Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Fakta Seputar Kulit dan Tips Menjaganya Agar Sehat Terawat

17 August 2022

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Pertama

Kedua

Ketiga

Keempat

Terakhir

1. Mandi dan Mencuci Wajah dengan Benar

2. Istirahat yang Cukup

3. Konsumsi Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang

4. Jangan Abaikan Penggunaan Tabir Surya

5. Hindari Merokok dan Minum Alkohol

6. Gunakan Produk Perawatan Kulit dengan Tepat

Semua orang pasti ingin kulit tubuhnya terawat dan sehat bukan? Nah sebenarnya ada banyak cara untuk mewujudkannya. Namun sebelum itu, penting untuk mengetahui beberapa fakta seputar kulit selain sebagai organ terluar tubuh saja.

Pertama, kulit merupakan organ terbesar tubuh manusia dengan ketebalan berbeda-beda. Biasanya berat rata-rata kulit manusia mencapai 3,5 sampai 10 kilogram. Namun ini juga dipengaruhi oleh tinggi dan berat badan secara keseluruhan.

Kedua, kulit sebagai bagian terluar selain berfungsi melindungi tubuh dari paparan bakteri, kotoran, hingga parasit penyebab infeksi maupun penyakit. Juga berfungsi untuk melindungi bagian dalam tubuh seperti tulang, organ vital, otot, sendi, saraf, pembuluh darah hingga jaringan ikat.

Ketiga, kulit ternyata punya peran dalam hal menjaga suhu tubuh dan dalam menghasilkan vitamin D secara alami (dengan bantuan sinar matahari).

Keempat, kulit juga berfungsi sebagai indra peraba berkat adanya saraf sensorik. Inilah mengapa kulit peka terhadap hal seperti suhu panas atau dingin.

Terakhir, kulit sebagai organ terluar pada beberapa keadaan juga bagus untuk mendukung penampilan. Apalagi jika kulit yang kamu miliki itu sehat dan terawat. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri yang dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu bukan.

Nah, ternyata untuk memiliki kulit yang sehat itu juga tergantung pada bagaimana cara kamu menjaganya. Kamu perlu merawatnya dengan baik dan konsisten. Nah, berikut lima tips seputar cara menjaga kesehatan kulit yang bisa kamu terapkan.

Yuk, disimak!

1. Mandi dan Mencuci Wajah dengan Benar

Hayoo, siapa yang sering asal? Ngaku deh! Coba di ingat-ingat, kamu masih sering lupa nggak harus cuci tangan dulu sebelum mandi atau membersihkan wajah? Ini penting lho! Apalagi ketika akan mencuci wajah. Jangan sampai deh kamu menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Percuma saja karena kamu akan memindahkan bakteri ke dalam pori-pori wajah. Sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu dan jangan asal. Ingat juga untuk tidak asal-asalan ketika memilih sabun pembersih.

Mandi dan rutin membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari memang perlu. Namun menggunakan pembersih wajah yang lembut juga penting. Pastikan agar bahannya tidak mengandung deterjen dan pewangi seperti natrium laureth sulfate (SLES), natrium lauril sulfat (SLS) hingga alkohol. Selalu utamakan yang berbahan alami karena zat-zat tersebut bisa saja terlalu kasar bagi kulit kamu dan merusaknya jika digunakan dalam jangka panjang.

2. Istirahat yang Cukup

Mempertahankan pola tidur juga sangat penting agar kualitas tidur kamu terjaga dengan baik. Meski terlihat sepele, daya tahan tubuhmu bisa berkurang jika pola tidurmu buruk dalam waktu yang lama. Waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-8 jam setiap malamnya.

Ingat, saat kamu kurang istirahat, produksi hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat. Jika berlebihan, hormon ini bisa memicu meningkatnya pertumbuhan jerawat. Begitupun dengan kadar air dalam tubuh. Kurang tidur bisa membuat tubuh tidak bisa mempertahankan kadar air yang akhirnya akan memengaruhi kondisi kulit. Penurunan kadar air tubuh bisa menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak sehat. Belum lagi resiko mata panda yang meski tak berbahaya tetap saja akan membuat kamu tidak nyaman dalam berpenampilan.

