Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Aneka Manfaat Yoga untuk Kecantikan Kulit yang Sayang untuk Dilewatkan

20 June 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

5 Manfaat Yoga untuk Kecantikan Kulit

1. Mencegah Penuaan Dini

2. Membuat Kulit Terlihat Lebih Segar

3. Membantu Mengurangi Pembengkakan pada Wajah

4. Mengurangi Potensi Munculnya Kerutan

5. Membantu Memperbaiki Sel-Sel Kulit yang Rusak

Yoga telah lama diakui sebagai olahraga yang banyak “mendatangkan” manfaat baik bagi kesehatan fisik maupun mental. 

Namun ternyata selain untuk kesehatan secara umum, yoga juga memiliki dampak positif yang signifikan untuk kecantikan kulit. 

Lantas apa saja manfaat yoga untuk kecantikan kulit?

5 Manfaat Yoga untuk Kecantikan Kulit

Simak selengkapnya lewat ulasan berikut, semoga bermanfaat.

1. Mencegah Penuaan Dini

Stres adalah salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi kondisi kulit. Ketika stres tidak terkendali, hormon stres seperti kortisol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, dan penuaan dini. Yoga membantu mengurangi tingkat stres dengan mengajarkan teknik pernapasan yang dalam dan meditasi yang menenangkan. 

Kombinasi keduanya dapat merangsang sistem saraf parasimpatis yang mengembalikan keseimbangan hormon dan meningkatkan sirkulasi darah, yang berkontribusi pada kulit yang lebih sehat dan terawat. Sehingga potensi penuaan dini bisa cegah.

2. Membuat Kulit Terlihat Lebih Segar

Gerakan yoga, seperti posisi tubuh terbalik (inversion) dan memutar tubuh (twisting), diyakini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke wajah. Aliran darah yang meningkat ini membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit, membantu dalam proses regenerasi sel dan meningkatkan kecerahan kulit secara keseluruhan. Dengan rutin melakukan yoga, kulit akan terlihat lebih segar. 

3. Membantu Mengurangi Pembengkakan pada Wajah

Yoga diyakini dapat membantu dalam hal detoksifikasi tubuh dengan merangsang gerakan usus, kelenjar getah bening, dan organ-organ penting lainnya. Dengan membantu tubuh mengeluarkan racun dan limbah secara efisien (lewat keringat), yoga turut membantu menjaga kulit bersih dari jerawat, bintik hitam, dan peradangan lainnya. Detoksifikasi yang teratur juga dapat membantu mengurangi retensi air yang menyebabkan pembengkakan pada wajah.

4. Mengurangi Potensi Munculnya Kerutan

Sebagian besar gerakan yoga melibatkan gerakan lentur (fleksibilitas) dan peregangan, yang membantu meningkatkan elastisitas kulit. Saat kamu melakukan asana yang melibatkan gerakan peregangan, seperti pose Cat and Cow, kamu tidak hanya merangsang otot tetapi juga jaringan ikat dan kulit. Hal ini membantu dalam menjaga kekencangan kulit. Sekaligus membantu mengurangi potensi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

5. Membantu Memperbaiki Sel-Sel Kulit yang Rusak

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah kunci untuk kulit yang sehat dan berseri. Mempraktikkan latihan yoga secara konsisten dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu dengan meredakan stres, menyeimbangkan hormon, dan menenangkan pikiran. 

Ketika kamu tidur lebih baik, tubuh akan memperbaiki diri secara alami, termasuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Kulit yang terhidrasi dan istirahat yang cukup dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan bercahaya.

Selain itu, kecantikan kulit juga dipengaruhi oleh kualitas emosi dan mental seseorang. Yoga juga telah lama dikenal karena manfaatnya dalam membantu meningkatkan kualitas emosi dan mental dengan meredakan stres, meningkatkan rasa percaya diri, dan meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan. Dengan memiliki pikiran yang lebih tenang dan bahagia, kulit juga akan terlihat lebih cerah, terawat dan lebih berseri.

Yoga bukan hanya tentang fleksibilitas atau kekuatan fisik; yoga juga membawa manfaat besar untuk kecantikan kulit. Dari meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit hingga membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. 

Diharapkan dengan memasukkan yoga ke dalam rutinitas perawatan kecantikan harian, kamu dapat merasakan manfaat yang luar biasa untuk kulit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Yuk yoga sekarang. Start Yoga Stop Aging.

article

Artikel Terkait Lainnya