Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Mengenal Retreat: Pengobatan Penyakit Pikiran dengan Pendekatan Holistik

25 June 2024

oleh Tiara Yola

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Apa Itu Retreat?

Manfaat Retreat Secara Umum

Retreat Bantu Atasi Penyakit Pikiran Tanpa Obat

Teknik Retreat Dalam Mengatasi Penyakit Pikiran Tanpa Obat

Sumber Referensi

Hidup di era digital dan modern seperti sekarang ini kerap kali memaksa manusia menggunakan otaknya untuk berpikir lebih cepat. Sayangnya tidak semua orang bisa beradaptasi dengan perubahan yang serba cepat, sehingga membuat mereka mudah terkena emosi negatif seperti gampang marah, mudah tersinggung dan frustasi.

Di samping itu, gaya hidup yang mengejar materi dan hedonistis juga membuat hampir semua manusia tidak memiliki waktu luang untuk sekadar diam atau hening sejenak. Alhasil, banyak dari mereka yang menderita karena kekosongan batin dan menderita. Jika sudah begitu, akibatnya bisa membuat seseorang rentan terkena penyakit psikosomatis

Adapun psikosomatis adalah istilah medis yang dikaitkan dengan gangguan fisik dan rasa sakit yang dirasakan karena pikiran meskipun dalam pemeriksaan penunjang atau lab tidak menunjukkan adanya kelainan.

Penderita psikosomatis bahkan cenderung tidak bisa mengatur dirinya sendiri dan akan mencari pengobatan ke medis. Sehingga, bila hal ini dibiarkan berlarut-larut, maka bisa menimbulkan masalah yang lebih berat. Maka dari itu, bila obat sudah tidak lagi bisa membantu, maka diperlukan pengobatan dalam diri.

Pengobatan dalam diri bisa dilakukan melalui retreat. Lantas apa yang dimaksud dengan retreat dan apa hubungannya dengan penyembuhan penyakit pikiran tanpa obat? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Retreat?

Sejak tahun 2000-an retreat sudah mulai diperkenalkan. Istilah retreat sendiri diketahui diambil dari bahasa Perancis yakni "la Retraite" yang artinya mengundurkan diri, menyepi, menjauhkan diri dari kehidupan sehari-hari.

Kemudian retreat juga terdiri dari kata "Re" yang berarti kembali dan "treat" yakni menata. Sehingga, retreat bisa juga diartikan sebagai upaya dalam membangun visi dan misi hidup baru yang berkualitas dan menemukan kejernihan pikiran serta kesadaran.

Adapun retreat sendiri merupakan kegiatan yang terstruktur dengan pola teratur dan sistematis. Retreat memiliki beberapa unsur, diantaranya adalah pembimbing, waktu khusus, kegiatan berkomunikasi dengan diri sendiri dan Tuhan, serta ada pola dan prosesnya.

Tak cuma itu, pada umumnya, retreat memiliki metode yang menggabungkan beberapa teknik dengan membaca doa, menyanyikan lagu suci, renungan atau meditasi untuk pemulihan batin dan refleksi, teknik melepas stres dengan gerakan tertentu, peregangan atau yoga, dan relaksasi.

Manfaat Retreat Secara Umum

Mengingat retreat merupakan sarana pemulihan batin dan mendapatkan perasaan tenang, sehingga lebih siap dalam menghadapi masalah hidup duniawi dan memperoleh kualitas hidup yang lebih baik lagi.

Kemudian, retreat juga menjadi sarana pembinaan dan pendewasaan diri, melalui latihan mental dan spiritual. Serta berfungsi untuk menyegarkan tubuh dan pikiran menjadi fresh kembali. Sehingga memiliki perspektif baru tentang hidup dengan pola jelas yang terarah. 

Retreat Bantu Atasi Penyakit Pikiran Tanpa Obat

Tak Cuma penyakit batin, retreat ternyata juga bisa menyembuhkan berbagai gangguan fisik. Selain itu, dalam retreat meditasi juga diajarkan latihan yang ketat dengan melepaskan segala kegiatan dan benar-benar hening, tanpa berbicara, tidak membaca, tidak menulis, ataupun menonton televisi, serta tidak diijinkan mendengarkan musik, hingga membawa handphone.

Retreat diyakini dapat membantu dalam penyembuhan akibat stres dan rasa takut, mengontrol pikiran, menjaga level emosional, membuat hidup menjadi tertata kembali, membantu menyembuhkan luka batin, mengaktifkan penyembuhan dalam diri, serta melepaskan trauma, memaafkan dan berdamai dengan masa lalu.

Teknik Retreat Dalam Mengatasi Penyakit Pikiran Tanpa Obat

  • Catharsis

Teknik ini merupakan suatu teknik pelepasan emosi negatif seperti marah, benci, sedih, kecewa, sakit hati dan lain-lain yang dilakukan dengan menggetarkan seluruh anggota badan, berteriak, menangis dan secara langsung melepaskan berbagai endapan emosi.

  • Yoga

Bagi sebagian orang, olahraga ini sudah tidak lagi asing. Yoga merupakan aktivitas olah tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan dengan mengkombinasikan gerakan (pose) dan pernafasan dengan gerakan yang lembut.

  • Hypnosis

Hypnotherapy biasanya dilakukan dengan cara memasuki alam bawah sadar seseorang, lalu memberikan sugesti tertentu untuk membantu proses penyembuhan. Metode ini bisa mengatasi masalah mental block, emosi, kejiwaan, dan perilaku. 

  • Energi Healing

Teknik ini merupakan pembersihan energi dan cakra dengan bantuan healer dan meningkatkan kepercayaan diri, batin syukur, dan batin cinta.

  • Meditasi/Relaksasi

Dengan melakukan meditasi, seseorang diajarkan untuk duduk bersila, diam, hening menarik napas pelan lalu mengeluarkan napas, mendengarkan suara hati selama beberapa saat antara 10-30 menit.

Sumber Referensi

Ni Putu Budi Mulianingsih, SE, MPH. 2023. Mengenal Retreat dan Penyembuhan Penyakit Pikiran Tanpa obat [Online] (https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2399/mengenal-retreat-dan-penyembuhan-penyakit-pikiran-tanpa-obat diakses pada 30 Mei 2023)

Fimela Reporter. 2021. Jaga Kesehatan Mental dengan Berlibur dan Ikut Kelas Self-Healing di SANGHA Retreat [Online] (https://www.fimela.com/lifestyle/read/4662026/jaga-kesehatan-mental-dengan-berlibur-dan-ikut-kelas-self-healing-di-sangha-retreat diakses pada 30 Mei 2023)

article

Artikel Terkait Lainnya