Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Cara Meringankan Nyeri Otot Setelah Olahraga

06 March 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Apa Itu Nyeri Otot Setelah Olahraga?

Penyebab Munculnya Nyeri Otot Setelah Olahraga

Cara Meringankan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Jenis Nyeri Otot Setelah Olahraga yang Perlu Diwaspadai

Sumber Referensi

Rupanya, tak sedikit orang yang mengalami nyeri otot setelah olahraga. Umumnya nyeri otot setelah olahraga merupakan hal yang sering terjadi. 

Meski begitu, hal ini tidak berbahaya, namun terkadang keluhan ini menimbulkan kekhawatiran adanya cedera yang serius.

Lantas apa penyebab terjadinya nyeri otot setelah olahraga? Bagaimana cara meringankan nyeri otot setelah olahraga? 

Lewat artikel berikut akan diulas penyebab hingga cara meringankan nyeri otot setelah olahraga.

Semoga bermanfaat!

Apa Itu Nyeri Otot Setelah Olahraga?

Biasanya, nyeri otot setelah olahraga dialami oleh orang yang kembali berolahraga setelah lama tidak melakukannya. 

Selain itu juga dirasakan oleh orang yang baru saja meningkatkan intensitas olahraga, atau mencoba jenis olahraga baru.

Sementara dalam istilah medis, nyeri dan kaku otot yang muncul setelah olahraga disebut sebagai delayed onset muscle soreness atau DOMS. 

Nyeri otot ini sendiri biasanya muncul dalam waktu 24-48 jam setelah berolahraga dengan intensitas cukup tinggi seperti jogging, aerobik, atau angkat beban.

Kondisi yang mungkin dikeluhkan adalah nyeri otot ringan hingga berat, kaku otot, pegal-pegal, sedikit pembengkakan pada otot, dan berkurangnya kekuatan otot untuk sementara waktu. 

Bila otot diistirahatkan, keluhan nyeri dan kaku tersebut biasanya akan lebih cepat membaik.

Penyebab Munculnya Nyeri Otot Setelah Olahraga

DOMS atau kondisi nyeri otot biasanya sering terjadi setelah aktivitas fisik atau olahraga berat. 

Hal ini bisa terjadi saat jaringan otot tubuh berusaha beradaptasi dengan memperbaiki dan menambah massa jaringan otot. Reaksi ini pada dasarnya merupakan hal yang normal terjadi.

DOMS bisa terjadi akibat penumpukan asam laktat sebagai hasil metabolisme otot, cedera ringan pada otot, kerusakan jaringan ikat dan otot, peradangan pada otot, serta perubahan kadar elektrolit dan enzim pada otot.

Perlu diketahui bahwa orang yang jarang melakukan pemanasan atau tidak melakukan pemanasan dengan baik sebelum berolahraga memiliki risiko yang tinggi mengalami DOMS. 

Maka dari itu, usahakan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

Cara Meringankan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

1. Minum Air yang Cukup

Tetap terhidrasi merupakan aspek penting dari pemulihan otot. Air bermanfaat untuk membuat cairan bergerak melalui sistem tubuh yang meredakan peradangan, membuang produk limbah, dan memberikan nutrisi ke otot. Oleh sebab itu, penting untuk minum air yang cukup setelah olahraga.

2. Pemijatan Lembut

Saat mengalami nyeri otot setelah berolahraga, berikan pijatan ringan dan lembut. Hal ini terbukti bisa meningkatkan aliran darah dan merangsang saraf. Sehingga bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan otot. Dalam hal ini juga bisa mencoba thai massage yang telah terbukti bisa membantu proses pemulihan atlet.

3. Kompres dengan Air Dingin atau Hangat

Bila muncul rasa nyeri baru dan terdapat sedikit pembengkakan pada otot, bisa mengompresnya dengan kompres dingin selama 10-15 menit. Setelah rasa nyeri mereda dan tidak ada lagi pembengkakan, maka bisa mempercepat pemulihannya dengan kompres hangat selama 10-15 menit. Setelah itu bisa juga dengan mandi air hangat.

4. Banyak Istirahat

Agar pemulihan otot bisa cepat teratasi, disarankan untuk tidur selama 8-9 jam sehari dan mengonsumsi makanan tinggi protein. 

5. Menggunakan Obat

Selain cara-cara yang telah disebutkan, bisa juga mengonsumsi obat atau mengoleskan krim obat antinyeri seperti obat golongan antiinflamasi non steroid (OAINS) untuk membantu meringankan nyeri otot setelah berolahraga. Cara ini bisa dilakukan saat DOMS sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selama pemulihan, dianjurkan untuk menghindari latihan fisik yang terlalu berat dan lama. Meski begitu, juga tetap harus bergerak aktif seperti melakukan peregangan atau olahraga ringan seperti jalan di sekitar rumah.

Jenis Nyeri Otot Setelah Olahraga yang Perlu Diwaspadai

Meski DOMS merupakan kondisi yang normal dan bersifat sementara, namun kondisi nyeri otot itu tetap harus dibedakan dengan cedera otot yang serius. 

Periksakan segera ke dokter bila terdapat keluhan berat seperti nyeri tidak tertahankan dan pembengkakan otot yang parah.

Termasuk otot yang menjadi sulit atau tidak bisa digerakkan sama sekali setelah berolahraga, perubahan warna urine menjadi gelap, serta nyeri otot tidak berkurang sama sekali hingga lebih dari seminggu.

Sumber Referensi

dr. Andi Marsa Nadhira. 2023. Nyeri Otot Setelah Olahraga dan Cara Meringankannya (https://www.alodokter.com/nyeri-otot-setelah-olahraga-dan-cara-meringankannya diakses pada 30 September 2023)

dr. Rizal Fadli. 2022. Ini 6 Cara Mengatasi Nyeri Otot Pasca Olahraga Secara Alami (https://www.halodoc.com/artikel/ini-6-cara-mengatasi-nyeri-otot-pasca-olahraga-secara-alami diakses pada 30 September 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya