, tempat terbaik untuk memenuhi semua kebutuhan yogamu. Keamanan dan kenyamanan dalam berlatih yoga dimulai dari perlengkapan yang tepat, jadi pastikan kamu membeli di tempat terbaik, di NIRVANA STORE!

Penting untuk diingat, mulailah latihan yoga untuk relaksasi dengan beberapa pose sederhana, seminggu sekali dan tingkatkan intensitas latihan secara bertahap. 

Ingat jangan paksakan diri latihan yoga adalah tentang penghormatan terhadap perkembangan diri sendiri. Bukan memaksa mencapai target dalam waktu tertentu. Jadi, latihan yoga yang aman harus selalu menjadi prioritas.

Selamat berlatih yoga. Namaste!

Sumber Referensi

Arunima Singhdeo. 2024. Benefits of Practicing Yin Yoga [Online] (https://www.shvasa.com/yoga-blog/benefits-of-practicing-yin-yoga diakses 24 Mei 2024)

Sara Lindberg. 2020. The Benefits of Restorative Yoga and Poses to Try [Online] (https://www.healthline.com/health/restorative-yoga-poses#benefits diakses 24 Mei 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya