Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Menyingkap Kandungan Nutrisi Dalam Bayam untuk Kesehatan Rambut

10 February 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Zat Besi

2. Vitamin A

3. Vitamin B

4. Vitamin C

5. Zinc (Seng)

Sumber Referensi

Kerontokan rambut merupakan salah satu permasalahan yang tidak kunjung usai bagi sebagian orang. Rambut yang menipis akan menurunkan kepercayaan diri. Untung saja, kini sudah ada beberapa cara menebalkan rambut, salah satunya dengan rutin mengkonsumsi bayam.

Tahukah kamu bahwa rambut perlu berbagai macam mineral dan vitamin untuk menjaga pertumbuhannya? Kekurangan vitamin dan mineral ternyata akan memicu kerontokan rambut. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, tentu bisa berakhir pada kebotakan.

Oleh karena itu, konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan rambut ternyata penting dalam mencegah berbagai masalah tersebut. Salah satu makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut adalah bayam. Mulai dari bayam merah maupun bayam hijau sama berkhasiatnya untuk rambut.

Bayam dikenal memberikan banyak sekali manfaat untuk pertumbuhan rambut karena menawarkan nutrisi yang dibutuhkan. Bagaimana tidak, dalam 100 gr bayam terkandung vitamin A, C, K, B kompleks, dan mineral seperti zat besi dan zinc di dalamnya.

Kandungan vitamin dan mineral ini ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambutmu.

Berikut penjelasannya.

1. Zat Besi

Zat besi menjadi salah satu komponen yang cukup penting dalam kesehatan rambut, khususnya untuk mengatasi kerontokan. Hal ini karena banyak kasus rambut rontok yang berhubungan dengan kekurangan zat besi. Itu sebabnya, kamu bisa mengkonsumsi bayam yang kaya akan zat besi untuk mendapatkan khasiatnya terhadap rambut.

Dengan begitu, kebutuhan zat besi harian kamu dapat tercukupi dan merangsang pertumbuhan rambut yang baik. Di sisi lain, zat besi turut membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk bahan bakar metabolisme yang akan membantu pertumbuhan rambut.

2. Vitamin A

Semua sel yang ada di dalam tubuh perlu vitamin A untuk pertumbuhan, termasuk rambut yang menjadi jaringan paling cepat tumbuh. Tidak hanya itu, vitamin A juga akan membantu kelenjar kulit untuk menghasilkan sebum. Sebum berguna untuk melembabkan kulit kepala dan membantu menjaga kesehatan rambut.

Apabila tubuh kekurangan vitamin A, maka akan berisiko mengalami kerontokan. Sementara itu, bayam juga kaya akan beta-karoten yang nantinya bisa diubah menjadi vitamin A. Jadi, kamu bisa mendapatkan manfaat bayam untuk kesehatan rambut demi memenuhi asupan harian vitamin A.

3. Vitamin B

Kandungan vitamin lainnya dalam bayam yang memberikan manfaat terhadap pertumbuhan rambut adalah vitamin B atau biotin. Pasalnya, kekurangan biotin disebut bisa meningkatkan risiko kerontokan rambut. Biotin seringkali digunakan sebagai pengobatan alternatif rambut rontok. Namun, pengobatan ini baru akan terlihat maksimal pada orang yang kekurangan vitamin B meskipun jarang terjadi.

Oleh karena itu, pemakaian suplemen biotin untuk rambut masih diperdebatkan, apakah efektif untuk mengatasi rambut rontok pada orang yang sehat. Meskipun demikian, vitamin B juga membantu menghasilkan sel darah merah. Sel darah merah ini akan membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan folikel rambut sehingga penting sekali dalam proses pertumbuhan rambut.

4. Vitamin C

Kerontokan rambut ternyata juga dapat disebabkan oleh kerusakan radikal bebas yang akan menghambat pertumbuhan rambut. Kabar baiknya, kandungan vitamin C pada bayam juga akan memberikan manfaat sangat besar bagi kamu yang mengalami rambut rontok. Hal ini karena vitamin C termasuk antioksidan kuat dan membantu melindungi terhadap stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, tubuh membutuhkan vitamin C untuk bisa menghasilkan kolagen, yaitu protein yang penting bagi rambut. Terlebih lagi, asupan vitamin C yang cukup membantu tubuh menyerap zat besi sehingga tidak heran apabila vitamin ini penting bagi rambut.

5. Zinc (Seng)

Mineral lain yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan rambut adalah zinc alias seng. Ternyata, seng dapat membantu menjaga keseimbangan kelenjar minyak di sekitar folikel. Kerontokan rambut bahkan dihubungkan dengan kekurangan seng. Sebuah studi dari Dermatologic therapy telah melaporkan bahwa mengatasi kekurangan seng dengan suplemen akan membantu mengurangi kerontokan rambut akibat defisiensi zinc.

Namun sayangnya, beberapa ahli menyarankan untuk tidak mengkonsumsi suplemen seng terlalu tinggi karena juga bisa memicu kerontokan. Oleh karena itu, kamu bisa memperoleh manfaat zinc ini untuk rambut dengan mengonsumsi bayam.

Apabila kamu memang ingin menebalkan rambut secara alami, maka cobalah meningkatkan asupan nutrisi penting yang terkandung dalam bayam. Tidak lupa mencari tahu bagaimana cara merawat rambut agar terhindar dari kerontokan.

Apabila mempunyai pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli dermatologi agar bisa memahami solusi yang tepat untukmu.

Sumber Referensi


Zahra Aminati. 2021. Menyingkap Manfaat Daun Bayam untuk Rambut [online] (https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/menyingkap-manfaat-daun-bayam-untuk-rambut di akses 8 Februari 2023)

Fimela. 2015. 5 Sayuran Super Yang Bikin Rambut Lebat Alami [online] (https://www.fimela.com/beauty/read/3753392/5-sayuran-super-yang-bikin-rambut-lebat-alami di akses 8 Februari 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya