Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Sering Lapar dan Mudah Lelah Tanda Penyakit Apa?

11 June 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Alasan Sering Merasa Lapar dan Mudah Lelah

Penyakit yang Bisa Menyebabkan Penderitanya Sering Merasa Lapar

Penyakit yang Bisa Menyebabkan Penderitanya Cepat Lelah

Sumber Referensi

Rasa lapar merupakan hal wajar yang dirasakan oleh manusia, khususnya bila memang belum makan atau waktu sudah menunjukkan untuk makan seperti makan siang hingga makan malam. Begitu juga dengan rasa lelah. Setiap manusia yang telah melakukan aktivitas, akan merasakan lelah. Namun apa jadinya bila seseorang sering merasa lapar dan mudah lelah?

Rupanya, sering merasa lapar dan mudah lelah menjadi salah satu indikasi penyakit tertentu. Pada artikel berikut ini akan membahas mengenai penyakit yang muncul akibat sering merasa lapar dan mudah lelah.

Alasan Sering Merasa Lapar dan Mudah Lelah

  1. Kurang Gizi = Agar tubuh bisa beraktivitas dengan normal, maka diperlukan makanan yang sehat dan bernutrisi. Hal ini dikarenakan makanan yang tidak seimbang atau minim kalori bisa menyebabkan otak, jantung dan organ penting lainnya kekurangan nutrisi.
  2. Kurang Tidur = Banyak di kalangan masyarakat yang memiliki kebiasaan begadang. Hal ini lantas membuat waktu tidur yang tidak berkualitas. Tak cuma itu, kurang tidur juga menyebabkan tubuh memproduksi hormon ghrelin, pemicu rasa lapar yang berlebihan.
  3. Kurang Gerak = Aktivitas fisik yang rutin dan konsisten memiliki kaitan dengan tingkat energi seseorang. Oleh sebab itu, tak heran bila orang yang jarang berolahraga atau tidak melakukan aktivitas fisik cenderung tidak berenergi, mudah capek, hingga cepat lapar.
  4. Pengaruh Obat Tertentu = Ada beberapa jenis obat tertentu, seperti kortikosteroid yang bisa meningkatkan nafsu makan, sehingga menyebabkan seseorang mudah lapar.
  5. Masalah Kesehatan Mental = Bagi penderita gangguan mental seperti depresi atau gangguan cemas bisa menyebabkan mereka mengalami kesulitan tidur dan mengubah pola makan. Bahkan di antara mereka juga mengalami insomnia, sehingga merasa sangat lelah.

Penyakit yang Bisa Menyebabkan Penderitanya Sering Merasa Lapar

Seperti yang telah disinggung di atas, rasa lapar merupakan hal normal yang dirasakan oleh manusia. Namun hal ini menjadi tidak normal ketika seseorang merasa lapar padahal baru saja mengonsumsi makanan.

Polyphagia atau yang juga dikenal sebagai hyperphagia merupakan istilah medis untuk rasa lapar yang berlebihan atau ekstrem. Hal ini berbeda dengan nafsu makan yang meningkat setelah melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Akan tetapi, pada pengidap polyphagia, mereka tetap merasa lapar meski sudah makan lebih banyak.

Sementara itu, polyphagia sendiri pada umumnya disebabkan oleh beberapa kondisi medis, seperti:

Penyakit yang Bisa Menyebabkan Penderitanya Cepat Lelah

Adapun beberapa penyakit yang berpotensi besar membuat penderitanya cepat lelah diantaranya.

  • Anemia = Kondisi ketika produksi sel darah merah menurun akibat kekurangan zat besi disebut sebagai anemia defisiensi besi. Kondisi ini lantas membuat penderitanya merasa mudah lelah dan tidak bertenaga.
  • Gagal Jantung = Penyakit gagal jantung kerap membuat penderitanya merasa mudah lelah, khususnya setelah beraktivitas. Bahkan pada kasus yang parah, bisa membuat penderitanya merasa sangat kelelahan walau hanya melakukan aktivitas fisik ringan.
  • Sindrom Kelelahan Kronis = Sindrom kelelahan kronis atau yang juga dikenal sebagai myalgic encephalomyelitis (ME) merupakan penyakit jangka panjang dengan berbagai gejala, salah satunya kelelahan ekstrim.
  • Sleep Apnea = Kebiasaan mendengkur saat tidur bisa jadi tanda penderita sleep apnea. Pasalnya, sleep apnea merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan mendengkur saat tidur. Selain merasa mudah lelah, penderitanya juga akan sulit berkonsentrasi dan sering mengantuk pada siang hari.
  • Demam Kelenjar = Demam kelenjar atau yang juga disebut sebagai glandular fever diketahui sebagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Adapun penderita penyakit ini ditandai dengan kelelahan, sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening, dan demam.

Sumber Referensi

dr. Rizal Fadli. 2023. Waspada, Sering Merasa Lapar Bisa Menandakan 6 Penyakit Ini (https://www.halodoc.com/artikel/waspada-sering-merasa-lapar-bisa-menandakan-6-penyakit-ini diakses pada 30 Juli 2023)

dr. Kevin Adrian. 2020. Tubuh Cepat Lelah, Waspada Berbagai Penyakit Berikut Ini (https://www.alodokter.com/sekedar-lelah-atau-sedang-sakit diakses pada 30 Juli 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya