Unduh Aplikasi Nirvana

image Health

Health Category

Cukupi 5 Nutrisi Ini Biar Tubuh Bugar di Usia 30-an

17 February 2024

oleh I Made Dwi Kardiasa

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Lima Nutrisi Terbaik Bantu Tubuh Kalangan Usia Kepala Tiga Makin Sehat.

Vitamin D

Zat Besi

Omega-3

Kalsium

Asam Folat

Mengapa Perlu Menjaga Kesehatan di Usia 30-an?

Sumber Referensi

Memasuki usia 30 tahun, ada beberapa pertimbangan yang harus seseorang lakukan terutama untuk memperoleh kebugaran. 

Makin bertambahnya usia, terjadi penurunan fungsi tubuh manusia. Hal paling menonjol yang bisa dirasakan oleh seseorang ialah penurunan metabolisme tubuh.

Alhasil penurunan metabolisme, menyebabkan cepat naiknya berat badan obesitas. Tentu masalah obesitas juga berimbas ke munculnya berbagai macam penyakit.

Kondisi ini pun membuat kalangan usia 30an rentan mengalami berbagai macam penyakit.

Selain itu, seperti mengutip laman Hellosehat, memasuki usia 3 dekade, fungsi tulang dan massa otot justru makin menyusut. 

Kendati hal ini tidak terlalu tampak terlihat, gejala makin tidak bugar di usia 30an bisa dilihat dari makin mudahnya capek dan gampang pegal-pegal sekujur badan.

Tak hanya itu, makin menurunnya kadar kolagen menyebabkan membuat kulit terlihat tua dan keriput. Kondisi ini pun bisa terjadi karena sel kulit baru urung terbentuk selayaknya masa muda.

Namun kamu tidak perlu khawatir! Pasalnya penurunan fungsi tubuh di usia 30 tahun masih bisa diperlambat dengan tetap menjaga kebugaran.

Mengutip laman Hindustan Times, ada lima nutrisi penting yang harus kamu penuhi agar bisa memiliki tubuh sehat di usia 30 tahunan. 

Lima Nutrisi Terbaik Bantu Tubuh Kalangan Usia Kepala Tiga Makin Sehat.

Dari Vitamin D untuk suasana hati yang cerah hingga Folat untuk melindungi kehamilan, nutrisi penting ini adalah bahan bakar harian kamu. 

Sempurna untuk para pejuang yang bekerja, calon ibu, dan semua wanita luar biasa yang sedang menjalani babak baru dalam hidup, tulis ahli gizi Lovneet Batra seperti dikutip dari postingan Instagram terbarunya.

Vitamin D

Vitamin D disebut layak menjadi hormon utama. Hal ini dikarenakan vitamin D sangat penting untuk keseimbangan hormon, membantu meningkatkan suasana hati dan penting untuk membangun kekebalan tubuh yang kuat.

Sumber vitamin D bisa diperoleh dari berbagai pangan mulai dari ikan laut, minyak ikan, ikan salmon, ikan tuna, susu dan produk olahannya. Adapun vitamin ini juga bisa didapatkan dari konsumsi hati, jamur hingga kuning telur.

Zat Besi

Zat besi juga menjadi nutrisi penting untuk kalangan 30 tahun. Terutama jika kamu sering merasa sangat lelah tanpa alasan yang jelas, kamu harus memasukkan makanan kaya zat besi ke dalam pola makan sehari-hari. Ini adalah penambah energi yang sempurna.

Untuk memperoleh zat besi, kamu bisa mulai mengkonsumsi bayam, brokoli, kacang merah, edamame, daging, tahu, ikan, telur rebus, dan bahkan olahan dark chocolate.

Omega-3

Nutrisi berikutnya ialah Omega-3. Omega-3 tergolong penting untuk kesehatan jantung, fungsi otak, dan untuk melawan peradangan yang sering terjadi akhir-akhir ini.

Sumber nutrisi Omega-3 kebanyakan bisa didapatkan dari berbagai makanan seafood atau hasil laut. Beberapa diantaranya bisa ditemukan pada ikan kembung, ikan salmon, ikan tuna, ikan teri, ikan sarden, tiram, kacang kenari, kacang kedelai, dan telur.

Kalsium

Kemudian ada Kalsium. Nutrisi ini tidak hanya untuk tulang yang kuat, kalsium juga penting untuk kekuatan secara keseluruhan, untuk pergerakan otot dan fungsi saraf.

Berbagai makanan dan minuman tercatat mengandung gizi kalsium yang cukup tinggi. Diantaranya ada susu, keju, bayam, kacang kedelai, jeruk, alpukat, ikan salmon, sarden, oatmeal atau bubur gandum, susu kedelai, dan biskuit.

Asam Folat

Terakhir ada asam folat. Nutrisi ini begitu penting bagi kalangan 30an, khususnya bagi semua calon ibu baru, folat adalah salah satu vitamin yang harus kamu sertakan dalam menu makanan sehari-hari.

Berbagai makanan yang berasal dari tumbuhan dan buah-buahan mengandung nutrisi folat. Beberapa diantaranya ialah bayam, lobak cina, kacang polong, biji bunga matahari, kentang, tomat, dan bahkan jeruk.

Mengapa Perlu Menjaga Kesehatan di Usia 30-an?

Sebagai informasi tambahan, menerapkan pola hidup sehat dan mempunyai tubuh bugar cenderung efektif menekan efek penuaan pada tubuh. 

Adapun hal ini bisa membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Kebugaran bisa didapat dengan cara melakukan olahraga teratur dan juga mengkonsumsi makanan sehat. 

Olahraga dapat membantu meningkatkan massa otot dan tulang. Alhasil anda bisa terhindar dari potensi tulang keropos di usia dini.

Jika tak sempat berolahraga ke gym, tak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan layanan Personal Trainer Online dari Kelas Fitness

Layanan Personal Trainer Online Kelas Fitness dapat merancangkan program latihan yang bervariasi dan sesuai dengan tujuan kebugaran kamu, mulai dari latihan kardio, kekuatan, dan fleksibilitas.

Kamu dapat berlatih dimana saja baik di rumah atau di kantor selama memiliki akses internet. Jadi gak perlu pusing kejebak macet di jalan. 

Download aplikasi Kelas Fitness sekarang di App Store maupun Play Store atau klik Disini.

Selain itu, Tubuh yang bugar juga bisa meningkatkan kualitas momen istirahat, salah satunya dengan membuat suasana tidur jadi lebih nyaman, mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental.

Tak ayal, demi mencapai kondisi tubuh prima di usia 30-an kamu diharapkan tidak hanya rajin olahraga melainkan juga mengkonsumsi berbagai hidangan penuh nutrisi dan gizi.

Sumber Referensi

Lovneet Batra. 2024. Top 5 nutrients you must have in your 30s [online] (https://www.hindustantimes.com/photos/lifestyle/top-5-nutrients-you-must-have-in-your-30s-101707558233546.html diakses pada 13 Februar1 2024)

Arinda Veratamala. 2020. Pentingnya Punya Tubuh Sehat dan Bugar di Usia 30-an (Bisa Mencegah Tulang Keropos Dini, Loh!) [online] (https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/pentingnya-tubuh-bugar-di-usia-30/ diakses pada 13 Februari 2024)

article

Artikel Terkait Lainnya