3. Konsumsi Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang

Mencukupi kebutuhan nutrisi harian perlu kamu lakukan dengan konsisten. Jangan lagi sembarangan ketika menentukan menu makanan yang akan kamu konsumsi. Pilihlah makanan sehat dengan menerapkan prinsip konsumsi makanan beraneka ragam dengan nutrisi yang lengkap. Mulai dari protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh terutama kulit.

Ada begitu banyak daftar makanan sehat yang baik untuk kulit. Mulai dari tomat yang kaya akan kandungan likopen untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari. Hingga ikan seperti ikan kembung, tongkol, salmon dan tuna yang bagus untuk menjaga kelembapan kulit karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

Cukupi semuanya dalam menu makanan kamu. Jangan kurang atau berlebihan agar nutrisinya lengkap dan seimbang. Sehingga kulitmu pun akan sehat dan kamu selalu berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

4. Jangan Abaikan Penggunaan Tabir Surya

Penggunaan sunscreen dan sunblock sebaiknya tidak kalian kesampingkan ya dalam rutinitas perawatan kulit setiap hari. Apalagi jika kalian punya segudang rutinitas yang harus dihabiskan di luar ruangan (outdoor). Ini karena banyaknya manfaat dari keduanya yang tidak hanya akan memberi perlindungan dari paparan sinar matahari langsung, tetapi juga sebagai pelindung dari radikal bebas.

Untuk diketahui, ada dua jenis sinar matahari yang paling sering kita dengar, yaitu UVA dan UVB. Huruf A pada UVA memiliki makna penuaan (aging). Sedangkan, B pada UVB mempunyai arti terbakar (burning). Sebaiknya pilih tabir surya yang menyertakan istilah Broad Spectrum pada kemasannya karena itu artinya tabir surya tersebut dapat melindungi kulit kamu dari dua sinar UV tersebut. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen jika kamu aware dengan kesehatan kulitmu.

5. Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Kebiasaan merokok tak henti-hentinya menimbulkan masalah. Meski tidak secara langsung memberi dampak pada tubuh, kombinasi sekitar 600 bahan kimia dalam sebatang rokok bisa menghasilkan lebih dari 7.000 bahan kimia beracun ketika dibakar. Racun-racun seperti Asetaldehida, Acrolein bahkan Benzene akan berbahaya jika masuk ke dalam aliran darah untuk jangka panjang.

Akibatnya akan membuat pembuluh darah kamu menyempit dan membuat kulit menjadi kekurangan oksigen. Racun-racun di atas juga dapat menurunkan produksi kolagen di kulit kamu. Membuat elastisitasnya menurun, membuat kulit jadi kendur dan tampak tua.
Begitupun dengan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan yang dapat meningkatkan pelebarkan pembuluh darah khususnya di area sekitar mata. Pembuluh darah yang lebar ini akan membuat kulit tampak kemerahan dan kelopak mata membengkak. Jadi cara satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah menghindari keduanya.

6. Gunakan Produk Perawatan Kulit dengan Tepat

Sebenarnya menggunakan produk perawatan kulit (skin care) tujuannya bermacam-macam. Mulai dari menenangkan kulit, memulihkan hingga memperbaiki kulit. Namun yang utama fungsi dari skin care adalah untuk menjaga kesehatan kulit.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, tidak hanya kandungan bahan yang harus dihindari penggunannya seperti alkohol, asam salisilat hingga paraben.

Kamu juga harus tau terlebih dahulu jenis kulitmu sendiri agar bisa menyesuaikan dengan produk perawatan kulit seperti apa yang harus dipakai. Penggunaan skincare yang tidak tepat hanya akan menyebabkan gangguan kulit seperti beruntusan atau jerawat.

Pastikan pula untuk menggunakan produk perawatan kulit yang sudah ada izin edarnya dari BPOM. Jangan cepat tergiur produk abal-abal hanya karena harga murah yang ditawarkan atau iming-iming kulit putih bersinar dalam waktu singkat.

Yuk, mulai biasakan merawat kulit dengan benar!

article

Artikel Terkait Lainnya