Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Deretan Keuntungan Emas untuk Perawatan Rambut, Apa Saja?

29 June 2024

oleh I Made Dwi Kardiasa

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

5 Manfaat Emas untuk Kesehatan Rambut

1. Rambut Kian Berkilau

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala

3. Mengurangi Kerusakan Rambut

4. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

5. Memberikan Kesan Pengalaman Mewah

Sumber Referensi

Selain untuk mempercantik tampilan sekaligus meninggalkan kesan mewah, emas ternyata memiliki manfaat besar bagi kesehatan manusia. Meski biasanya emas tergolong menjadi salah satu harta berharga yang bisa jadi investasi jangka panjang. 

Kendati demikian, mengutip laman Klik Dokter, ternyata logam ini ternyata punya manfaat luar biasa untuk kesehatan rambut.

Ya, emas dikatakan sangat bagus sebagai produk kecantikan dan hal ini sudah diyakini sejak lama. Masyarakat kuno mulai dari bangsa Romawi, Mesir, dan hingga Jepang menggunakan logam berharga ini sebagai bahan maupun campuran produk skincare untuk mempercantik kulit.

Antioksidan dalam emas dapat membantu meningkatkan elastisitas dan memperbaiki kulit yang kering. Sekaligus membuat kulit menjadi lebih cerah setingkat. Tak hanya itu, kandungan pada emas juga bermanfaat dalam kondisi anti-aging atau anti penuaan dini. 

Nano partikel emas dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan berperan sebagai agen antiseptik. Hal ini membuat emas baik untuk menjadi bahan penenang bagi kulit yang mengalami masalah, seperti iritasi dan peradangan.

Menariknya lagi, siapa sangka bahwa logam mulia ini juga “memegang kunci” untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah. 

5 Manfaat Emas untuk Kesehatan Rambut

Lantas apa saja manfaat potensial emas untuk rambut? Berikut penjelasannya. Yuk disimak, semoga bermanfaat.

1. Rambut Kian Berkilau

Partikel emas, sering kali dalam bentuk koloid, bertindak seperti reflektor mikroskopis, menangkap dan menyebarkan cahaya untuk menciptakan kilau yang memukau. Hal ini dapat terlihat terutama pada rambut kusam atau tidak bercahaya, menambahkan kualitas yang bercahaya dan hampir halus. Bayangkan sinar matahari menari-nari di helai rambut kamu, membuatnya tampak seperti emas yang dipintal.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala

Sifat anti-inflamasi emas dapat membantu menenangkan kulit kepala yang kering dan gatal. Emas juga dapat mengatur produksi sebum, mencegah kulit kepala berminyak dan kering. Kulit kepala yang sehat adalah fondasi untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Dengan produk perawatan rambut yang mengandung emas, dapat “membuka jalan” bagi helai rambut yang lebih kuat dan lebih tebal.

3. Mengurangi Kerusakan Rambut

Radikal bebas, molekul-molekul jahat yang merusak sel, dapat menimbulkan malapetaka pada rambut kamu. Menyebabkan rambut kusut, bercabang, dan patah. Sifat antioksidan emas dapat membantu menetralisir radikal bebas ini, melindungi rambut dari agresor lingkungan dan penataan rambut yang panas. Hasilnya? Untaian rambut yang lebih halus dan kuat yang tidak mudah patah.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Ternyata emas juga dapat membantu menstimulasi sirkulasi darah di kulit kepala. Aliran darah yang meningkat ini dapat memberikan nutrisi penting ke folikel rambut, yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut. Meskipun penelitian lebih lanjut akan hal ini diperlukan, temuan awal menjanjikan bagi kamu yang ingin mengatasi kerontokan atau penipisan rambut.

5. Memberikan Kesan Pengalaman Mewah

Di luar potensi manfaatnya, menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung emas dapat menjadi pengalaman yang benar-benar mewah dan tentu saja mengesankan. Teksturnya yang halus, wanginya yang lembut, dan kenyataan bahwa kamu memanjakan rambut dengan logam mulia dapat menambahkan sentuhan kemewahan bukan?

Pada akhirnya, keputusan untuk mengintegrasikan emas ke dalam rutinitas perawatan rambut tergantung pada keputusan pribadi masing-masing. Jika kamu ingin menambahkan sentuhan kemewahan dan bersedia untuk “berbelanja secara royal” maka produk yang mengandung emas mungkin patut dicoba. 

Namun ingatlah untuk mengelola ekspektasi kamu dan perhatikan bahan-bahan lain yang bermanfaat dalam hal ini.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk integrasikan emas dalam rutinitas perawatan rambut, mungkin kamu akan terkejut dengan hasilnya!

Selamat mencoba.

Sumber Referensi

Sumedha Tripathi. 2024. 5 Benefits Of Gold For Hair That Will Make Your Locks Lustrous [Online] (https://www.indiatimes.com/lifestyle/skin-care/benefits-of-gold-for-hair-625176.html diakses 3 Maret 2024)

Zahra Aminati. 2022. Menyingkap Manfaat Emas untuk Kesehatan Kulit [Online] (https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/menyingkap-manfaat-emas-untuk-kesehatan-kulit diakses 3 Maret 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya