Unduh Aplikasi Nirvana

image Yoga

Yoga Category

Apa Saja yang Dipelajari dalam Kelas Basic Vinyasa Yoga?

19 February 2024

oleh Imada Lubis

Share

Tweet

Salin Tautan

Ringkasan

Apa Saja yang Dipelajari dalam Kelas Basic Vinyasa Yoga?

1. Pengenalan Posisi Dasar Yoga

2. Perpindahan Antara Posisi atau Aliran Gerakan (Vinyasa)

3. Teknik Pernapasan (Pranayama)

4. Mengenal "Sun Salutations"

5. Memahami Prinsip

Alignment

7. Menggunakan

Props

dengan Tepat

8. Relaksasi dan Pemulihan (Savasana)

Dapatkan Matras Yoga Premium di Nirvana Store!

Kelas Basic Vinyasa Yoga adalah kelas yoga yang dirancang khusus untuk pemula atau orang yang baru mau mengenal yoga dengan gaya/jenis vinyasa.

Umumnya dalam kelas basic vinyasa yoga, kamu akan mempelajari dasar-dasar vinyasa yoga. Namun sebelum itu, mari terlebih dahulu mengenal apa itu vinyasa yoga.

Lantas apa sih vinyasa yoga itu?

Vinyasa yoga merupakan latihan yoga yang menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa, tak hanya bagus untuk fisik tapi juga mental.

Ini didapat lewat mempraktikkan serangkaian gerakan tubuh yang dinamis, energik dan selaras dengan pernafasan.

Kata "Vinyasa" berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti "urutan yang tepat" atau "aliran yang sesuai."

Mengikuti Kelas basic hatha yoga adalah langkah awal yang ideal untuk siapa saja yang tertarik memulai perjalanan yoga mereka.

Secara umum, kelas ini cocok untuk kamu yang baru memulai perjalanan yoga, meski biasanya instruktur akan menganjurkan untuk mencoba kelas basic hatha yoga, agar tak bosan dan mendapat lebih banyak "variasi" dalam berlatih yoga, mencoba kelas basic vinyasa yoga adalah pilihan yang tepat.

Menariknya lagi, kelas basic vinyasa Yoga biasanya dapat disesuaikan untuk berbagai tingkat kebugaran dan kondisi fisik. Sehingga bisa diikuti dari usia remaja hingga dewasa. 

Namun khusus lansia sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan instruktur, agar dapat disesuaikan variasi gerakan dengan kondisi kebugaran tubuhnya.

Apa Saja yang Dipelajari dalam Kelas Basic Vinyasa Yoga?

Jika kamu penasaran apa saja yang akan dipelajari ketika mengikuti kelas basic vinyasa yoga.

Berikut penjelasan beberapa hal yang akan dipelajari dalam kelas Basic Vinyasa Yoga.

1. Pengenalan Posisi Dasar Yoga

Kelas basic vinyasa yoga adalah langkah pertama dan cocok untuk pemula yang ingin “membangun fondasi” untuk mulai menekuni praktik yoga jenis ini. 

Kelas akan dimulai dengan pengenalan posisi dasar yoga, seperti Tadasana (Mountain Pose), Downward-Facing Dog (Adho Mukha Svanasana), Child's Pose (Balasana) dan lainnya. 

Ini akan membantu kamu mengenal dan merasakan dasar-dasar postur tubuh yang akan membentuk pondasi bagi perkembangan selanjutnya dalam praktik yoga kamu.

2. Perpindahan Antara Posisi atau Aliran Gerakan (Vinyasa)

Kamu juga akan diajarkan cara berpindah yang mulus dan dinamis dari satu pose ke pose lainnya. 

Konsep ini dikenal sebagai "vinyasa," atau penekanan pada pernapasan yang terkoordinasi dengan gerakan tubuh. 

Hal ini bagus untuk membantu mengalirkan energi dan membangun keseimbangan tubuh.

3. Teknik Pernapasan (Pranayama)

Bagian integral dari kelas basic vinyasa yoga adalah pengajaran teknik pernapasan yang benar. 

