Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

5 Pose Yoga untuk Bantu Redakan Nyeri Menstruasi

13 October 2023

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Bagaimana Yoga Bisa Membantu Meredakan Nyeri Menstruasi?

Pose Yoga yang Bisa Membantu Mengurangi Nyeri Menstruasi

Penting untuk Diingat

Sumber Referensi

Nyeri menstruasi adalah masalah umum yang dialami oleh sebagian besar wanita usia subur. Rasa nyeri ini terkadang parah dan dapat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari. 

Meskipun sudah banyak obat maupun metode pengobatan yang tersedia, salah satu cara alami yang diyakini efektif untuk mengurangi rasa nyeri menstruasi adalah melalui latihan yoga. 

Lewat artikel ini, kami akan membahas bagaimana yoga dapat membantu meredakan nyeri menstruasi lewat 5 pose yoga berikut. 

Berikut ulasannya. Semoga bermanfaat.

Bagaimana Yoga Bisa Membantu Meredakan Nyeri Menstruasi?

Yoga telah menjadi pilihan yang populer untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental. Saat menstruasi atau yang dikenal juga dengan datang bulan, melakukan beberapa gerakan-gerakan yoga tertentu dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan menstruasi. 

Ada tiga alasan mengapa yoga efektif dalam meredakan nyeri menstruasi. Pertama relaksasi otot yang lebih maksimal. Sebagian besar nyeri menstruasi disebabkan oleh kontraksi otot rahim yang kuat. Yoga mengajarkan teknik relaksasi dan pernapasan yang dapat membantu kamu mengendurkan otot-otot ini sehingga bisa membantu mengurangi rasa nyeri.

Kedua, membuat peredaran darah jadi lebih baik. Beberapa pose yoga bisa membantu meningkatkan aliran darah ke daerah panggul, yang pada akhirnya dapat mengurangi kekakuan dan nyeri ketika menstruasi yang umumnya terjadi di area panggul.

Ketiga lewat manajemen stress. Seperti umum diketahui, stres dapat memperburuk kondisi apapun termasuk gejala nyeri menstruasi. Yoga merupakan salah satu cara yang dikenal efektif untuk memanajemen stres jadi lebih baik. 

Pose Yoga yang Bisa Membantu Mengurangi Nyeri Menstruasi

Ada beberapa pose yoga yang diyakini bisa membantu meredakan nyeri menstruasi. Berikut 5 di antaranya.

  1. Balasana (Child's Pose) 

Pose ini akan membantu mengendurkan otot perut dan merilekskan tubuh secara keseluruhan. Agar manfaatnya lebih optimal, cobalah untuk menjaga pernapasan kamu lebih dalam dan lama (ditahan) selama beberapa menit atau seberapa kamu sanggup.

2. Bhujangasana (Cobra Pose)

Pose ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh terutama daerah panggul dan punggung bawah. Sehingga rasa nyeri yang timbul di area punggung bawah dan sekitarnya bisa diredakan. Nyeri punggung bawah umumnya sering terjadi selama menstruasi berlangsung.

3. Bitilasana - Marjaryasana (Cat and Cow Pose)

Gerakan ini membantu mengendurkan otot-otot di area punggung dan perut, yang pada akhirnya dapat membantu meredakan ketegangan otot di area perut selama menstruasi.

4. Supta Baddha Konasana (Reclining Bound Angle Pose) 

Pose ini akan membantu membuka area panggul. Meredakan ketegangan di area tersebut sehingga otot-ototnya jadi lebih relax. Ketika otot sudah relax, rasa nyeri pun akan turut mereda.

5. Malasana (Garland Pose) 

Pose ini bisa membantu melonggarkan otot-otot di area panggul dan meredakan ketegangan di daerah tersebut.

Penting untuk Diingat

Tidak semua orang akan merasakan manfaat yang sama ketika melakukan gerakan-gerakan yoga diatas. Beberapa mungkin tidak akan merasakan manfaat yang signifikan. 

Hal ini tergantung pada tingkat nyeri dan keparahan gejala yang dialami oleh masing-masing individu.

Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu atau mengalami nyeri menstruasi yang parah, pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter professional sebelum mencoba melakukan yoga.

Jangan memaksakan diri jika kamu merasa terlalu sakit atau tidak nyaman saat berlatih yoga selama menstruasi. Pilih gerakan yang paling nyaman untuk kamu praktikkan. 

Pastikan pula untuk mempraktikkan gerakan-gerakan yoga tersebut dengan benar atau dibawah pengawasan instruktur yang berpengalaman. Ini akan membantu kamu terhindar dari cedera yang tak diinginkan.

Sumber Referensi

Ajeng Quamila. 2021. 7 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Nyeri Haid [Online] (https://hellosehat.com/wanita/menstruasi/yoga-mengatasi-nyeri-haid-menstruasi/ diakses 12 Oktober 2023)

dr Reni Utari. 2023. 7 Gerakan Yoga untuk Mengurangi Nyeri Haid [online] (https://www.sehatq.com/artikel/gerakan-untuk-mengurangi-nyeri-haid diakses 12 Oktober 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya