Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kualitas Tidur

30 August 2022

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Suka Main HP Saat Terbangun Tengah Malam

2. Tidur Sembari Mendengarkan Musik Pakai Headset

3. Tidur dengan Posisi yang Tidak Tepat

4. Memaksakan Tidur dengan Perut kosong

5. Tidur Tanpa Membersihkan Diri

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk mengistirahatkan tubuh setelah aktif seharian dalam melakukan banyak pekerjaan. Namun, tahukah kamu bahwa terkadang kebiasaan sehari-hari justru menurunkan kualitas tidur? Dimana efeknya jadi kurang istirahat.

Misalnya saja main handphone jika terbangun tengah malam. Tidur dalam kondisi tidak bersih dan perut kosong, bahkan kebiasaan tidur dengan posisi yang tidak nyaman, maka akan menimbulkan efek kurang istirahat, ngantuk dan cenderung lemas ketika menjalani hari.

Kamu akan merasakan kerugiannya sendiri, bila terus melakukan hal tersebut. Jadi sebisa mungkin hentikan kebiasaan yang merusak kualitas tidurmu seperti yang ada di bawah ini.

1. Suka Main HP Saat Terbangun Tengah Malam

Apabila kamu tipe orang yang suka terbangun di tengah malam dan setelahnya main handphone, ini juga termasuk kebiasaan yang bisa merusak kualitas tidurmu. Ini karena bermain handphone ketika bangun tengah malam dapat membuatmu menjadi sulit tidur lagi setelahnya.

Jadi rasa kantuk akan hilang dan kamu akhirnya menjadi kurang tidur. Baik itu, main handphone untuk scroll media sosial, main game, bahkan baca komik atau nonton film, disarankan tidak menjadikan itu kebiasaan.

2. Tidur Sembari Mendengarkan Musik Pakai Headset

Kebiasaan lainnya yang dapat merusak kualitas tidur adalah tidur sambil mendengarkan musik menggunakan headset. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ini karena mendengarkan musik membuat otak tetap tersimulasi.

Selain itu tidur dalam kondisi seperti ini juga sangat berbahaya terutama jika volume musik yang diputar terlalu keras hingga lama-kelamaan dapat merusak telinga. Belum lagi resiko leher kamu terbelit tali headset, jadi paling aman untukmu adalah tidak menggunakan headset. Jika ingin mendengarkan musik, sebaiknya pilih musik yang mengalun dengan lembut dan putar lewat bantuan speaker.

3. Tidur dengan Posisi yang Tidak Tepat

Salah satu kebiasaan yang sering disepelekan adalah tidur dengan posisi yang tidak nyaman. Biasanya, hal ini terjadi karena tertidur tanpa sengaja saat menonton TV atau lembur di meja kerja.

Jika seperti ini bagaimana cara mengatasinya? Untuk bisa menghindarinya maka kamu bisa langsung bergegas ke tempat tidur bila rasanya sudah ngantuk berat.

Lalu untuk posisi yang berganti tanpa disadari saat tertidur, maka kamu bisa mencoba untuk memperbaiki posisi tidur setiap kali terbangun. Hal ini karena posisi tidur yang salah bisa membuat badan menjadi pegal-pegal ketika bangun dan kualitas tidur akan menjadi berkurang.

4. Memaksakan Tidur dengan Perut kosong

Saat ini banyak orang yang menganggap enteng kebiasaan seperti ini, baik itu karena terlalu lelah atau memang malas makan. Memaksakan tidur dengan kondisi perut kosong ini dapat merusak kualitas tidurmu.

Bila dibiarkan berlarut-larut akan menjadi kebiasaan yang dapat memicu insomnia. Membiarkan perut kosong semalaman juga akan memicu kondisi tubuh menjadi lemas dan sakit, ketika bangun. Tentu, yang rugi adalah kamu bukan.

5. Tidur Tanpa Membersihkan Diri

Tidur tanpa membersihkan diri juga menjadi salah satu kebiasaan buruk yang bisa mengurangi kualitas tidurmu. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu terlalu lelah setelah melakukan aktivitas panjang dan berat seharian. Sehingga rasa lelah untuk mandi dan membersihkan diri membuat kamu tertidur begitu saja.

Kondisi tubuh yang tidak bersih ketika tidur, dapat membuat tempat tidurmu menjadi ikutan kotor. Belum lagi efek gatal pada kulit yang terjadi ketika tidur. Tidur pun menjadi tidak nyenyak dan kondisi tubuhmu juga tidak baik jika terus menerus dibiarkan.

Kesimpulannya, jika kualitas tidurmu belakangan ini buruk atau menurun maka cobalah untuk introspeksi diri. Bisa jadi lima kebiasaan yang ada di atas tanpa kamu sadari sering kamu lakukan.

article

Artikel Terkait Lainnya