Pranayama adalah latihan pernapasan yang akan membantu mengatur energi dalam tubuh, meningkatkan fokus dan menciptakan kesadaran diri yang lebih baik. 

Lebih tepatnya kamu akan belajar teknik pernapasan yang disinkronkan dengan gerakan untuk menciptakan “vinyasa” yang seimbang dan membantu mengendalikan energi dalam tubuh.

4. Mengenal "Sun Salutations"

Kelas basic vinyasa yoga biasanya juga akan memperkenalkan kamu pada Sun Salutations (Surya Namaskar)

Ini merupakan rangkaian gerakan yang terdiri dari beberapa pose yang dijalankan secara berurutan. Secara umum terdapat dua versi, yakni Surya Namaskar A dan Surya Namaskar B.

Sun Salutation sendiri dapat diulang sejumlah kali yang diinginkan selama sesi yoga dan sering digunakan sebagai pemanasan sebelum latihan yoga lebih intens. 

Namun tidak semua kelas basic vinyasa menyertakan Sun Salutation. Ini dapat bervariasi tergantung pada preferensi dan pendekatan instruktur yoga masing-masing .

5. Memahami Prinsip Alignment

Kelas basic vinyasa yoga juga akan mengajarkan prinsip dasar tentang alignment tubuh yang benar saat melakukan pose-pose yoga. 

Prinsip alignment dalam kelas basic vinyasa yoga mengacu pada cara tubuh diposisikan dan diselaraskan dalam setiap pose atau gerakan (asana) selama kamu berlatih yoga. 

Alignment adalah tentang menemukan keseimbangan antara stabilitas, kekuatan, dan kenyamanan dalam setiap posisi. 

Memahami prinsip alignment adalah kunci untuk mengurangi risiko cedera, meningkatkan kesadaran tubuh, memaksimalkan manfaat fisik dan menciptakan fondasi yang kuat untuk praktik yang lebih mahir.

7. Menggunakan Props dengan Tepat

Penggunaan props seperti yoga block, yoga wheel, yoga strap, yoga blanket dan lainnya akan membantu kamu memperoleh postur yang benar dan meningkatkan kenyamanan selama berlatih yoga. 

Ada kalanya juga, penggunaan props akan membantu kamu dalam mencapai asana yang mungkin sulit. Yoga block misalnya, bisa ditempatkan di bawah kaki guna membantu meningkatkan jangkauan saat melakukan Janu Sirsasana (Head to Knee)

8. Relaksasi dan Pemulihan (Savasana)

Mayoritas kelas basic vinyasa yoga akan ditutup dengan melakukan relaksasi dan pemulihan yang mencakup pose seperti Savasana. 

Ini memungkinkan tubuh dan pikiran untuk “pulih” dan memaksimalkan manfaat regeneratif yoga.

Selain itu, instruktur dalam kelas basic vinyasa yoga juga akan menekankan pentingnya konsistensi dalam praktik serta pentingnya introspeksi dan kesadaran diri saat berlatih. 

Ini melibatkan “mendengarkan” tubuh, mengidentifikasi batasan pribadi dan menghormati batas-batas tersebut.

Dapatkan Matras Yoga Premium di Nirvana Store!

Itulah 8 hal yang berpotensi besar akan dipelajari dalam kelas basic vinyasa yoga.

Untuk membuat latihan yoga kamu semakin nyaman, tentu kamu membutuhkan matras yoga yang berkualitas untuk menunjang latihan!

Jika kamu belum punya matras yoga, sekarang kamu bisa belanja matras yoga di rumah saja. Selain matras yoga, kamu juga bisa membeli berbagai macam props yoga yang kamu butuhkan di Nirvana Store!

Nirvana Store menawarkan banyak pilihan matras yoga yang bahannya awet, tahan lama dan ramah lingkungan dengan sederet penawaran spesial.

Yuk, sehat bareng Nirvana Yoga, Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Sore dan lengkapi semua kebutuhan yoga kamu dengan belanja hemat di Nirvana Store!

article

Artikel Terkait Lainnya