Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Alasan Perut Mengeluarkan Bunyi Meski Tidak Terasa Lapar

29 September 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Penyebab Perut Mengeluarkan Bunyi

Upaya Mengatasi Perut Bunyi

Kesimpulan

Sumber Referensi

Sebagian besar orang tentunya pernah mengalami perut mengeluarkan bunyi hingga terdengar. Biasanya, hal ini identik dengan rasa lapar.

Akan tetapi, meski tidak merasa lapar, perut juga bisa mengeluarkan bunyi hingga terdengar. Perut yang mengeluarkan bunyi sendiri memiliki banyak hal pemicu. Salah satunya adalah kadar gula darah yang rendah.

Lewat artikel berikut ini akan mengulas mengenai penyebab lain perut bunyi hingga terdengar meski tidak merasa lapar serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Penyebab Perut Mengeluarkan Bunyi

Perut yang bunyi merupakan kondisi yang sangat umum terjadi di masyarakat. 

Namun bila perut bunyi dipicu oleh rasa lapar, untuk mengatasinya bisa dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Akan tetapi, perut bunyi tidak hanya disebabkan oleh rasa lapar, bisa juga dikarenakan masuknya udara ke dalam usus dan beberapa kondisi medis yang memengaruhi sistem pencernaan.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab mengapa perut mengeluarkan bunyi meski tidak merasa lapar.

1. Pembuluh Darah Tersumbat
Pemicu perut bunyi salah satunya adalah penyumbatan pada pembuluh darah. Kondisi ini bisa mencegah usus mendapat aliran darah yang baik.

Pada dasarnya, ada banyak kondisi yang bisa memicu kondisi ini, salah satunya pembekuan darah yang menyebabkan oklusi arteri mesenterika.

2. Pergerakan Makanan di Saluran Cerna
Rupanya, perut bunyi lebih sering disebabkan oleh makanan, cairan, dan udara yang bergerak di usus. Lapisan otot sendiri mendominasi sebagian besar dinding saluran pencernaan.

Sehingga saat ada makanan, otot tersebut akan mengalami kontraksi guna mengalirkan makanan hingga ke bagian akhir dari usus. 

Gerakan inilah yang umumnya menjadi penyebab utama perut bunyi. Perut bunyi akibat gerakan usus ini biasanya terjadi beberapa jam setelah makan atau pada malam hari saat hendak tidur.

3. Kadar Gula Darah Rendah
Di sisi lain, perut bunyi juga bisa terjadi tanda bahwa kadar gula darah rendah. Pasalnya, saat kondisi ini terjadi, usus tidak bisa mendapatkan cukup nutrisi dari darah. 

Alhasil, usus pun akan mengirimkan sinyal sebagai pengingat agar segera makan.

4. Penumpukan Gas di Perut
Selain penyebab yang telah disebutkan, perut bunyi juga bisa terjadi karena adanya gas berlebih yang bergerak maju-mundur di usus. 

Hal ini dikarenakan oleh masuknya udara ke saluran pencernaan akibat makan terlalu cepat, makan dan bicara pada saat yang bersamaan atau ketika minum saat berolahraga.

Selain itu, gas berlebih pada saluran pencernaan juga bisa dipicu ketika mengonsumsi makanan yang tidak mudah dicerna dan diserap oleh usus. 

Maka hal yang penting untuk diperhatikan adalah membedakan perut bunyi akibat gas atau tidal sebab pada umumnya, hal ini biasanya juga diiringi dengan sendawa, kembung, atau keluarnya gas usus.

5. Kondisi Medis Tertentu
Pada dasarnya, perut bunyi merupakan ciri dari saluran pencernaan yang normal. 

Akan tetapi, ada sejumlah kondisi kesehatan tertentu yang bisa memicu suara tersebut. 

Mulai dari trauma, infeksi pada sistem saraf saluran cerna, hipokalemia, tumor pada saluran pencernaan, alergi makanan, peradangan yang menyebabkan diare, penggunaan obat pencahar, serta penyakit Crohn.

Upaya Mengatasi Perut Bunyi

Perut yang bunyi hingga terdengar terkadang membuat menjadi tidak nyaman atau malu. Meski begitu, tidak perlu khawatir, pasalnya ada banyak cara untuk mencegah hal tersebut terjadi.

1. Makan Secara Teratur
Bila bunyi yang dikeluarkan oleh perut karena lapar, maka makanlah makanan yang bergizi. Akan tetapi bila perut bunyi saat belum merasa lapar, maka ubahlah pola makan.

Bila seperti itu, disarankan untuk makan lebih sering, namun dalam porsi yang lebih kecil. Cara ini dinilai mampu meningkatkan kesehatan saluran cerna dan metabolisme makanan, serta mencegah perut bunyi akibat lapar.

2. Makan Secara Perlahan
Makan terlalu cepat bisa menyebabkan masalah pada usus. Maka dari itu, disarankan untuk makan secara perlahan untuk mencegah penumpukan gas di usus. 

Seperti yang disarankan oleh para ahli untuk mengunyah makanan setidaknya 32 kali demi kesehatan pencernaan.

3. Minum Air yang Cukup
Selain makan secara teratur, perlahan dan mengonsumsi makanan sehat, saat perut bunyi karena lapar muncul. 

Namun kondisi tidak memungkinkan untuk makan, maka bisa dicoba dengan minum air putih. 

Seperti yang diketahui, air putih baik untuk pencernaan dan bisa meredam perut bunyi akibat kelaparan.

4. Mengurangi Konsumsi Makanan yang Mengandung Gas
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saluran pencernaan yang mengandung banyak gas bisa memicu perut bunyi. 

Maka dari itu, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung gas seperti kacang, brokoli, dan kol. 

Selain itu, mengunyah permen karet juga bisa meningkatkan risiko udara masuk ke dalam saluran cerna.

5. Mengurangi Konsumsi Makanan Asam
Selain membatasi makanan yang mengandung gas, untuk mengatasi perut bunyi juga disarankan mengurangi mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam cukup tinggi seperti soda, kopi, tomat, dan buah jeruk.

6. Mengontrol Stres dengan Baik
Stres ternyata juga bisa memicu perut bunyi lantaran dapat memperlambat proses pencernaan makanan. 

Sehingga mengontrol stres dengan baik bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi perut bunyi.

Kesimpulan

Perut yang mengeluarkan bunyi adalah fenomena yang umum dan alami. Meskipun terkadang bisa mengganggu, itu biasanya bukan masalah kesehatan serius. 

Sebagian besar suara tersebut disebabkan oleh pergerakan makanan dalam lambung, kondisi medis tertentu atau alasan lain seperti yang sudah disebutkan diatas. 

Jika kamu merasa khawatir atau mengalami gejala lain yang tidak biasa, segera berkonsultasilah dengan dokter profesional untuk mendapatkan saran maupun pengobatan dengan tepat. 

Tetapi, pada umumnya, perut yang berbunyi adalah bagian normal dari fungsi pencernaan tubuh kita. 

Jadi, jangan terlalu khawatir jika perut kamu mengeluarkan bunyi meskipun kamu tidak merasa lapar.

Sumber Referensi
Nimas Mita Etika M . 2021. Perut Bunyi Tapi Tidak Lapar, Apa Penyebabnya? [online] (https://hellosehat.com/pencernaan/perut-bunyi-tapi-tidak-lapar/ diakses pada 25 September 2023)

dr. Airindya Bella. 2022. Kenali Penyebab Perut Bunyi dan 7 Cara Mengatasinya [online] (https://www.alodokter.com/perut-bunyi-ini-penyebab-dan-obatnya diakses pada 25 September 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya