Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Tips Redam Emosi Saat Haid, Harus Selalu Happy!

23 May 2023

oleh Novi Ardila

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

1. Konsumsi Makanan atau Minuman Manis

2. Beri Pelukan Hangat

3. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

4. Mandi Air Panas

5. Hirup Aroma yang Segar

6. Istirahat Sejenak di Tempat Tidur

7. Tetap Berolahraga Secara Teratur

8. Minum Obat Penghilang Rasa Nyeri

Sumber Referensi

Siklus menstruasi yang dialami setiap bulannya tentu memiliki dampak emosional bagi para wanita. Terkadang hal ini bisa membuat mereka menangisi hal-hal kecil, bahkan marah tanpa alasan yang jelas, serta  memiliki temperamen buruk.

Secara umum, orang-orang terdekat juga kemungkinan besar akan terkena imbasnya baik secara verbal maupun emosional. Kebetulan selain kram perut yang tiba-tiba, ada juga rasa tidak nyaman saat terjadinya menstruasi.

Jadi apabila wanita mengalami menstruasi yang tidak nyaman dan mudah emosi, maka cobalah beberapa tips ini agar lebih mudah ditangani.   

1. Konsumsi Makanan atau Minuman Manis

Sebagian besar wanita yang sedang menstruasi pasti sangat mendambakan makanan atau minuman manis. Misalnya saja seperti cokelat, baik itu permen, coklat panas, atau cokelat es. Jika kamu meminum coklat panas, maka badan akan terasa lebih nyaman dan mood mulai membaik kembali. 

Hal ini karena ada senyawa theobromine yang bisa membuatmu lebih bahagia. Jadi apabila kamu merasa tidak nyaman saat haid, maka coba hilangkan dengan mengonsumsi makanan atau minuman manis. 

2. Beri Pelukan Hangat

Pelukan hangat dan lembut memang diyakini dapat membantu melepaskan hormon oksitosin yang dapat membuat hati senang serta mengurangi rasa sakit. Apalagi jika pelukan itu dari seseorang yang kamu cintai seperti pasangan misalnya.

Jadi apabila kamu merasa bad mood atau sakit saat haid. Mintalah pasanganmu untuk memeluk Anda. Hasilnya, mood akan membaik dan hati menjadi lebih bahagia. 

Namun jika kamu tidak punya pasangan, coba minta pelukan dari orang terdekat seperti ibu atau adik. Ingat, jangan melakukannya kepada sembarang orang ya.

3. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Saat sedang bad mood dan mudah tersinggung, maka cara paling terbaik untuk bersantai yaitu dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Contohnya saja, kamu melakukan sesuatu yang disukai, atau berbaring sambil membaca buku atau menonton film favorit.

Meski begitu, selama periode ini kamu harus lebih banyak memanjakan diri sendiri. Jadi jangan pernah memaksakan diri untuk melanjutkan aktivitas berat jika tubuhmu tidak bisa mengatasinya. Apabila kamu sudah memiliki pasangan, maka beritahu mereka bahwa dirimu merasa sedih tentang menstruasi.

4. Mandi Air Panas

Perlu diketahui, mandi atau membasuh bagian tubuh dengan air hangat juga dapat meredakan nyeri saat haid. Mengapa hal ini terjadi?  Hal ini karena sensasi hangat tersebut dapat mengencangkan otot rahim serta meningkatkan aliran darah.

Selain itu, hal ini juga bisa menjadi seperti relaksasi bagi diri sendiri. Oleh karena itu, jika saat ini ada bagian tubuh yang terasa nyeri, maka cobalah mandi dengan meny air hangat.

5. Hirup Aroma yang Segar

Selain keempat cara yang ada di atas, ada cara lain untuk bisa mengurangi nyeri yaitu dengan menghirup aroma yang menenangkan. Misalnya saja seperti aroma rose, lavender, peppermint, cinnamon dan lain sebagainya.

Aroma yang menenangkan pikiranmu akan mengurangi rasa sakit. Kamu juga bisa menggunakan wewangian tersebut saat mandi dan tidur di kamar.

6. Istirahat Sejenak di Tempat Tidur

Sebenarnya, ada juga kram menstruasi yang cukup parah dan tidak tertahankan. Orang-orang seperti ini biasanya harus menerima perawatan atau pengobatan khusus ketika sakit parah terjadi. Selain itu, dengan baring di tempat juga sangat membantu mengurangi rasa nyeri. 

7. Tetap Berolahraga Secara Teratur

Olahraga sebenarnya tidak hanya bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tapi juga dapat meningkatkan suasana hati dengan adanya produksi hormon perasaan senang. 

Pilihlah olahraga yang kamu sukai, baik itu bersepeda, berenang, maupun hiking. Kamu harus melakukannya secara konsisten setiap hari. Lakukan minimal 30 menit setiap harinya selama latihan.

8. Minum Obat Penghilang Rasa Nyeri

Apabila gejala nyeri akibat PMS sangat mengganggu, pasti mood swing juga akan meningkat. Kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat pereda nyeri misalnya saja seperti naproxen, acetaminophen atau ibuprofen. Namun, tentunya obat tersebut harus digunakan sesuai dengan petunjuk dari dokter ya. 

Dengan menerapkan beberapa cara yang ada di atas, diharapkan rasa nyeri PMS bisa langsung diatasi. Jadi kamu juga bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa harus ada gangguan perubahan suasana hati.

Perlu kamu tahu, rasa nyeri yang ditandai dengan emosi ini sebenarnya juga termasuk salah satu gejala gangguan bipolar. 

Jadi, jika perubahan suasana hati sudah dirasa mengganggu seluruh aktivitasmu atau disertai dengan perasaan yang sangat sedih, tidak berharga, putus asa, sampai gangguan tidur, maka sebaiknya kamu meminta bantuan psikolog atau psikiater.

Sumber Referensi

dr Elita Mulyadi. 2020. Tips Mengendalikan Mood Swing Saat PMS [Online] (https://hellosehat.com/wanita/menstruasi/mengatasi-mood-swing-saat-menstruasi/ di akses 22 Mei 2023)

dr Merry Dame Cristy Pane. 2023. 4 Cara Mengatasi Mood Swing Saat PMS [Online] (https://www.alodokter.com/jangan-biarkan-PMS-membuatmu-gampang-emosi-ini-caranya diakses 22 Mei 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya