Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Lawan Kembung dan Sembelit dengan Probiotik! Dijamin Lega

14 November 2023

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Apa Itu Probiotik?

Bagaimana Probiotik Bisa Membantu Mengatasi Rasa Kembung dan Sembelit?

Jenis Bakteri dan Jamur Termasuk dalam Probiotik

Manfaat Probiotik Secara Umum Untuk Kesehatan

Sumber Referensi

Sembelit diketahui memengaruhi 16 dari 100 orang dewasa. Terutama orang dewasa berusia 60 tahun ke atas, diyakini ada sekitar 33 dari 100 orang diantaranya terkena sembelit.

Sembelit sendiri merupakan suatu kondisi dimana penderita mengalami masalah pada buang air besar, baik tidak teratur maupun sulit buang air besar disertai dengan rasa nyeri dan gejala lainnya.

Memiliki urusan dengan rasa kembung dan sembelit bisa jadi membuat seseorang tidak nyaman. Meski begitu, tak perlu khawatir, ada cara untuk mengatasinya.

Adapun salah satu cara untuk mengatasi rasa kembung dan sembelit adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik. 

Lantas mengapa probiotik bisa membantu mengatasi rasa kembung dan sembelit?

Simak selengkapnya lewat ulasan berikut.

Apa Itu Probiotik?

Walaupun istilahnya hampir serupa, probiotik dan prebiotik sebenarnya adalah dua hal yang berbeda dan memiliki peran serta manfaatnya masing-masing. 

Probiotik adalah kumpulan bakteri yang membawa manfaat kesehatan, terutama dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Sementara prebiotik merupakan jenis makanan, umumnya makanan kaya serat, yang berfungsi sebagai nutrisi bagi bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga.

Secara singkat, probiotik bisa dianggap sebagai sekumpulan bakteri baik, sementara prebiotik berperan sebagai asupan makanan yang mendukung pertumbuhan bakteri baik tersebut. 

Probiotik, sebagai mikroorganisme hidup, jika jumlahnya tepat dan terjaga dalam tubuh manusia, dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya kesehatan pencernaan.

Probiotik sendiri tersedia dalam beberapa macam bentuk, tak cuma suplemen, tetapi juga banyak ditemukan sebagai produk makanan atau minuman yang difermentasi seperti tempe, kefir, acar, serta yogurt.

Bagaimana Probiotik Bisa Membantu Mengatasi Rasa Kembung dan Sembelit?

Bila memiliki masalah dengan pencernaan seperti kembung dan sembelit, bisa diatasi dengan probiotik. 

Selain itu, probiotik diketahui juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari menyehatkan pencernaan, jantung, hingga kesehatan mental.

Probiotik dipercaya memiliki beragam cara kerja, salah satunya adalah dengan menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat yang hidup di sistem pencernaan.

Hal itu lah yang diyakini bisa meredakan diare yang diakibatkan oleh infeksi atau dikarenakan penggunaan antibiotik. 

Tak cuma itu, probiotik juga memiliki manfaat untuk meredakan keluhan akibat peradangan pada saluran pencernaan (inflammatory bowel disease) atau iritasi pada saluran pencernaan (irritable bowel syndrome).

Jenis Bakteri dan Jamur Termasuk dalam Probiotik

 1. Lactobacillus

Lactobacillus adalah jenis bakteri baik yang bisa ditemukan dalam produk-produk makanan yang difermentasikan, termasuk yogurt. 

Biasanya, probiotik jenis ini kerap digunakan untuk mengatasi diare dan gangguan penyerapan laktosa.

2. Saccharomyces Boulardii

Probiotik jenis saccharomyces boulardii ini merupakan probiotik yang berasal dari ragi atau jamur. 

Probiotik jenis ini dipercaya memiliki manfaat untuk meredakan diare, radang saluran pencernaan, atau juga iritasi saluran pencernaan.

3. Bifidobacterium

Pada produk-produk susu olahan seperti keju, kerap ditemukan kandungan probiotik jenis bifidobacterium. 

Adapun probiotik jenis ini juga sering dimanfaatkan untuk meredakan keluhan gangguan pencernaan seperti iritasi saluran pencernaan.

Manfaat Probiotik Secara Umum Untuk Kesehatan

 Pada umumnya, probiotik memang dibutuhkan tubuh untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik. Adapun manfaat probiotik yang perlu diketahui adalah:

1. Baik Untuk Kesehatan Usus

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, probiotik memang dikenal dengan manfaatnya terhadap kesehatan usus. Adanya ketidakseimbangan bakteri di usus bisa memicu berbagai masalah pencernaan. 

Maka dari itu, dengan mengonsumsi probiotik, bisa membuat jumlah mikrobioma usus akan meningkat. Di samping itu, probiotik juga bisa menjaga kenyamanan perut dengan membantu mengurangi gas dan kembung.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat dari probiotik selanjutnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Pasalnya, bakteri usus memainkan peran penting dalam metabolisme tubuh. 

Bakteri baik sendiri memang terlibat dalam segala hal, mulai dari pencernaan hingga produksi dan penyimpanan energi, serta pengaturan nafsu makan.

3. Membuat Kulit Sehat Terawat

Ternyata, probiotik juga memiliki manfaat terhadap kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kulit pada dasarnya memiliki bakteri. 

Maka dari itu asupan probiotik bisa membantu mikrobioma yang ada di kulit. Dalam kasus ini, probiotik oral dan topikal dapat membantu.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Vagina

Selanjutnya, probiotik memiliki manfaat untuk kesehatan urogenital. Sama halnya seperti saluran usus, vagina pun memiliki bakteri baik yang perlu dijaga keseimbangannya. 

Dalam hal ini, strain lactobacillus yang dominan bisa mencegah mikroorganisme berbahaya berkembang. Meski begitu, sistem tersebut bisa menjadi tidak seimbang oleh sejumlah faktor, termasuk antibiotik, spermisida, dan pil KB. 

Sehingga, dengan mengonsumsi probiotik, bisa membantu mengatasi masalah urogenital wanita umum seperti bakterial vaginosis, infeksi jamur, dan infeksi saluran kemih.

5. Baik untuk Kesehatan Mental

Masalah kesehatan mental belakangan ini kerap menjadi perbincangan masyarakat. Namun siapa sangka ternyata probiotik juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mental. 

Hal itu dikarenakan probiotik disebut-sebut bisa mengurangi respons stres tubuh dan secara positif memengaruhi fungsi kognitif. 

Dengan begitu, bakteri baik di usus mampu memproduksi neurotransmitter yang menstabilkan suasana hati, seperti serotonin dan dopamin.

Mengingat memiliki hubungan langsung dengan sistem saraf pusat, maka melalui jalur yang disebut saraf vagus, bakteri baik memainkan peran kunci dalam mengatur suasana hati.

Sumber Referensi

Johna Burdeos, Rd and Si Showcase. 2023. The 8 Best Probiotics for Constipation and Bloating in 2023 [online] (https://www.si.com/showcase/nutrition/best-probiotic-for-constipation diakses pada 29 Juni 2023)

dr. Rizal Fadli. 2022. 6 Manfaat Mengonsumsi Probiotik bagi Kesehatan [online] (https://www.halodoc.com/artikel/6-manfaat-mengonsumsi-probiotik-bagi-kesehatan diakses pada 29 Juni 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya